uefau17.com

Hati-hati Masalah yang Timbul Akibat Tidur Menyamping dan Cara Meredakannya - Citizen6

, Jakarta Seperti yang kita ketahui bahwa tidur menyamping ternyata mempunyai banyak manfaat. Sebagai contoh, dapat membuat saluran udara tetap terbuka, sehingga dapat meminimalisasikan gejala mendengkur dan sleep apnea.

Hal ini juga menempatkan tulang belakang Anda pada posisi netral dan dapat mengurangi refluks asam, jelas Georgiy Brusovanik, MD, ahli bedah tulang belakang ortopedi di Miami Back and Neck Specialists, Florida, seperti yang kami kutip dari Everyday Health.

Meskipun demikian, ternyata tidur menyamping dapat membuat Anda mengalami nyeri bahu. Sebab, membebani salah satu bahu selama beberapa jam.

Bisakah Anda Mendapat Sakit Bahu Karena Tidur Menyamping?

Tidur menyamping atau miring memberikan tekanan berkepanjangan pada bahu di bawah Anda, yang dapat menyebabkan kekakuan, nyeri, dan nyeri pada bahu tersebut, jelas Charles A. Su, MD, PhD, ahli bedah kedokteran olahraga ortopedi di University of Virginia Health System dan asisten profesor bedah ortopedi di Fakultas Kedokteran Virginia University, Charlottesville.

Penelitian tentang hubungan antara tidur menyamping dan sakit bahu masih sedikit. Namun, beberapa penelitian kecil menemukan hubungan antara keduanya.

Sebuah penelitian kecil mengamati 58 orang dewasa dengan cedera rotator cuff dan menemukan bahwa 52 di antaranya memiliki posisi tidur menyamping, dibandingkan dengan hanya empat orang yang tidur tengkurap, satu orang yang tidur terlentang, dan satu orang yang tidur dalam ketiga posisi tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa posisi tidur ini dapat dikaitkan dengan cedera rotator cuff atau risiko cedera bahu yang lebih besar. Penelitian kecil lainnya terhadap 83 orang dewasa yang mencari perawatan chiropraktik untuk mengatasi nyeri bahu menemukan bahwa dua pertiga pasien yang tidur miring bersandar pada bahu tempat mereka mengalami nyeri - sekali lagi, hal ini menunjukkan bahwa tidur menyamping juga berkontribusi terhadap masalah tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Masalah yang Timbul Akibat Tidur Menyamping

"Meskipun banyak orang mengaitkan nyeri dan nyeri bahu dengan tidur menyamping, kecil kemungkinannya posisi tidur Anda menjadi penyebab utama nyeri tersebut," jelas Michael Stone, MD, ahli bedah ortopedi di Cedars-Sinai Orthopaedics, Los Angeles. “Tidur menyamping tidak menyebabkan nyeri bahu, namun dapat memperburuk gejala.”

Jika Anda memiliki salah satu masalah yang sudah ada sebelumnya pada bahu Anda, peningkatan tekanan pada rotator cuff dan sendi bahu dapat memperburuk masalah ini dan menyebabkan rasa sakit, seperti misalnya:

1. Shoulder bursitis

Kantung berisi cairan, yang disebut bursae, ditemukan di jaringan sekitar sendi, tendon, dan tulang di tubuh kita, termasuk bahu kita. Bursae ini mengurangi gesekan dan membantu pergerakan.

Shoulder bursitis cukup umum terjadi dan terjadi ketika bursa bahu teriritasi, menyebabkan pembengkakan dan nyeri,” kata Dr. Su. "Tempat tidur miring meningkatkan tekanan pada bahu dan dapat memperburuk gejala bursitis."

2. Shoulder osteoarthritis

“Oosteoartritis bahu menggambarkan kerusakan atau hilangnya tulang rawan di bahu,” kata Su.

Pada bahu yang sehat, tulang rawan melapisi bola dan soket sendi, memberikan bantalan pada tulang dan memungkinkan sendi bahu meluncur dengan lancar. Pada osteoartritis, hilangnya tulang rawan ini menyebabkan berkurangnya rentang gerak, sendi berbunyi atau berbunyi klik, kaku, dan nyeri.

“Karena tulang rawan juga menjadi bantalan tulang, pasien dengan osteoartritis sering kali mengalami peningkatan nyeri bahu saat tidur menyamping karena peningkatan tekanan pada sendi bahu,” kata Su.

3 dari 5 halaman

3. Cedera rotator cuff

Rotator cuff adalah sekelompok empat otot yang mengelilingi bahu dan memungkinkan kita mengangkat dan memutar lengan,” jelas Su. “Cedera rotator cuff dapat terjadi ketika tendon rotator cuff meradang (dikenal sebagai tendinitis) atau robek sebagian atau seluruhnya.”

Tidur menyamping ke bahu yang terkena dapat memperburuk gejala cedera rotator cuff, termasuk nyeri atau nyeri tumpul dan berkurangnya rentang gerak bahu, tambah Su.

4. Adhesive capsulitis

Juga dikenal sebagai tight shoulder atau frozen shoulder, adhesive capsulitis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan peradangan pada bahu, meski penyebab pastinya belum jelas. Kondisi ini ditandai dengan kekakuan, nyeri, dan berkurangnya rentang gerak.

“Bahu yang tegang dapat menimbulkan nyeri bahu yang parah saat berbaring miring dan membuat hampir tidak mungkin untuk tidur,” kata Dr. Brusovanik.

Jika Anda memiliki bahu yang kaku – hal ini terjadi pada 2 hingga 5 persen populasi umum – kecil kemungkinan Anda akan bisa tidur pada sisi yang terkena karena rasa sakit karena terlalu banyak tekanan pada bahu.

4 dari 5 halaman

Cara Meredakan Sakit Bahu Karena Tidur Menyamping

Temui dokter Anda jika Anda sering mengalami nyeri bahu setelah tidur menyamping. Mereka mungkin merujuk Anda ke spesialis, seperti ahli ortopedi, untuk memeriksa salah satu kondisi yang disebutkan di atas.

Sangat penting untuk memeriksakan diri jika Anda merasa mati rasa di lengan Anda, karena ini bisa menjadi tanda cervical disc disease, kata Brusovanik. Penyakit ini dapat terjadi ketika cakram yang menjadi bantalan tulang belakang leher (bagian leher tulang belakang Anda) mulai melemah, sehingga sering kali menyebabkan nyeri leher dan mati rasa pada lengan.

Jika tidur miring menyebabkan nyeri bahu, Anda dapat mencoba beberapa hal sendiri untuk menghindari atau menghilangkan rasa sakit tersebut, yaitu:

1. Ubah posisi tidur Anda

Pertama, lihat apakah Anda bisa tidur dengan posisi lain. “Cobalah mengubah posisi tidur Anda dengan beralih ke tidur telentang, tengkurap, atau bahu yang tidak nyeri,” kata Su.

“Tidur telentang adalah posisi paling optimal untuk mengistirahatkan bahu saat tidur,” kata Dr. Stone. Anda dapat menggunakan bantal di sekeliling tubuh Anda untuk membuatnya lebih nyaman atau mencegah Anda berguling ke samping.

2. Kompres air panas atau dingin

Tergantung pada gejala yang Anda alami, panas atau es dapat meredakan nyeri.

“Jika Anda menderita osteoartritis bahu, panas dapat membantu mengendurkan otot dan persendian yang kaku,” kata Su. “Jika Anda mengalami radang bahu atau tendinitis, kompres es dan kompres dingin dapat membantu meminimalkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan.”

5 dari 5 halaman

3. Gunakan bantal untuk menopang bahu dan lengan

Cara lain yang bisa diterapkan yaitu dalam meletakkan bantal dapat membantu mengurangi tekanan dari bahu tempat Anda tidur.

“Saat tidur menyamping, hindari tidur dengan lengan di bawah bantal atau dengan siku di atas karena posisi ini dapat menambah tekanan pada bahu,” kata Su.

Sebaliknya, berbaringlah pada bahu yang tidak nyeri dan letakkan bantal di bawah lengan yang nyeri untuk memberikan dukungan ekstra.

4. Cobalah latihan bahu

“Latihan dan peregangan bahu bisa sangat membantu dalam meredakan nyeri bahu,” kata Su.

“Latihan bahu yang umum mencakup latihan rentang gerak, penguatan rotator cuff, dan penguatan ekstremitas atas,” katanya, seraya menambahkan bahwa latihan ini tidak hanya meningkatkan rentang gerak dan fleksibilitas tetapi juga dapat membantu mengurangi peradangan di bahu Anda.

Seorang ahli ortopedi atau ahli terapi fisik dapat memberi Anda latihan khusus berdasarkan jenis nyeri yang Anda rasakan dan cedera bahu yang mungkin Anda alami.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat