uefau17.com

Kapan Waktu Terbaik ke Salon Rambut dan Ragam Perawatannya - Citizen6

, Jakarta Kalau kalau ini kita ulas tentang salon rambut, hal apa yang pertama kali terbesit dipikiranmu? Tempat buat potong rambut? Creambath? Smoothing? Yup, salon rambut pastinya menjadi tempat yang paling sering dikunjungi banyak orang, untuk melakukan perawatan rambut.

Nah mengulas sedikit sejarah mengenai salon rambut, sebenarnya dimulai di zaman Mesir Kuno. Laman Prettyinvested.co.uk menyebut kalau para sejarawan percaya bahwa wanita menggunakan henna alami, untuk mewarnai rambut dan menutupi uban.

Kemudian di zaman Romawi awal, mayoritas orang menata rambut sesuai kebutuhan. Namun seiring perkembangan kekaisaran, gaya rambut menjadi ciri khas kalangan kelas elit yang merupakan identitas diri, bahkan menjadi indikator penting kekayaan dan status.

Namun semakin rumitnya gaya rambut, makin banyak waktu dan uang harus dikeluarkan untuk kemewahan. Gaya rambut alami saat itu, menjadi tanda orang yang nggak berbudaya, kecuali para gadis muda yang memiliki rambut lurus. Bagi pria di zaman itu, punya rambut pendek dan terawat merupakan tanda bahwa mereka memiliki pembantu yang merawat rambutnya.

Dari situlah muncul tukang cukur yang mendirikan bisnis di area pertokoan atau kios pasar. Tempat tersebut pun menjadi populer, tapi bukan cuma jadi tempat berdandan, namun juga menjadi ruang sosial di mana para pria berkumpul untuk saling bertukar informasi terkini.

Kemudian pada abad ke-18, minat terhadap fashion dan gaya kembali muncul, serta tata rambut mulai menjadi bisnis yang serius digeluti. Saat itu, tepatnya pada 1890, juga menjadi awal kemunculan pengering rambut yang cuma bisa ditemukan di salon.  Hingga akhirnya muncul perawatan canggih untuk rambut seiring berkembangnya zaman. 

Jadi apa manfaat dari salon? Nah, kini salon rambut bukan cuma sekadar untuk memotong rambut (trimming) saja, tapi juga bisa untuk meluruskan rambut, mengeritingkan rambut, bahkan ada teknologi laser yang dihadirkan untuk menghilangkan bulu di beberapa area tubuh, termasuk perawatan rambut lainnya.  

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perawatan Apa Saja yang Ada di Salon Rambut?

Salon rambut menawarkan berbagai jenis perawatan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa perawatan populer yang tersedia di salon:

1. Perawatan Kulit Kepala

Ini adalah perawatan yang umum dilakukan di salon rambut. Perawatan kulit kepala di salon biasanya dilakukan dengan cara mencuci rambut menggunakan sampo dan kondisioner. 

Setelah rambut dicuci bersih, kemudian dioleskan hair tonic pada kulit kepala secara merata, sambil dilakukan pemijatan. Biasanya pemberian hair tonic adalah untuk mengurangi rambut rontok dan menjaga kesegaran kulit kepala. 

2. Creambath

Ini adalah perawatan rambut yang sering dilakukan di salon rambut, untuk melapisi dan melindungi lapisan luar rambut. Creambath cocok dilakukan jika kamu belum pernah melakukan penataan rambut seperti smoothing, hair curling, hingga hair coloring. 

Untuk menutrisi rambut, biasanya dilakukan pemijatan pada kulit kepala, rambut juga dibungkus dengan handuk panas atau diupai dengan stream, untuk membuka pori-pori kulit kepala, biar nutrisi dari vitamin pada krim yang dioleskan bisa terserap dengan baik. 

3. Hair Mask

Ini adalah salah satu perawatan rambut di salon yang dilakukan untuk mengatasi masalah rambut yang disebabkan karena proses penataan rambut, seperti hair coloring, hair curling, dan smoothing. Manfaat dari hair mask adalah membuat rambut jadi lebih lembut dan berkilau. Dengan melakukan perawatan dari batang rambut, hair mask membantu menguatkan akar rambut dan membuat rambutmu nggak gampang rontok, rusak, dan kering. 

4. Hair Spa

Jika sebelumnya sudah bahas manfaat hair mask, sekarang mari membahas perawatan rambut yang satu ini. Apa manfaat hair spa? Jadi, buat kamu yang memiliki masalah rambut rusak akibat paparan sinar matahari berlebih dan intensitas tinggi terhadap penggunaan alat styling, bisa coba perawatan hair spa di salon rambut. Nah yang harus kamu ketahui, hair spa berbeda dengan hair mask ya! 

Hair spa adalah jenis perawatan rambut yang fokusnya menutrisi untuk mengatasi berbagai masalah rambut, seperti kering, kusam, lepek, dan kusut, termasuk kerusakan rambut akibat styling. 

5. Hair Detox

Bukan cuma tubuh, rambut ternyata juga butuh di detoks loh! Yup, detoks rambut perlu dilakukan dua kali dalam seminggu karena kemungkinan terjadinya penumpukan kotoran di kulit kepala yang disebabkan karena residu dari sampo, kondisioner, atau minyak rambut di kulit kepala. Makanya hair detox perlu dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa bahan kimia dari produk perawatan rambut yang sering dilakukan. 

6. Perawatan Keratin

Buat kamu yang mendambakan punya rambut halus, lembut, dan gampang diatur, bisa coba perawatan yang satu ini. Yup, perawatan ini dilakukan dengan mengaplikasikan produk keratin di rambut. Kamu harus tahu, keratin merupakan protein alami yang ada pada rambut, dengan perawatan tersebut, maka keratin akan diisi ulang untuk memperoleh hasil rambut yang maksimal.

7. Blow Dry dan Styling

Ini juga termasuk salah satu perawatan rambut di salon, untuk mendapatkan gaya rambut yang on-point. Yup, blow dry dan styling adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa pilih gaya ikal, lurus, atau blow out yang volumized, tentunya perawatan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu ya!

3 dari 3 halaman

Kapan Waktu Terbaik ke Salon Rambut?

Buat menentukan waktu terbaik untuk pergi ke salon rambut, tergantung dari berbagai faktor, seperti kebutuhan perawatan dan jadwal kamu sendiri. Berikut beberapa panduan kapan sebaiknya kamu ke salon rambut:

1. Pagi Hari

Ini adalah waktu yang ideal jika kamu ingin suasana salon yang lebih tenang dan tidak terlalu ramai. Kamu bisa mendapatkan perhatian penuh dari stylist karena belum banyak pelanggan lain yang datang.

2. Hari Kerja

Jika kamu punya waktu luang di hari kerja, itu bisa jadi pilihan yang bagus karena salon biasanya lebih sepi dibandingkan akhir pekan. Kamu juga bisa lebih fleksibel dalam memilih waktu janji.

3. Setiap 6-8 Minggu

Untuk perawatan rutin seperti trimming, sebaiknya kamu mengunjungi salon rambut setiap 6-8 minggu sekali. Ini penting untuk menjaga kesehatan rambut dan mencegah ujung rambut bercabang.

4. Sebelum Acara Spesial

Jika ada acara penting seperti pernikahan, pesta, atau meeting besar, pastikan untuk membuat janji di salon beberapa hari sebelumnya. Ini akan memastikan rambutmu dalam kondisi terbaik saat hari H.

Nah, setelah kamu mengetahui perawatan apa saja yang ada di salon, manfaat dari hair spa atau hair mask, juga tahu kapan waktu tepat ke salon rambut, ada hal penting lain yang juga wajib kamu lakukan di rumah. Untuk menjaga rambut kamu tetap muda, selalu stay smooth and shiny, jangan lupa untuk menggunakan vitamin rambut, dengan kandungan Moroccan Oil yang dapat melembapkan rambut dan mengembalikan kilaunya.

Yup, kandungan Moroccan Oil dipercaya dapat memperbaiki struktur rambut, membuat rambut nggak mudah patah, dan mengembalikan kilau alami rambut. Kamu juga pilih vitamin rambut atau hair oil yang mengandung senyawa antioksidan, untuk menutrisi rambut dan kandungan esensial lain, guna melindungi meskipun rambut terkena panas matahari maupun panas dari alat penata rambut.

 

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat