uefau17.com

Gaya Tidur dengan Pasangan Bisa Ungkap Tentang Hubungan Anda Menurut Terapis - Citizen6

, Jakarta Dari sudut pandang evolusi, tidur adalah salah satu hal paling rentan yang kita lakukan. Karena tidur di samping seseorang pada dasarnya merupakan tindakan kepercayaan, cara Anda tidur di samping pasangan dapat memberikan gambaran tentang dinamika di antara Anda. 

Para ahli mengatakan bahwa posisi tidur dapat mengirimkan berbagai sinyal tentang perasaan Anda terhadap satu sama lain, prioritas Anda sebagai pasangan, dan kekuatan ikatan Anda. Nah, jika ingin mengetahui apa yang dikatakan gaya tidur Anda tentang hubungan Anda menurut terapis dan pakar tidur, berikut ulasannya dilansir dari Best Life, Kamis (26/10/2023).

1. Tidur saling berhadapan

Tidur yang berorientasi satu sama lain menunjukkan keterbukaan emosional, kata para ahli pada Best Life. Hal ini terutama berlaku jika Anda menghabiskan waktu sebelum tidur untuk melakukan pillow talk

“Pasangan yang tidur saling berhadapan seringkali memiliki hubungan dekat dan intim. Mereka percaya satu sama lain,” kata Amy Braun, LCPC, konselor profesional klinis berlisensi. 

Posisi ini menunjukkan kedekatan emosional dan fisik, karena memungkinkan terjadinya kontak mata dan komunikasi yang mudah. ​​Ini menunjukkan ikatan emosional yang kuat dan keinginan untuk tetap terhubung.

2. Saling membelakangi satu sama lain

Ketika kedua pasangan menghadap ke sisi luar tempat tidur dan saling membelakangi, hal ini terkadang menandakan tingkat keintiman atau keterhubungan yang lebih rendah. “Adalah hal yang lumrah bagi pasangan untuk tidur dengan posisi ini, terutama jika mereka sedang bertengkar,” kata Braun.

Namun, dia dengan cepat menambahkan bahwa tidur dalam posisi ini tidak berarti bahwa hubungan sedang menuju ke arah yang buruk, padahal masih banyak faktor lain yang mungkin berperan.

“Tidur dengan posisi membelakangi satu sama lain dapat menunjukkan keinginan akan ruang pribadi dan kemandirian,” jelas konselor. "Bisa juga tidak ada yang salah dalam hubungan tersebut, mereka hanya membutuhkan ruang saat berbagi tempat tidur."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Dipeluk dari belakang

Ketika pasangan tidur dalam posisi "spooning", mereka beristirahat menghadap ke arah yang sama dengan satu orang memeluk yang lain. Ini adalah cara yang sangat penuh kasih sayang untuk tidur yang paling sering menandakan keintiman dan kenyamanan, serta dinamika yang mengasuh dan melindungi dalam suatu hubungan, kata Braun.

Namun, hal ini juga dapat menunjukkan ketidakseimbangan kekuatan karena kedua "sendok" tersebut memiliki peran yang berbeda. “Pasangan yang berada di luar 'sendok' sering kali mengambil peran protektif, sedangkan pasangan yang berada di dalam mungkin mencari rasa aman,” jelas Braun.

4. Satu pasangan bertumpu pada dada pasangannya

Jika Anda tidur bertumpu pada dada pasangan (atau sebaliknya), ini menunjukkan rasa romantis dan kepuasan yang mendalam dalam hubungan. Hal ini sering dikaitkan dengan "fase bulan madu" dalam suatu hubungan, yang terjadi pada bulan-bulan atau tahun-tahun awal saling mengenal.

"Posisi ini bisa melambangkan kepercayaan dan kenyamanan. Pasangan yang bersandar di dada mencari ketenangan dan keamanan emosional, sedangkan pasangan di bawahnya sering kali berperan sebagai pelindung," jelas Dominique Rice, PhD, IMFT-S, terapis seks holistik di The Art of Love and Intimacy.

3 dari 4 halaman

5. Sambil berpelukan

Tidur berpelukan dengan pasangan sering kali menandakan hubungan yang dalam dan penuh gairah, jelas Braun. "Ini menunjukkan keinginan kuat untuk dekat secara fisik dan emosional. Posisi ini sering kali menunjukkan ikatan romantis yang kuat dan rasa persatuan."

Grant Lewis, pendiri Dream HQ, mengatakan posisi tidur ini lebih umum terjadi ketika emosi sedang tinggi. "Biasanya ini merupakan tanda hubungan baru atau dihidupkan kembali. Orang yang beristirahat seringkali sedang jatuh cinta atau merasa sangat aman."

6. Masing-masing pasangan tidur tengkurap

Ketika kedua orang tidur tengkurap, hal ini sering kali berdampak pada kenyamanan fisik, kata para ahli. Namun, hal ini juga dapat menunjukkan bahwa pasangan menghargai kemandirian dan menghormati kebutuhan pribadi mereka dibandingkan menunjukkan kasih sayang.

“Ini tidak berarti kurangnya koneksi, tapi mungkin menunjukkan bahwa kedua pasangan menghargai ruang pribadi mereka,” kata Braun.

4 dari 4 halaman

7. Tidur dengan posisi bintang laut

Terakhir, jika salah satu pasangan tidur dengan posisi bintang laut, hal ini dapat mengindikasikan dinamika kekuasaan yang tidak sehat atau ketidakpekaan terhadap kebutuhan pasangan lainnya.

“Salah satu pasangan menyebar dan mengambil banyak ruang dapat menunjukkan dominasi atau keegoisan dalam hubungan, terutama jika pasangan lainnya terkurung dalam ruang kecil,” kata Michelle King, LMFT, terapis di Ocean Recovery.

Namun, penting juga untuk diperhatikan bahwa beberapa orang benar-benar tidak memiliki kendali atas posisi mereka saat tidur. 

“Sangat penting untuk mendekati penafsiran ini dengan hati-hati, karena kenyamanan individu dan kebiasaan tidur dapat memainkan peran penting,” tambah Rice. “Apa yang mungkin benar bagi satu pasangan mungkin tidak berlaku bagi pasangan lainnya. Ukuran terbaik dari kesehatan suatu hubungan adalah komunikasi terbuka antar pasangan.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat