uefau17.com

Waspadai 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Sering Disepelekan - Citizen6

, Jakarta - Kolesterol tinggi adalah silent kiler (pembunuh diam-diam). Kondisi ini tidak memiliki gejala, itu tidak memengaruhi tubuh pada gejala awalnya dan sayangnya, pada saat seseorang melihat gejalanya dengan jelas, kerusakan telah terjadi sebagian besar.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memantau kadar kolesterol sehingga perkembangannya bisa diperiksa lebih awal.

Berikut beberapa gejala kolesterol tinggi yang dianggap banyak orang kurang serius, seperti melansir dari Times of India, Selasa (27/6/2023).

1. Kaki terasa berat

Rasa berat di kaki akibat rasa sakit yang luar biasa bisa menjadi indikasi untuk memeriksa kadar kolesterol. Ini juga terlihat di paha atau betis.

Rasa sakit meningkat saat berjalan, bahkan jika itu adalah jarak biasa yang telah ditempuh orang tersebut sebelumnya atau untuk jarak kecil.

2. Sering kram

Episode kram atau kejang yang berulang di tungkai bawah, terutama di tumit, dan jari kaki umumnya terlihat pada mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Ini terjadi karena kerusakan arteri.

Kejang terjadi sebagian besar pada malam hari dan sebagai pengobatan rumahan, individu disarankan untuk tetap menggantung kaki mereka dari tempat tidur atau dari posisi yang lebih tinggi.

3. Kaki dingin yang tidak bisa dijelaskan

Biasanya individu akan merasakan kaki dingin saat cuaca dingin, tapi jika kaki Anda dingin tanpa alasan, kolesterol Anda mungkin bertanggung jawab untuk itu. Jangan abaikan tanda ini dan lakukan tes darahmu sesegera mungkin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Perubahan warna kulit

Karena arteri tersumbat, aliran darah dibatasi ke bagian tubuh tertentu. Seringkali efeknya terlihat pada anggota tubuh bagian bawah.

Perubahan warna kulit akibat suplaai darah yang kurang terjadi akibat kolesterol tinggi. Jadi, jangan abaikan setiap perubahan apapun pada warna kulit.

5. Keterlambatan dalam penyembuhan luka

Jika Anda menyadari adanya keterlambatan penyembuhan luka yang terjadi pada anggota tubuhmu, itu adalah tanda sirkulasi darah yang buruk yang mungkin disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi.

Meskipun ada juga alasan lain, termasuk diabetes, tes darah bisa menunjukkan kondisi yang tepat.

3 dari 3 halaman

Waspadai 3 Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul di Mata

Sebagian besar kasus kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala dan hanya terdeteksi ketika seseorang melakukan pemeriksaan rutin.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah seseorang, yang diperlukan untuk membangun sel-sel sehat. Namun, nama buruk yang diperoleh kolesterol selama bertahun-tahun adalah karena hubungannya dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Tapi yang penting diperhatikan adalah bahwa hanya kadar kolesterol yang tinggi yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seseorang.

Kolesterol tinggi tidak hanya mempengaruhi jantungmu, tapi juga bisa berdampak negatif pada matamu.

Melansir dari Times of India, Senin (1/8/2022), menurut klinik Cleveland, salah satu cara paling umum kolesterol bisa mempengaruhi mata Anda adalah adanya xanthelasma, timbunan lemak kecil bewarna kekuningan di kulit di sekitar matamu. Paling sering terbentuk di kelopak mata.

“Kehadiran kolesterol jahat yang tinggi dalam darah Anda bisa menyebabkan masalah ketika mulai berkumpul di matamu,” kata ahli the Independent optician Care Optics.

Care Optics mengatakan bahwa ada tiga tanda utama yang menandakan kolesterol jahat menumpuk di matamu. Tanda-tandanya di antaranya:

  • Deposit putih, abu-abu dan kuning terbentuk di sekitar kornea
  • Penglihatan kabur
  • Benjolan kuning di sekitar mata

Pada awal tanda-tanda ini, para ahli merekomendasikan untuk segera menguji diri sendiri.

Lebih lanjut, Care Optics mengklaim bahwa tanda-tanda ini paling sering menyebabkan masalah mata yang lebih parah.

Selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat