uefau17.com

Cara Goreng Bawang Merah Supaya Garing Lebih Lama dan Tidak Mudah Gosong - Citizen6

, Jakarta Tidak sedikit hidangan khas Indonesia yang memanfaatkan bawang merah sebagai salah satu bahan utama. Bawang merah sendiri memang dapat meningkatkan cita rasa suatu makanan.

Ada salah satu olahan bawang merah yang cukup banyak digemari sebagai pendamping nasi dan lauk-pauk, yaitu bawang goreng.

Dalam beberapa makanan seperti nasi goreng, nasi uduk atau opor ayam, bawang goreng rasanya tidak boleh dilewatkan.

Beberapa orang menilai kelezatan bawang goreng terletak pada kegaringannya. Namun justru itu malah jadi tantangan tersendiri, karena membuat bawang goreng yang garing tahan lama tidaklah mudah.

Belum lagi risiko bawang goreng gosong juga kerap kali menghantui.

Meski begitu, ada satu cara khusus dalam menggoreng bawang merah yang tepat, agar nanti bawang goreng bisa garing tahan lama dan tidak gosong. Cara ini dibagikan oleh seorang warganet Instagram @aaron_laksana.

Dirangkum pada Kamis (11/04/2024), berikut adalah caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Campur Bawang Merah dengan Garam dan Cuka

Pertama-tama, siapkan bawang merah yang agak banyak sekitar 20-49 siung yang sudah diiris kecil-kecil di dalam baskom.

Tambahkan masin-masing 1 cup sedang garam dan cuka ke dalam baskom yang sudah berisi bawang tadi. Aduk-aduk sampai bawang merah tercampur rata dengan garam dan cuka.

 

3 dari 10 halaman

Jemur Bawang Merah

Agar nanti hasil bawang goreng bisa lebih garing, jemur terlebih dahulu bawang merah di atas nampan besar selama 2 jam. Bawang merah juga harus dijemur agar cairan-cairan pada bawang bisa keluar, sehingga bawang goreng nantinya akan jadi lebih kering.

4 dari 10 halaman

Goreng Bawang Merah

Sesudah dijemur, maka bawang merah siap untuk digoreng. Panaskan minyak terlebih dahulu pada wajan dengan api sedang. Jika sudah panas, kecilkan api lalu masukkan bawang merah ke penggorengan.

5 dari 10 halaman

Angkat dan Tiriskan

Agar bawang goreng tidak gosong, pertahankan api kecil pada kompor. Selain itu, cukup goreng selama 5-10 menit saja sembari diaduk.

Jika sudah digoreng selama 5-10 menit dan bawang goreng sudah berubah jadi kecoklatan, segera matikan kompor lalu angkat dan tiriskan bawang goreng. Sekarang, bawang goreng yang garing tahan lama dan tidak gosong sudah siap untuk disajikan.

6 dari 10 halaman

Apakah Bawang Goreng Bisa Bertahan Berapa Lama?

Sebagai hasilnya, banyak orang yang memutuskan untuk membeli persediaan bawang merah goreng untuk disimpan. Namun, bagi yang tidak ingin membeli, juga bisa menggoreng bawang merah sendiri di rumah. Terbukti bahwa dengan cara pengolahan yang tepat, bawang merah goreng dapat menjadi renyah dan tahan lama hingga 6 bulan.

7 dari 10 halaman

Apakah Boleh Bawang Goreng Disimpan di Kulkas?

Bawang goreng yang telah dimasukkan ke dalam wadah tertutup atau kemasan berlapis udara dapat ditempatkan di tempat yang kering, menjauh dari kelembaban. Tempat penyimpanannya dapat berupa ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Alternatifnya, bawang goreng juga dapat disimpan dalam kulkas.

8 dari 10 halaman

Apa Manfaat Bawang Goreng untuk Kesehatan?

Bawang goreng mengandung serat yang menjaga kesehatan pencernaan dengan baik. Ini dapat mengurangi risiko sembelit. Selain itu, bawang mengandung vitamin C dan B6 yang penting untuk sistem kekebalan tubuh dan metabolisme energi yang optimal.

9 dari 10 halaman

Kenapa Bawang Goreng Lembek?

Apabila irisannya terlalu tebal, tekstur bawang gorengnya akan menjadi lebih lembek dari yang diinginkan. Sebagai tambahan, sebuah saran untuk menghasilkan bawang goreng yang renyah adalah dengan menambahkan tepung beras.

10 dari 10 halaman

Kenapa Bawang Goreng Membuat Bau Badan?

Senyawa belerang yang terkandung dalam bawang putih dan bawang merah memberikan aroma tajam pada keduanya. Setelah diserap oleh tubuh, senyawa tersebut kemudian dikeluarkan melalui paru-paru, yang menyebabkan bau pada napas. Selain itu, aroma bawang juga dapat tercium melalui keringat, menjadikannya salah satu penyebab aroma tubuh yang kurang sedap.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat