uefau17.com

Serba-serbi Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia yang Diperingati Setiap 28 Mei - Regional

, Yogyakarta - Setiap 28 Mei, dunia memperingati Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia atau Menstrual Hygiene Day. Ada beberapa fakta menarik tentang asal-usul momen penting ini.

Perayaan ini diinisiasi pada 2013 oleh organisasi non-pemerintah asal Jerman, Wash United. Baru pada 28 Mei 2024, perayaan Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia mulai dirayakan untuk pertama kalinya.

Pemilihan tanggal 28 pun bukan tanpa alasan. Angka 28 dipilih karena merujuk pada jumlah rata-rata periode menstruasi yang dialami beberapa wanita, yakni setiap 28 hari sekali. Dalam pelaksanaannya, organisasi ini ingin mengajak organisasi-organisasi non-profit, agen pemerintah, sektor swasta, media, maupun individu untuk menyerukan Menstrual Hygiene Management (MHM) atau manajemen kebersihan menstruasi.

Adapun MHM memiliki dua pengertian. Pertama merujuk pada penggunaan material yang bersih untuk menyerap darah menstruasi.

Setiap perempuan di dunia dalam siklus menstruasi harus menyadari hal ini. Material yang digunakan pun sebaiknya diganti secara berkala.

Selain itu, MHM juga berarti menjaga kebersihan tubuh dengan sabun dan air bersih. Artinya, setiap perempuan memiliki hak akses untuk membuang material yang sudah digunakan.

Peringatan Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia perlu terus digaungkan untuk meningkatkan kesadaran akan menjalani masa haid dengan bersih. Hal ini akan berdampak pada aktivitas sehari-hari yang akan tetap nyaman tanpa gangguan meski masih dalam masa menstruasi.

Tak hanya menyerukan perayaan secara formalitas, organisasi juga menyelenggarakan berbagai acara di beberapa negara. Tercatat hingga 2016, MH Day telah mengadakan beragam kegiatan di 54 negara yang meliputi edukasi di sekolah-sekolah, komunitas, konser, workshop advokasi dengan pemerintah, serta donasi produk.

Tahun ini, Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia mengangkat tema Togehter for a #PeriodFriendlyWorld. Tahun ini sekaligus menjadi tahun ke-10 peringatan Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia.

Dalam #PeriodFriendlyWorld, stigma dan tabu seputar menstruasi sudah tinggal sejarah. Ini adalah dunia di mana setiap orang dapat mengakses produk, pendidikan menstruasi, dan infrastruktur ramah menstruasi yang mereka perlukan.

"Dengan satu pesan, kita lebih lantang! Kamu menemukan semua yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia di sini," tulis laman menstrualhygieneday.org.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat