uefau17.com

6 Hoaks Sepekan, dari Seputar Politik sampai Pembagian Hadiah - Cek Fakta

, Jakarta - Peredaran hoaks di media sosial semakin beragam, kondisi ini perlu diwaspadai agar kita tidak terpengaruh oleh informasi palsu tersebut.

Cek Fakta pun telah mendapati sejumlah hoaks yang beredar di media sosial, mulai dari seputar politik hingga pembagian hadiah.

Berikut kumpulan hoaks terkini yang beredar dalam sepekan.

1. Video Ganjar Pranowo Sedang Konsumsi Minuman Beralkohol

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Ganjar Pranowo sedang mengonsumsi minuman alkohol. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 17 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 50 detik dengan gambar Ganjar Pranowo sedang mengonsumsi minuman dalam botol. Postingan itu disertai narasi:

"Wah Pak Ganjar Minum Apa Tuh!? Es Teh Manis Yaa Itu. Tadinya saya fikir cuman suka film bokep doank ternyata suka mabok juga"

Akun tersebut menambahkan narasi "Hebat pak Ganjar Pranowo minumnya ES teh manis yg di permentasi Ribuan Tahun"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Ganjar Pranowo sedang mengonsumsi minuman alkohol? Simak hasil penelusurannya di sini....

 

2. Menkes Budi Gunadi Sadikin Umumkan Penemuan Produk Penurun Berat Badan

Cek Fakta mendapati klaim video Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan penemuan produk penurun berat badan. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Juli 2023.

Unggahan klaim video Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan penemuan produk penurun berat badan menampilkan Budi Gunadi sedang berbicara diiringi dengan narasi suara sebagai berikut.

"Halo saya Budi Gunadi Saya ingin memberitahukan kepada anda sebuah rahasia penting yang saya pelajari belum lama ini tapi saya terkejut bahwa kita bisa melakukan hal ini.

Dr Gaga Irawan Nugraha telah menemukan sebuah formula inovatif yang dapat membantu anda menurunkan berat badan berlebih untuk selamanya.

Duta dari formula ini adalah seorang tokoh populer Okky Lukman dia membuktikan bahwa ini akan dan tanpa efek samping negatif yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah pergi ketakutan di bawah ini dan membaca dan memesan formula ini hanya anda yang melihat video saya dan himbauan saya buka tautan di bawah ini dan Klik tombol biru atau tombol baca lebih lanjut."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Saya telah mempelajari informasi ini di situs ini dan itu mengejutkan saya, berapa banyak orang yang akan terbantu oleh produk ini, hanya tujuh hari untuk menghilangkan kelebihan berat badan tanpa mengganggu dan tanpa efek samping, ikuti tautannya dan klik tombol info lebih lanjut."

Benarkah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan penemuan produk penurun berat badan? Simak hasil penelusuran Cek Fakta simak hasil penelusurannya di sini...

 

3. Video Penyambutan Anies Baswedan oleh Masyarakat Kaltim

Cek Fakta mendapati klaim video penyambutan masyarakat Kalimantan Timur atas kehadiran Anies Baswedan, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 20 Juli 2023.

Unggahan klaim video penyambutan Anies Baswedan oleh masyarakat Kalimantan Timur menampilkan sejumlah orang memadati ruangan terbuka sambil menyanyikan lagu berjudul Indonesia Pusaka diiringi kibaran bendara yang dilakukan beberapa orang, dalam video juga terlihat panggung, mobil pemadam kebakaran dan sejumlah kendaraan bermotor.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Penyambutan Masyarakat Kalimantan Timur yang menginginkan perubahan atas kehadiran Anis Baswedan di daerahnya membludak"

Benarkah klaim video penyambutan Anies Baswedan oleh masyarakat Kalimantan Timur? Simak hasil penelusuran Cek Fakta dalam halaman berikut ini...

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

4. Foto Bus Tim PSSI U-17

Penelusuran klaim foto bus tim PSSI U-17

Cek Fakta mendapati klaim foto bus tim PSSI U-17, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 9 Juli 2023.

Unggahan klaim foto bus tim PSSI U-17 menapilkan sebuah bus tingkat tiga yang sedang terparkir di jalan. Pada bus tersebut terdapat tulisan "SoundTransit".

Bus tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Bus squad tim PSSI U-17, tingginya 9 meter, ga bisa masuk ke JIS. Makanya JIS kudu direnovasi total! 😂😂😂"

Benarkah klaim foto bus tim PSSI U-17? Simak hasil penelusuran Cek Fakta dalam halaman berikut ini.....

 

5. Pembagian Mobil Toyota Fortuner dengan Tebak Angka di Facebook

Beredar di media sosial postingan yang menyebut ada pembagian Toyota Fortuner hanya dengan menebak angka di Facebook. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 20 Juli 2023.

Berikut isi postingannya:

"Sejauh ini, belum ada yang menemukan nomor lain selain 3694, dan belum ada pemenang baru untuk Toyota Fortuner 2023 Masih ada 1 angka lagi untuk menang."

Hingga saat ini postingan itu telah dilihat lebih dari 984 ribu kali dan mendapat 512 likes dan 4,9 ribu komentar.

Lalu benarkah postingan yang menyebut ada pembagian Toyota Fortuner hanya dengan menebak angka di Facebook? Simak hasil penelusurannya di sini....

 

6. Video Ribuan Santri Bakar Al Zaytun hingga Rata dengan Tanah

Cek Fakta mendapati klaim video ribuan santri bakar Al Zaytun hingga rata dengan tanah, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Juli 2023.

klaim video ribuan santri bakar Al Zaytun hingga rata dengan tanah menampilkan sejumlah tayangan, diawalai dengan narasi sebagai berikut.

"Makin panas santri Jawa Timur turun gunug siap bakar Al Zaytun kalau tidak kejelasan dari pemerintah."

Kemudian dilanjutkan dengan pernyataan seorang lelaki dengan narasi sebagai berikut.

"Saya akan membuktikan bahwa pimpinan pondok pesantren al-zaytun Panji Gumilang memang sesat dan menyesatkan sekarang saya buktikan agar saya tidak di tuduh menuduh orang tanpa bukti Buktinya adalah dalam pernyataannya.

Dia mengatakan memberikan alasan kenapa dia merenggangkan salat jamaah idulfitri itu karena alasannya adalah berpatokan ke dalam surat Quran surat al-mujadalah ayat 11 yang berbunyi saya bacakan ya ayyuhalladzina amanu idza qilalakum tafassahu Wahai orang-orang yang beriman jika kalian diperintahkan untuk berlapang-lapang ber longgar longgar atau berlapang-lapang fil majalisi dalam majelis jadi Disini yang jelas adalah dalam majelis dan ditambah dalam tafsirnya majelis Zikri dalam majelis nabi atau Majelis Dzikir begitu Bukan dalam salat jamaah buka salat berjamaah Bukan bukan dalam salat idulfitri akan tetapi fil majalisi dalam majelis, anak kecil di sini paham seenak jidat menafsirkan Alquran bahwa penafsiran seperti itu adalah penafsiran yang sesat dan menyesatkan.

Hal ini kalau dibiarin dia akan tambah merusak tatanan tatanan aqidah dan ajaran ajaran Islam di Indonesia."

Kemudian tayangan dilanjutkan dengan menampilkan seorang yang sedang berbicara sebagai berikut.

"Panji Gumilang sudah jelas murtad, murtadnya Panji Gumilang kata Ustaz nya dari Jawa Timur ini dengan 2 poin itu murtad kauli murtad secara perkataan yang kedua murtad aqidah murtad secara keyakinan, sudah jelas-jelas dan kata beliau jangan sampai nanti santri dari Jawa Timur akan membakar pondok pesantren al-zaytun, dengan tegas beliau mengatakan itu dan jelas mengatakan menyampaikan bahwa Panji Gumiliang sudah termasuk kategori muttad secara perkataan dan secara akidah bagaimana percepat proses itu."

Dalam video juga terdapat narasi suara sebagai berikut.

"Gawat santri Jawa Timur mulai turun gunung menyuarakan protes kesesatan serta penyimpangan oleh Panji Gumilang dan siap membakar Pondok Pesantren atau Ponpes al-zaytun. gelombang menyatakan protes dilakukan para santri di seluruh tanah air Indonesia.

Kini santri Jawa Timur pun turun gunung menyuarakan protes kepada pemerintah dan menyatakan siap membakar Al Zaytun jika perkara yang tengah dihadapi tak kunjung diselesaikan. hal itu disampaikan dikutip dari channel YouTube Darul Hadits diunggah pada senin 17 Juli 2023, yang mana perkataannya meredakan Islam ujar santri tersebut. Dalam video berdurasi kurang dari 4 menit tersebut santri Jawa Timur itu juga menjelaskan bahwa sudah melakukan syariah dan Aqidah Islam tanya disitu santri Jawa Timur itu juga mengungkapkan jika perkataan Panji Gumilang telah merendahkan Alquran dan meremehkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, perkataanya sudah merendahkan nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam lebih lanjut dirinya pun mengingatkan agar kiranya bisa meluruskan jangan saling menghargai sesama aqidah meskipun berbeda pemahaman dan keyakinan karena dirinya menilai umat Islam selama ini sudah cukup sabar dan toleransi antar umat agama. Namun hal ini terus dibiarkan dikawatirkan santri dan masyarakat Jawa Timur akan berbuat dengan caranya sendiri dan umat Islam Jawa Timur yaitu cetusnya, untuk itu tersebut menegaskan agar pemerintah mengambil langkah tegas untuk menindaklanjuti zaitun sebelum kelompok umat Islam semakin banyak dan marah kami minta agar segera ditindaklanjuti dan ada kejelasan mengenai kasus al-zaytun dan Panji Gumilang tutupnya

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"RIBUAN SANTRI TURUN GUNUNG B4K4R AL ZAYTUN HINGGA RATA DGN TANAH.."

Benarkah klaim video ribuan santri bakar Al Zaytun hingga rata dengan tanah? Simak hasil penelusuran Cek Fakta dalam halaman berikut ini....

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat