uefau17.com

5 Alasan Anda Tetap Bau Badan Meski Sudah Mandi - Citizen6

, Jakarta Dalam hal kebersihan pribadi, sebab dan akibat biasanya cukup jelas. Jika Anda gagal menyikat dan membersihkan gigi, Anda mungkin akan berakhir dengan mulut penuh lubang. Gagal mencuci tangan dengan benar dapat membuat Anda sakit. Dan jika Anda melewatkan mandi selama, katakanlah, seminggu, Anda tidak akan berbau harum.

Tetapi beberapa skenario tampaknya membuang seluruh "sebab dan akibat" mungkin tidak pernah sebanyak saat Anda mandi lama dan menyegarkan, namun entah bagaimana masih berbau tidak sedap setelah handuk. Bagaimana ini bisa terjadi? Berikut ini deretan alasan Anda mungkin masih mengalami bau badan, bahkan saat Anda baru saja selesai mandi. 

1. Anda tidak menggosok tubuh dengan cukup baik

Hal pertama yang perlu ditanyakan ketika Anda masih mengalami bau badan meski sudah mandi ialah, apakah Anda membersihkan diri secara menyeluruh? 

“Cara mencuci yang benar adalah dengan alat bantu gosok, seperti spons atau kain,” saran Max Shein, pendiri Social Citizen, perusahaan yang memproduksi pakaian tahan keringat. 

"Sabun antibakteri juga membantu membunuh bakteri di kulit Anda sehingga Anda keluar dari kamar mandi tanpa bau badan yang tersisa," katanya kepada Best Life.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Anda tidak menggunakan handuk yang bersih

Seberapa sering Anda mencuci handuk? Anda mungkin ingin memasukkan banyak cucian sekarang, jika terlambat untuk dicuci dan dikeringkan. Shein menunjukkan bahwa menggunakan handuk bersih setelah mandi adalah suatu keharusan, karena handuk Anda mungkin juga memerangkap bau badan setelah beberapa kali digunakan.

3. Anda makan sesuatu yang berbau kuat

Semua scrub dan sabun di dunia mungkin tidak cukup untuk menghilangkan bau badan jika disebabkan oleh sesuatu yang Anda makan. 

"Makanan tertentu, seperti bawang putih, bawang merah, dan makanan pedas, dapat menyebabkan bau badan bahkan setelah mandi," kata Mark Lewis, ahli kesehatan yang berbasis di California dan kontributor TheConsumerMag.com.

Faktanya, mandi air panas dapat memperparah bau tertentu, kata Justin Neubrander, seorang asisten dokter di Fredheim Lifestyle Center di Norwegia, kepada Best Life. 

"Makan bawang putih dalam jumlah besar bisa menyebabkannya keluar melalui pori-pori kulit," jelasnya. "Jadi mandi air panas bisa menyebabkan ekskresi senyawa ini."

3 dari 4 halaman

4. Anda berkeringat lebih dari biasanya

Apapun yang membuat Anda berkeringat, itu bisa membuat Anda bau tak peduli seberapa bersih Anda. Namun, bukan hanya keringat Anda yang menyebabkan bau badan. "Saat kita berkeringat, bakteri alami di kulit kita memecah keringat menjadi tioalkohol, [jadi] bau badan yang kita sadari berkat bakteri yang berinteraksi dengan keringat kita," jelas Shein. 

"Area tubuh yang hangat dan basah kemungkinan besar akan menangkap bau karena ideal untuk bakteri, termasuk ketiak."

Meskipun mengatasi situasi tertentu mungkin perlu dilakukan (menghilangkan stres dengan yoga dan meditasi, misalnya, atau menghindari perjalanan kereta api yang padat pada jam sibuk), tetap penting bagi Anda untuk mencuci anggota tubuh dengan benar saat mandi.

4 dari 4 halaman

5. Anda perokok

Tidak sulit mencari alasan untuk berhenti merokok. Kebiasaan itu meningkatkan risiko berbagai penyakit termasuk kanker, penyakit jantung, stroke, penyakit paru-paru, diabetes, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), emfisema, dan bronkitis kronis, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Namun, ada alasan lainnya yaitu merokok dapat membuat Anda berbau tidak sedap, tidak peduli seberapa keras Anda mencoba menghilangkan baunya. 

"Asap rokok menyimpan residu karsinogenik pada semua yang disentuhnya, termasuk rambut, kulit, dan mulut," kata Quit and Stay Quit Monday (QSQM), alat penghentian tembakau yang dirancang oleh organisasi The Monday Campaigns. 

Mereka juga mencatat bahwa penggunaan nikotin membuat orang lebih banyak berkeringat, dan membuat keringat mereka berbau lebih buruk. Solusinya mudah. "Berhentilah merokok," saran QSQM. "Tubuhmu akan berbau lebih baik dalam waktu singkat."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat