uefau17.com

Tanpa Ditambah Jahe, Ini Cara Goreng Ikan Agar TIdak Bau Amis - Citizen6

, Jakarta Selain lezat, Ikan goreng apapun jenisnya juga memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti sarat protein dan rendah lemak jahat. Belum lagi membuat ikan goreng sangat mudah, yakni hanya perlu dimarinasi dengan bumbu lalu digoreng.

Tantangan terbesar dari menggoreng ikan adalah bau amis yang berasal dari minyak goreng atau dari ikan itu sendiri. Guna mengatasi hal tersebut, beberapa orang menambahkan jahe agar ikan goreng tidak bau amis.

Namun, seorang warganet Instagram @ligia_amoy punya cara lain agar ikan goreng tidak amis, yang akan dirangkum pada Selasa (28/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Siapkan Beberapa Potong Ikan

Agar ikan jadi lebih mudah diolah sampai tidak amis, potong dan pisahkan ikan antara bagian kepala dan badan.

Untuk ikan yang digunakan bebas, hanya saja ikan-ikan air tawar cenderung lebih amis karena cukup banyak mengandung garam.

3 dari 11 halaman

Usap dengan Cuka Dapur

Setelah dipotong-potong, letakkan ikan di dalam mangkuk. Tambahkan cuka dapur pada ikan tersebut secara menyebar lalu usap-usap sampai tercampur rata.

4 dari 11 halaman

Goreng dengan Bawang Putih

Panaskan minyak secukupnya dengan api sedang dan tambahkan satu siung bawang putih ke penggorengan. Tanpa perlu menunggu mendidih, masukkan setiap potongan ikan ke penggorengan.

5 dari 11 halaman

Ikan Goreng Terbebas dari Bau Amis

Saat menggoreng, coba sesekali bolak-balikkan ikan agar matang di kedua sisi. Setelah tekstur ikan mulai garing, matikan kompor lalu angkat dan sajikan ikan goreng.

Dengan metode seperti ini, dijamin ikan goreng tidak akan bau amis lagi. TIdak hanya itu, minyak goreng yang digunakan tetap bening dan masih aman dipakai setidaknya sampai tiga kali.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Ikan Goreng

7 dari 11 halaman

Apakah Ikan Goreng Makanan Sehat?

Ikan memiliki banyak nutrisi yang penting dan bermanfaat bagi kesehatan. Namun, ketika digoreng, makanan ini dianggap kurang sehat karena tingginya kandungan lemak dan kalori.

8 dari 11 halaman

Apa Manfaat dari Ikan Goreng?

Ikan goreng memberikan banyak manfaat bagi kesehatan karena ikan merupakan sumber protein tinggi, rendah kalori, serta memiliki lemak sehat seperti asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung dan otak. Selain itu, ikan juga kaya akan vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang.

9 dari 11 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Ikan Goreng?

Ikan goreng adalah hidangan yang terdiri dari ikan atau makanan laut yang dimasak dengan metode penggorengan. Biasanya, ikan dilapisi mentega, telur, dan tepung roti, tepung, atau rempah-rempah sebelum digoreng dan disajikan, sering kali dengan irisan lemon.

10 dari 11 halaman

Apakah Menggoreng Ikan Menghilangkan Protein?

Pemanasan tinggi selama proses penggorengan dapat merusak vitamin dan nutrisi lainnya, serta minyak yang diserap oleh makanan dapat meningkatkan jumlah lemak dan kalori yang tidak sehat. Ikan adalah sumber makanan yang kaya akan protein, asam lemak omega-3, dan nutrisi penting lainnya. Namun, ketika digoreng, sebagian kandungan gizinya bisa berkurang.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Goreng Ikan Sampai Garing?

Berdasarkan informasi dari BHG.com, disarankan menggoreng ikan dengan minyak nabati pada suhu sekitar 180 derajat Celcius. Proses menggorengnya cukup dilakukan selama lima hingga delapan menit saja. Hindari menggoreng terlalu lama agar ikan tidak hangus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat