uefau17.com

Studi Ungkap Pasien Gagal Jantung yang Rutin Yoga Memiliki Jantung yang Lebih Kuat dan Aktif - Global

, Manipal - Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pasien dengan gagal jantung yang melakukan yoga memiliki jantung yang lebih kuat dan lebih aktif daripada mereka yang tidak melakukannya.

Para peneliti mengatakan bahwa yoga yang berfokus pada pernapasan, meditasi, dan relaksasi secara langsung berhubungan dengan perbaikan gejala pada pasien gagal jantung, demikian dikutip dari WION, Sabtu (29/6/2024) 

“Pasien yang mengonsumsi obat secara teratur ditambah dengan melakukan yoga akan merasa lebih baik, mampu melakukan lebih banyak hal, dan memiliki jantung yang lebih kuat daripada mereka yang hanya minum obat untuk menyembuhkan gagal jantung,” kata penulis studi Dr. Ajit Singh dari Indian Council of Medical Research (ICMR), Akademi Pendidikan Tinggi Manipal, India.

“Temuan ini menunjukan bahwa yoga dapat menjadi terapi pelengkap yang bermanfaat bagi pasien gagal jantung,” tambahnya.

Lebih dari 64 juta orang di dunia menderita gagal jantung yang tentu saja berdampak pada kualitas hidup yang semakin menurun, seperti kelelahan, sesak napas, dan ketidakmampuan untuk beraktifitas dalam aktifitas biasa sehari-hari adalah gejala umum yang sering ditemukan.

Sebelumnya, beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat jangka pendek dari yoga pada pasien gagal jantung, sedangkan penelitian ini akan mengungkapkan efek jangka panjangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Penelitian

Penelitian ini melibatkan pasien yang berusia antara 30 hingga 70 tahun dengan gagal jantung dari departemen rawat jalan kardiologi Rumah Sakit Kasturba di Manipal, India.

Mereka yang ikut serta dalam penelitian ini telah menjalani prosedur jantung dalam waktu enam bulan hingga satu tahun terakhir. Mereka mengikuti anjuran yang disarankan oleh dokter dalam hal pengobatan.

Pasien yang mengalami gejala yang parah tidak diikutsertakan. Dari 85 peserta, 40 orang ditugaskan ke kelompok yang berlatih yoga, sedangkan 45 pasien dialokasikan ke kelompok kontrol. 

Usia mereka adalah 49 tahun dan 70 tahun, di mana 82% di antaranya adalah laki-laki.

Selama penelitian, semua pasien tetap mengonsumsi obat gagal jantung yang direkomendasikan oleh dokter.

Pada pemeriksaan awal selama enam bulan, dan satu tahun, para peneliti memeriksa struktur dan fungsi jantung pada kedua kelompok penelitian.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa kelompok yang melakukan yoga menunjukkan kemajuan yang signifikan di semua bidang pada enam bulan dan satu tahun dari kondisi awal dibandingkan dengan kelompok kontrol.

"Pasien yang melakukan yoga memiliki jantung yang lebih sehat dan lebih mampu melakukan aktivitas biasa seperti berjalan dan menaiki tangga daripada mereka yang hanya minum obat.

3 dari 4 halaman

Perlu Anjuran Dokter

Untuk melakukan yoga sebagai terapi tambahan, Pasien harus berkonsultasi lebih dulu kepada dokter mereka untuk langkah yang lebih tepat.

“Pasien dengan gagal jantung harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum memulai yoga dan kemudian menerima pelatihan dari instruktur yang berpengalaman,” kata Dr Singh.

Dr Singh juga menjelaskan bahwa meskipun yoga bermanfaat bagi pasien gagal jantung, tetapi tidak semua kondisi pasien cocok untuk melakukan yoga.

"Obat-obatan yang diresepkan harus dilanjutkan seperti sebelumnya. Yoga mungkin tidak cocok untuk pasien gagal jantung dengan gejala yang parah, yang tidak termasuk dalam penelitian kami," 

4 dari 4 halaman

5 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Tubuh Bugar Luar Dalam

Yoga, selain bermanfaat untuk pasien gagal jantung juga memiliki segudang manfaat lainnya jika dilakukan secara rutin.  simak manfaat yoga untuk kesehatan fisik sekaligus mental, yang dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2019).

1. Kurangi nyeri sendi

Sebuah studi dalam Rheumatic Disease Clinics of North America pada tahun 2011 menyatakan bahwa berlatih yoga dua kali seminggu bisa membantu meringankan bengkak dan sakit sendi yang diderita oleh seseorang.

2. Melatih otot

Manfaat yoga yang kedua adalah melatih otot tubuh. Tak seperti olahraga kebanyakan, yoga dapat meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel otot, yang pada gilirannya, membantu untuk menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sirkulasi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Menurunkan berat badan

Manfaat yoga selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan sangat penting untuk melindungi penderita diabetes tipe 2 untuk mencegah komplikasi seperti kanker dan penyakit jantung.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu cara untuk menjaga kekebalan tubuh adalah dengan olahraga yoga. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa wanita yang melakukan yoga selama 35 menit setiap hari selama 12 minggu berturut-turut akan mengalami peningkatan imunitas atau kekebalan tubuh.

5. Memperlancar aliran darah

Memastikan aliran darah lancar adalah kunci penting untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Untuk penderita darah tinggi, sangat disarankan untuk melakukan olahraga yoga minimal 45 menit setiap pagi atau sore hari. Dengan olahraga yoga, pikiran akan lebih rileks dan aliran darah bisa lebih lancar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat