uefau17.com

Pengakuan Sharena Delon Siklus Menstruasi Kacau Usai Melahirkan Anak Kedua, Ada Perubahan Hormon - ShowBiz

, Jakarta Bicara tamu bulanan, Sharena Delon berbagi cerita soal yang terjadi setelah melahirkan anak kedua pada 2018. Siklus menstruasi kacau. Kalau pun lancar, terasa lebih berat dan melelahkan.

Sharena Delon mencari tahu penyebabnya dan menduga akibat perubahan hormon. Nyonya Ryan Delon menjelaskan, ini tak terjadi saat melahirkan anak pertama. Setiap persalinan memang punya cerita dan romantikanya sendiri.

“Aku mulai merasakan pas melahirkan anak kedua. Sebelumnya aman. Setelah melahirkan anak kedua, siklus menstruasiku yang biasanya stabil jadi berantakan. Siklus menstruasiku dulu ‘enteng.’ Setelah punya anak, menjadi lebih berat,” katanya.

Siklus menstruasi yang berantakan berdampak pada kesehatan kulit di organ intim. Sharena Delon menyebut, kulit area kewanitaannya jadi lebih sensitif sekaligus gampang iritasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perihal Iritasi

“Jadi gampang iritasi padahal sebelumnya, aman-aman saja karena memang over-flow saat itu. Ternyata itu pengaruh dari perubahan hormon juga. Waktu itu aku lagi kencang-kencangnya olahraga,” Sharena Delon menyambung.

Kejadian ini membuat bintang film Perahu Kertas mengilas balik kebiasaan apa saja yang dijalaninya sebelum dan setelah menikah. Ingatan Sharena Delon kemudian berkelana ke era putih abu-abu.

3 dari 4 halaman

Aku Yakin

Di era itu, ia mengenal beragam perawatan tubuh dari wajah hingga organ intim. Sharena Delon mengenal waxing hingga laser untuk membersihkan (maaf) bulu di sekitar area kewanitaan.

“Aku yakin ini hasil akumulasi aku yang dari SMA sudah waxing, sering banget laser hair removal treatment. Sudah laser malah. Jadi lebih gampang iritasi,” ujarnya seraya mengingatkan pentingnya rutin mengganti pembalut saat datang bulan.

4 dari 4 halaman

Peka Terhadap Sinyal Tubuh

Sharena Delon berbagi tiga tips agar tetap bugar saat menstruasi datang. Selain rajin ganti pembalut, ia menyinggung pentingnya menggunakan antiseptik yang aman dan nyaman agar area kewanitaan tetap bersih sekaligus sehat. Terakhir, mendengarkan tubuh sendiri.

“Selama kita peka dengan semua sinyal yang dikasih tubuh sendiri, misalnya mulai merasakan iritasi ringan, jangan didiamkan. Iritasi seringan apapun, kalau didiamkan bukan tidak mungkin akan jadi infeksi. Kuncinya peka terhadap tubuh sendiri,” Sharena Delon mengakhiri.

Pesohor dengan 7 jutaan pengikut di Instagram itu berbagi pengalaman dalam gelar wicara “Tetap Nyaman, Aktif dan Sehat Selama Red Days #BukanHalangan” bersama Betadine dan Guardian di Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Dalam kesempatan itu, dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin mengingatkan pentingnya punya kebiasaan menjaga kebersihan area kewanitaan setiap hari, terutama saat datang bulan. Menstruasi berdampak besar terhadap stabilitas ekosistem vagina.

“Penggunaan produk antiseptik juga disarankan. Sebaiknya mengandung Povidone Iodine karena berspektrum luas, mampu mengembalikan keseimbangan pH, dan cepat memulihkan flora normal, efektif mengatasi infeksi di area kewanitaan,” ia mengulas.

Head of Marketing PT Mundipharma Healthcare Indonesia, Anastasia Damayanti menambahkan, gelar wicara ini menyambut Menstrual Hygiene Day 2024. Bermitra dengan Guardian, pihaknya mengedukasi wanita Indonesia pentingnya kebersihan kewanitaan, terutama saat menstruasi.

“Betadine Feminine Hygiene dengan Povidone Iodine 10 persen jadi langkah pertama mengatasi gejala infeksi saat red days. Kami berkomitmen memastikan wanita Indonesia tetap nyaman, aktif, dan sehat selama menstruasi. Menstruasi bukan halangan,” imbuh Anastasia Damayanti.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat