uefau17.com

Tanpa Jahe, Ini Cara Efektif Hilangkan Bau Amis pada Ikan Goreng - Citizen6

, Jakarta TIdak hanya lezat dan bergizi, ikan juga cenderung lebih mudah diolah dari pada ayam atau sapi. Terlebih lagi, harga ikan juga jauh lebih murah untuk porsi yang lebih banyak.

Di balik semua kelebihan itu, ternyata ada satu tantangan tersendiri saat memasak ikan. Apalagi kalau bukan bau amis yang cukup mengganggu.

Bau amis pada ikan sendiri disebabkan oleh beberapa hal seperti bakteri atau oksidasi lemak. Selain itu, minyak yang dipakai saat menggoreng juga turut menyebabkan ikan bau amis.

Irisan jahe diketahui dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan bau amis tersebut. Namun, seorang warganet Instagram/@indah3yuni memiliki cara lain yang lebih ampuh untuk menghilangkan bau amis pada ikan goreng.

Bahkan, ia hanya menggunakan sisa ampas dapur saja. Berikut selengkapnya pada Kamis (06/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Masukkan Ikan ke Penggorengan

Pertama-tama, siapkan beberapa potong ikan jenis apa saja yang sudah dicuci. Agar semakin renyah, panaskan minyak yang cukup banyak pada wajan dengan api sedang. Jika sudah, masukkan ikan satu per satu secara perlahan ke dalam penggorengan.

3 dari 11 halaman

Tambahkan Kulit Jeruk Nipis

Jadi, bahan yang digunakan di sini adalah bekas kulit jeruk nipis yang sudah digunakan. Masukkan satu buah kulit jeruk nipis langsung ke penggorengan.

Kulit jeruk nipis sendiri mengandung senyawa kandungan minyak atsiri yang berperan sebagai antiseptik. Dengan begitu, ampas kulit jeruk nipis masih bisa menghilangkan bau amis pada ikan.

4 dari 11 halaman

Angkat Kulit Jeruk Nipis

Sesudah beberapa menit digoreng, lama-kelamaan kulit jeruk nipis akan mengering dengan warna yang mulai kecoklatan. Angkat dan buang kulit jeruk nipis tersebut.

5 dari 11 halaman

Ikan Goreng Bebas dari Bau Amis

Tepat setelah kulit jeruk nipis dibuang, matikan kompor lalu angkat dan tiriskan ikan goreng. Saat ini, ikan goreng dijamin sudah terbebas dari bau amis yang mengganggu sehingga siap untuk disantap dengan nasi dan sambal.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Ikan Goreng

7 dari 11 halaman

Ikan Biar Tidak Amis Dikasih Apa?

Air perasan jeruk dan garam sangat efektif untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Langkah-langkahnya sangat sederhana. Pertama, bersihkan ikan di bawah air mengalir, buang sisik serta insangnya. Setelah itu, lumuri ikan dengan campuran garam dan perasan jeruk secara merata. Biarkan selama 10-20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

8 dari 11 halaman

Apakah Cuka Bisa Menghilangkan Bau Amis Ikan Goreng?

Mengatasi aroma tidak sedap pada ikan sebelum proses menggoreng dapat dilakukan dengan menggunakan cuka. Cuka mampu mengurangi hingga 50% aroma tidak sedap pada ikan. Langkahnya pun cukup mudah, yaitu dengan mencampur cuka ke dalam air segar dan merendam ikan dalam campuran tersebut selama sekitar lima menit.

9 dari 11 halaman

Apakah Ikan Goreng Makanan Sehat?

Manfaat kesehatan dari mengonsumsi ikan goreng sangatlah besar. Hal ini disebabkan oleh kandungan protein yang tinggi pada ikan tersebut, rendah kalori, dan kandungan lemak sehat seperti asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan otak.

10 dari 11 halaman

Goreng Ikan Pakai Api Apa?

Pentingnya menjaga agar minyak dipanaskan dengan baik sebelum ikan dimasukkan ke dalam wajan tidak boleh diabaikan. Pastikan penggunaan api sedang untuk memastikan minyak cukup panas sebelum proses menggoreng dimulai. Gunakan jumlah minyak yang memadai dan pastikan wajan sudah cukup panas sebelum memulai proses menggoreng.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Goreng Ikan Sampai Garing?

Dikutip dari BHG.com, ikan sebaiknya dipanaskan dengan minyak sayur pada suhu sekitar 180 derajat celcius. Waktu ideal untuk menggorengnya adalah sekitar lima hingga delapan menit. Penting untuk menghindari penggorengan berlebihan agar ikan tidak terlalu gosong.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat