uefau17.com

Tanpa Tepung, Ini Cara Goreng Ikan Teri Agar Renyah Tahan Lama - Citizen6

, Jakarta Walau berukuran kecil, ternyata ikan teri cukup banyak diminati karena memiliki tekstur yang renyah dengan cita rasa asin yang menggoda. Biasanya, ikan teri dicampur dengan lauk rames lain seperti kering tempe, kacang atau kentang mustofa.

Melansir dari WebMD, ikan lezat ini sarat akan nutrisi seperti omega-3, vitamin B12, kalsium, vitamin A dan masih banyak lagi. TIdak hanya itu, ikan teri juga bagus untuk kesehatan jantung dan mata, serta mampu mencegah alzheimer.

Ikan teri tentu akan semakin lezat jika lebih renyah dan gurih. Namun, tidak jarang orang yang gagal dalam menggoreng ikan teri sehingga hasilnya jadi lembek, keras dan susah dikunyah.

Meski demikian, ada metode alternatif yang sangat ampuh agar ikan teri goreng bisa renyah tahan lama bahkan tanpa tepung sekalipun. Metode ini dibagikan oleh YouTube/Elfrida Monica Sipayung, yang ditulis pada Minggu (02/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Rendam dengan Air Cucian Beras

Pertama-tama, siapkan ikan teri yang sudah dicuci bersih beserta air rendaman cucian beras. Masukkan ikan teri ke dalam cucian beras lalu biarkan direndam selama dua hingga lima menit. Jika ukuran ikan teri cukup besar, maka bisa rendam lebih lama.

Biasanya, suatu makanan bisa lengket karena mengandung banyak pati. Air cucian beras dapat melarutkan kandungan pati tersebut sehingga makanan yang direndam bisa lebih renyah.

3 dari 11 halaman

Tiriskan Ikan Teri

Usai direndam selama kurang lebih dua hingga lima menit, tiriskan ikan teri dengan saringan. Sisa air cucian beras tadi bisa langsung dibuang karena manfaatnya cenderung akan hilang setelah dipakai untuk merendam ikan teri.

4 dari 11 halaman

Goreng Ikan Teri

Panaskan minyak pada wajan secukupnya sampai bisa merendam ikan teri dengan api sedang. Seperti biasa, aduk-aduk ikan teri menggunakan spatula agar bisa matang dan renyah lebih merata.

5 dari 11 halaman

Angkat dan Sajikan

Setelah diaduk-aduk sekian menit dan ikan teri sudah berwarna kecoklatan, matikan kompor untuk mengangkat dan menyajikan ikan teri. Sekarang, ikan teri sudah siap disantap dengan nasi hangat dan lauk utama.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar ikan Teri

7 dari 11 halaman

Mengapa Ikan Teri Mahal?

Teri nasi dijual dengan harga berkisar antara Rp 100-120 ribu per kilogram, sementara teri muda dihargai sekitar Rp 70-90 ribu per kilogram. Mahalnya harga teri disebabkan oleh proses pengolahannya yang rumit, termasuk penggaraman, perebusan, dan pengeringan.

8 dari 11 halaman

Apakah Ikan Teri Baik untuk Otak?

Ikan teri mengandung banyak asam lemak omega-3, yang esensial bagi kesehatan otak anak agar mereka menjadi cerdas. Selain itu, ikan kecil ini juga menyediakan protein dengan kualitas yang sangat baik.

9 dari 11 halaman

Bisakah Ikan Teri Langsung Digoreng?

Ikan teri yang telah dilapisi tepung beras dapat langsung digoreng. Tidak perlu diaduk secara berulang, hanya perlu dibalik sekali agar matang secara merata. Setelah gelembung minyak menghilang, angkat ikan teri dan tiriskan.

10 dari 11 halaman

Apakah Boleh Makan Ikan Teri Setiap Hari?

Keuntungan dari mengonsumsi ikan teri memang telah diakui secara luas. Anda bisa mengeksplorasi berbagai variasi resep untuk menghidangkan ikan teri dalam makanan sehari-hari. Namun, perlu diingat, konsumsi ikan teri yang telah diasinkan sebaiknya tidak berlebihan karena bisa berdampak buruk pada kesehatan.

11 dari 11 halaman

Dari Mana Asal Ikan Teri?

Salah satu spesies boga bahari yang sering dijumpai di wilayah sekitar pesisir Samudera Atlantik, Hindia, dan Pasifik adalah ikan teri. Ikan ini termasuk dalam famili Engraulidae dan memiliki tinggi antara 2 cm hingga 40 cm bergantung pada jenisnya. Selain itu, ikan teri juga dikenal sebagai jenis ikan berminyak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat