uefau17.com

Komitmen Pulihkan Keindahan Laut, Sheba Gandeng Komunitas untuk Restorasi Terumbu Karang di Bontosua - Citizen6

, Jakarta - Keberadaan terumbu karang tentu menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan. Namun sayangnya, kerusakan terumbu karang yang terjadi begitu hebat membuat ekosistem tampak kelam.

Untuk itu, merek makanan hewan peliharaan, Sheba, di bawah naungan PT Mars Indonesia berkomitmen untuk memulihkan keindahan laut melalui program bernama "Sheba Hope Grows" di Pulau Bontosua, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

"Restorasi terumbu karang adalah salah satu caranya seperti projek ini, dan kita sudah membuktikan ada solusi buatan manusia untuk masalah yang disebabkan oleh manusia," ucap General Manager, Mars Pet Nutrition Indonesia, Dr. Susan Wan, di Pulau Bontosua, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Lebih lanjut Susan mengatakan, "Sebab di masa depan kita membutuhkan ikan, jadi kalau kita mau ikan, dalam ekosistem coral yang baik, harus dipastikan ada tumbuhan terumbu karang hari ini untuk ikan di masa depan."

Menggunakan Metode MARRS

Restorasi terumbu karang ini menggunakan metode MARRS (Mars Assisted Reef Restoration System) dengan menggunakan reef star.

"Reef star ini berbentuk bintang dengan lebar sekitar 90 sentimeter yang digunakan sebagai wadah untuk pertumbuhan terumbu karang yang baru," ujar Indonesia Marine Program Lead, Mars Sustainable Solutions, Philippa Mansell.

Untuk membuat reef star ini dimulai dengan menyusun rangka yang dilapisi bahan antikarat. Kemudian lapisan berikutnya diberi fragmen pasir dan terumbu karang yang berasal di sekitar pulau.

"Reef star ini disatukan di dalam air untuk menciptakan jaringan-jaringan yang kuat dan aman untuk menutupi dasar laut tempat terumbu karang tubuh," lanjut Philippa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertumbuhan karang meningkat

Dalam dua tahun sejak restorasi hope reef dimulai, pertumbuhan karang telah meningkat dari kurang dari 5% menjadi lebih dari 70% dan populasi ikan meningkat sebesar 300%.

Hingga saat ini, terdapat 900.000 pecahan karangtelah ditanam menggunakan 60.000 reef star dan berhasil memulihkan 80.000 meter persegi terumbu karang secara global.

3 dari 3 halaman

Gandeng komunitas dan masyarakat

Hope yang sudah ada di 30 lokasi restorasi di dunia ini telah melibatkan 500 ribu orang untuk membantu pemulihan terumbu karang.

Program yang berlangsung di Makassar ini melibatkan masyarakat dan komunitas untuk merestorasi terumbu karang di gugusan Salisi Besar dekat Pulau Bontosua.

Dengan adanya progam Sheba Hope Grows ini mendukung komunitas berkembang dan mendorong pendidikan dan peningkatan pariwisata di kawasan restorasi.

"Jadi keterlibatan komunitas sangat penting dalam program ini, bukan hanya membuat perubahan tapi mengajak komunitas untuk terjun lebih dalam di program ini," kata Philippa

Lebih lanjut Phippa berharap program ini bisa mendorong dan mengajak komunitas untuk menhaga keanekaragaman hayati laut untuk masa depan yang lebih baik.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat