uefau17.com

Cara Mudah Gosok Keset Sampai Bersih Mengkilap Tanpa Detergen, Hanya dengan 2 Bahan Dapur - Citizen6

, Jakarta Walaupun kerap diremehkan, keset memiliki banyak manfaat. Keset dapat mencegah lantai jadi kotor karena paparan debu yang terinjak oleh kaki. Selain itu, keset juga mencegah lantai jadi licin.

Karena sering diremehkan, maka kerap kali kebersihan keset juga jarang diperhatikan. Padahal jika keset kotor, tentu saja kaki yang menginjak juga akan jadi kotor yang membuat tidak nyaman.

Sama seperti perlengkapan rumah yang lain, keset dapat dibersihkan dengan detergen. Hanya saja keset harus digosok dengan tenaga ekstra jika sudah sangat dekil dan berdebu.

Namun, ada cara lain agar keset bisa bersih mengkilap tanpa harus dicuci dengan detergen. Cara ini diungkapkan oleh seorang warganet Facebook Fitri Rahmawati, di mana ia hanya menggunakan sedikit bahan saja.

Lalu, bahan apa saja yang digunakan? Temukan jawabannya berikut ini yang dirangkum pada Minggu (28/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Soda Kue

Bahan pertama yang digunakan adalah soda kue sebanyak satu sachet saja. Cukup taburkan soda kue ke dalam baskom yang akan digunakan untuk mencuci keset.

Soda kue sendiri merupakan senyawa alkali yang ampuh dalam membersihkan noda dan zat asam. Tak hanya noda, bahkan soda kue juga dapat menghilangkan bau tak sedap dari noda tersebut.

3 dari 10 halaman

Sabun Cuci Piring

Alih-alih menggunakan detergen, bahan pengganti yang digunakan adalah sabun cuci piring sekitar satu sendok teh. Sabun cuci piring memiliki pH netral, sehingga sangat cocok untuk membersihkan bahan seperti keset.

4 dari 10 halaman

Air Panas

Setelah soda kue dan cuci piring dimasukkan ke dalam baskom, maka langkah selanjutnya adalah menuangkan air panas

Air panas memiliki molekul yang bergerak lebih cepat karena terdapat level energi kinetik yang tinggi. Semakin tinggi energi kinetik, maka noda akan semakin mudah hilang. Karena itulah air panas digunakan.

5 dari 10 halaman

Masukkan Keset ke dalam Baskom

Jika kedua bahan tadi sudah dituang air panas, aduk campuran tersebut sampai merata lalu masukkan keset ke dalam baskom. Rendam keset lalu gosok dengan sikat sampai semua debu dan kotoran hilang.

Jika dirasa sudah cukup bersih, bilas kembali keset dan keringkan. Dengan begitu, keset yang tadinya dekil dan berdebu kini sudah bersih mengkilap seperti baru.

6 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Mencuci Keset?

Untuk membersihkannya, siapkan ember yang besar untuk mencuci keset. Kemudian, air hangat dan cairan pembersih dituangkan ke dalam ember. Jika ada noda yang sulit dihilangkan, cairan pembersih dapat dituangkan langsung ke noda tersebut, lalu biarkan selama lima menit. Setelah itu, sikatlah hingga noda menghilang dan kembalikan keset ke dalam ember.

7 dari 10 halaman

Apakah Keset Perlu Dicuci?

Menurut laporan dari Germany Brilliant, untuk memastikan kenyamanan penggunaan yang optimal, penting untuk mencuci keset secara teratur. Apabila kamar mandi sering digunakan dan keset sering basah, direkomendasikan untuk mencucinya seminggu sekali.

8 dari 10 halaman

Apakah Keset Boleh Dicuci di Mesin Cuci?

Sebaiknya hindari mencuci keset menggunakan mesin cuci. Terutama keset yang umumnya terdiri dari bahan karet karena dapat menyebabkan kerusakan pada motor mesin cuci dan menyumbat penyaringannya.

9 dari 10 halaman

Berapa Lama Ganti Keset?

Walaupun disarankan untuk menggantinya setiap setengah tahun, namun keset pintu depan sebaiknya diganti sesegera mungkin apabila menunjukkan gejala keausan.

10 dari 10 halaman

Keset Terbuat dari Apa?

Umumnya, lantai dapur dilindungi oleh keset yang terbuat dari serat polipropilena atau nilon. Keset tersebut berperan dalam menghindari kotoran di lantai, seperti tumpahan minyak atau cairan lainnya. Material nilon yang tidak licin juga membantu mencegah kecelakaan di dapur akibat tumpahan air, minyak, dan sejenisnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat