uefau17.com

Tanpa Bahan Tambahan, Ini Cara Mudah Masak Rendang Sapi Agar Tidak Mudah Basi - Citizen6

, Jakarta Dikenal dengan bumbu dan aroma yang menggoda, tidak heran rendang menjadi makanan yang sangat digemari di Indonesia dan bahkan dunia.

Masakan asli Sumatera Barat ini memang memerlukan keahlian dan kesabaran khusus saat diolah biar teksturnya empuk dan mudah dikunyah.

Tidak jarang, orang-orang menambahkan bahan khusus seperti nanas agar lebih empuk, walau dengan konsekuensi jadi lebih mudah basi.

Agar rendang lebih tahan lama, ada satu cara yang bisa diikuti dari kanal YouTube Murcia Cia. Ia bahkan tidak menambah bahan khusus, dan metodenya akan disusun pada Jumat (31/05/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Oseng Bumbu dan Rempah

Pertama-tama, haluskan bumbu yang biasa digunakan untuk rendang dalam takaran yang sesuai seperti cabai keriting, bawang merah, bawang putih, jahe dan kunyit.

Panaskan sedikit minyak pada wajan, lalu masukkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Setelah diaduk-aduk beberapa saat, masukkan juga rempah-rempah yang juga telah dihaluskan.

3 dari 11 halaman

Masukkan Daging Rendang

Jika osengan bumbu sudah diaduk-aduk sampai rata, masukkan beberapa potong daging rendang yang sudah direbus. Aduk terus sampai osengan bumbu meresap sempurna pada daging rendang.

4 dari 11 halaman

Tuangkan Santan

Setelah itu, tuangkan satu liter santan ke dalam wajan. Seperti biasa, aduk sampai kuah santan menguning dan kental. Agar aroma rendang semakin harum, tambahkan serai, daun jeruk dan lengkuas.

5 dari 11 halaman

Sajikan Daging Rendang

Aduk lagi beberapa saat sampai serai, daun jeruk dan lengkuas tercampur dengan rendang dan santan. Sesudah itu, biarkan sampai santan menyusut dan habis.

Jika santan sudah habis, aduk sedikit agar bumbu rendang menyebar, lalu matikan kompor dan sajikan rendang di atas piring.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Rendang

7 dari 11 halaman

Daging Rendang Empuk Bagian Apa?

Untuk mendapatkan rendang daging sapi yang lembut, gunakanlah potongan daging yang padat seperti bagian paha, khususnya paha bagian luar.

8 dari 11 halaman

Apakah Rendang Harus Terus Diaduk?

Campurkan bumbu dengan rendang secukupnya. Saat daging sapi dimasak dalam rempah, tidak perlu diaduk secara terus-menerus untuk menghindari kerusakan. Tetapi, sesekali aduk rendang agar tidak terlalu gosong.

9 dari 11 halaman

Bagaimana Jika Daging Terlanjur Alot?

Hancurkan nanas segar menjadi bentuk parutan atau lumatan. Terapkan pada daging dan biarkan meresap selama 10-20 menit. Bersihkan sebelum memasak atau mengolahnya sesuai kebutuhan.

10 dari 11 halaman

Kenapa Masak Rendang Harus Lama?

Membuat rendang memerlukan waktu yang cukup lama agar dagingnya empuk dan bumbunya meresap dengan sempurna. Meskipun begitu, disarankan untuk memotong daging menjadi potongan berukuran 2-3 ruas jari dan memilih bagian paha agar tidak mudah hancur saat proses memasak.

11 dari 11 halaman

Dikasih Apa Daging Sapi Biar Empuk?

Zat aktif dalam daun pepaya, seperti enzim proteolitik papain, mampu memecah kolagen pada daging sapi. Akibatnya, serat otot terpisah lebih longgar, menghasilkan tekstur daging yang lebih lembut dan empuk.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat