uefau17.com

5 Teh Terbaik Rekomendasi Ahli untuk Kurangi Kram Menstruasi - Citizen6

 

, Jakarta - Ketika tiba waktu bulanan para wanita, kita hampir selalu tahu gejala dan perubahan dalam tubuh kita, termasuk kembung, kram, kelelahan, dan banyak lagi. Menurut Departemen Kesehatan & Layanan Kemanusiaan AS, sebagian besar Wanita atau sekitar 90 persen mengalami gejala-gejala kecil menjelang menstruasi dan ini adalah hal normal. 

Namun, gejala pramenstruasi bisa terasa tidak nyaman. Salah satu penyebab terbesar ketidaknyamanan adalah kram menstruasi, yang terjadi ketika rahim berkontraksi saat meluruhkan lapisan rahim. 

"Penyebab kram menstruasi tidak sepenuhnya dipahami, tetapi biasanya itu adalah reaksi inflamasi dari pengusiran lapisan rahim," kata Mazen Abbas, D.O., M.P.H., Ahli Gastroenterologi Pediatrik dan Dewasa Muda di Hawaii. 

Namun ada banyak cara untuk meringankan kram menstruasi ringan di rumah. Selain memakai bantalan pemanas, Abbas mengatakan bahwa obat antiinflamasi non-steroid yang dijual bebas juga mampu membantu kamu menemukan kelegaan. 

"Menghindari makanan tertentu seperti makanan olahan, gula, dan kafein juga dapat membantu." ungkap Abbas. 

Mengutip Eat This Not That, Jumat (30/12/2022), kamu bisa mengandalkan beberapa teh hangat, yang telah dipercaya untuk mengurangi kram menstruasi. 

1. Teh Jahe

Menurut Abbas, teh jahe menjadi pilihan terbaik untuk mengurangi kram menstruasi, karena kaya akan sifat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit seperti gingerol dan shogaol. 

Sebuah tinjauan yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research meneliti penggunaan jahe untuk menghilangkan rasa sakit dalam uji coba terkontrol secara acak dan ditemukan bahwa jahe secara signifikan mengurangi rasa sakit dan peradangan ketika dikonsumsi secara oral. 

Dalam penelitian lainnya yang diterbitkan Pain Medications meneliti tingkat rasa sakit pada wanita yang mengonsumsi 750-2.000 mg bubuk jahe selama 3-4 hari pertama menstruasi mereka dan menemukan bahwa jahe membantu meringankan rasa sakit mereka. Jadi, menyeruput teh jahe dapat membantu kamu meredakan kram yang menyakitkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Teh Chamomile

Menurut Journal of Pharmacupuncture, chamomile tidak hanya dapat membantu menenangkan kamu untuk tidur, tetapi juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-spasmodik yang dapat membantu meringankan kram menyakitkan yang terkait dengan kram menstruasi. 

Secara khusus, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Internal Journal of Molecular Medicine menemukan bahwa, chamomile menghambat produksi oksida nitrat, yang merupakan molekul pensinyalan yang memainkan peran kunci dalam patofisiologi peradangan.

Seperti yang disebutkan Abbas sebelumnya, peradangan telah dikaitkan dengan kram menstruasi. Studi lain yang diterbitkan dalam Iranian Journal of Obstetrics, Gynecology and Infertility meminta wanita minum dua cangkir chamomile sehari satu minggu menjelang menstruasi menghasilkan pengurangan rasa sakit akibat kram. 

3 dari 5 halaman

3. Teh Fennel

Menurut Abbas, teh fennel adalah pilihan bagus lainnya untuk mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi. Fennel penuh dengan antioksidan kuat seperti vitamin C dan quercetin, yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Sebuah studi kecil yang diterbitkan Ayu meneliti tingkat rasa sakit pada 60 anak perempuan yang mengalami dismenorea atau periode yang menyakitkan, setelah mereka mengonsumsi 30 mg ekstrak fennel empat kali sehari selama tiga hari pada awal siklus menstruasi mereka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi teh fennel mengalami penurunan yang signifikan dalam rasa sakit mereka. 

4 dari 5 halaman

4. Teh Kayu Manis

Kayu manis tidak hanya merupakan cara yang lezat untuk membumbui hidangan favorit kamu, tetapi juga telah digunakan selama berabad-abad sebagai pangan penyembuhan alami. Kayu manis memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-jamur yang membantu membantu pencernaan, meningkatkan kadar gula darah, dan mengurangi nyeri saat haid.

Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Medicine menemukan bahwa, kayu manis dapat membantu mengurangi peradangan dan kembung yang terkait dengan menstruasi.

Studi kecil lainnya yang diterbitkan dalam Iranian Journal of Obstetrics, Gynecology and Infertility meminta 76 anak perempuan yang mengalami dismenore mengonsumsi tiga kapsul 420 mg kayu manis sehari, hasil studi tersebut menunjukkan nyeri haid dan perdarahan berkurang secara signifikan. 

5 dari 5 halaman

5. Teh Hijau

Ketika tingkat energi mulai turun selama menstruasi berkat berkurangnya kadar estrogen, kamu mungkin ingin mengonsumsi beberapa kafein. Pilihlah teh hijau, yang tidak hanya akan memberi kamu energi, tetapi juga dapat membantu meringankan kram.

Sebuah studi yang diterbitkan di BMJ menemukan bahwa, perempuan yang minum teh hijau secara teratur memiliki kram dan kembung yang jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak minum teh. Hal ini karena teh hijau penuh dengan senyawa flavonoid, antioksidan, dan anti-inflamasi.

Teh hijau juga memiliki banyak L-theanine, asam amino yang meningkatkan dopamin dan mengurangi kecemasan, yang dapat membantu untuk perubahan suasana hati yang diinduksi oleh periode tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat