uefau17.com

Awas Keliru, Ini Jenis-jenis Flek Wajah yang Wajib Diketahui - Citizen6

, Jakarta Bagi sebagian orang, timbulnya flek hitam pada area kulit wajah dianggap cukup mengganggu penampilan. Akibatnya, tak sedikit yang sibuk mencari tips dan rekomendasi produk penghilang flek tanpa tahu jenis flek macam apa yang sedang muncul di wajah. 

Pasalnya, ternyata ada setidaknya 4 jenis flek hitam yang bisa muncul di kulit dengan faktor penyebab yang berbeda. Karenanya, tentu cara mengatasinya akan berbeda pula menyesuaikan jenis flek apa yang muncul.

Oleh karena itu, mari cari tahu lebih lanjut apa saja jenis flek hitam yang kerap muncul di kulit wajah, penyebabnya, serta cara mencegah dan mengatasinya. Berikut informasi lengkapnya, dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (25/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Freckles

Jenis flek yang pertama ada freckles. Ini merupakan salah satu jenis flek berupa bintik-bintik coklat gelap yang timbul akibat paparan sinar matahari. Sinar UVB yang mengenai kulit tanpa proteksi akan mengaktifkan melanosit sehingga menghasilkan bintik-bintik tersebut. Selain sinar matahari, freckles juga bisa disebabkan oleh faktor genetik.

3 dari 12 halaman

2. Inflammatory Spots

Inflammatory spots atau hiperpigmentasi pasca inflamasi merupakan flek yang muncul setelah terjadi peradangan pada kulit, seperti alergi, eksim, ataupun jerawat. Flek jenis ini muncul karena kulit membentuk pigmen secara berlebih setelah terjadi peradangan. 

4 dari 12 halaman

3. Melasma

Melasma merupakan jenis flek berbentuk bercak kecoklatan yang lebih lebar dari freckles. Melasma bisa timbul akibat paparan sinar UV secara berlebihan, kehamilan, dan konsumsi pil KB. Tak hanya di wajah, melasma juga bisa muncul di bagian tubuh lain, seperti leher, ketiak, dan lengan bawah. 

5 dari 12 halaman

4. Lentigo

Lentigo merupakan bintik-bintik coklat yang muncul di kulit akibat sinar matahari, fisioterapi, maupun faktor genetik. Dibandingkan dengan jenis flek lainnya, lentigo memiliki diameter yang lebih besar sekitar 0,2-2 cm. 

6 dari 12 halaman

Cara Mencegah Flek

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya flek.

  1. Gunakan tabir surya. Tabir surya atau sunscreen dapat membantu melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV. Karenanya penting untuk rajin menggunakan sunscreen dan mengaplikasikan ulang setiap 2-3 jam sekali. Untuk daerah tropis, direkomendasikan menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30.
  2. Sebisa mungkin kurangi intensitas paparan sinar matahari. Caranya, bisa dengan menggunakan pakaian panjang dan topi saat keluar rumah, terutama ketika sinar matahari sedang terik. Hindari jam-jam dimana sinar UV sedang di titik ekstrem, yaitu sekitar pukul 10.00-16.00. 
7 dari 12 halaman

Cara Menghilangkan Flek

  1. Gunakan retinoid. Merupakan turunan vitamin A, retinoid bisa membantu meratakan warna kulit, sehingga cocok untuk menghilangkan flek hitam
  2. Lakukan tindakan di klinik kecantikan. Adapun beberapa tindakan yang bisa diambil untuk menghilangkan flek antara lain ada terapi laser, chemical peeling, IPL (Intensed Pulsed Light), dsb.
8 dari 12 halaman

Apakah Flek Hitam di Wajah Bisa Hilang dengan Sendirinya?

Tentu, bercak hitam mungkin menghilang secara alami.

9 dari 12 halaman

Flek Hitam di Wajah Muncul di Usia Berapa?

Banyak yang meyakini bahwa bintik hitam hanya akan muncul pada kulit saat mencapai usia 30 tahun atau lebih.

10 dari 12 halaman

Susu Apa yang Bisa Menghilangkan Flek Hitam di Wajah?

Anda bisa menggunakan susu, buttermilk (susu fermentasi), atau bahkan susu asam sebagai cara alami dan cepat untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. Karena dalam susu terdapat asam laktat (lactic acid), yang merupakan salah satu zat asam yang termasuk dalam kelompok alpha-hydroxy acid (AHA) dan berfungsi sebagai eksfolian.

11 dari 12 halaman

Berapa Lama Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah dengan Lidah Buaya?

Penelitian menunjukkan bahwa kulit yang menggunakan aloesin secara teratur selama periode 4–5 minggu menunjukkan peningkatan kecerahan.

12 dari 12 halaman

Apakah Kosmetik Bisa Menyebabkan Flek Hitam?

Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai juga bisa mengakibatkan munculnya flek hitam karena bahan kimia di dalamnya yang merangsang pembentukan melanin pada kulit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat