uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Ini Foto Bus Tim PSSI U-17 - Cek Fakta

, Jakarta - Cek Fakta mendapati klaim foto bus tim PSSI U-17, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 9 Juli 2023.

Unggahan klaim foto bus tim PSSI U-17 menapilkan sebuah bus tingkat tiga yang sedang terparkir di jalan. Pada bus tersebut terdapat tulisan "SoundTransit".

Bus tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Bus squad tim PSSI U-17, tingginya 9 meter, ga bisa masuk ke JIS. Makanya JIS kudu direnovasi total! 😂😂😂"

Benarkah klaim foto bus tim PSSI U-17? Simak penelusuran Cek Fakta .

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim foto bus tim PSSI U-17, dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

<p>Cek Fakta  menelusuri klaim foto bus tim PSSI U-17</p>

 

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs yang memuat foto yang identik dengan klaim.

Salah satunya artikel berjudul "April Fool’s Day in Seattle: Sound Transit’s triple-decker bus and that time the Space Needle collapsed" yang dimuat situs Seattletimes.com, pada 1 April 2018.

Artikel tersebut mencantumkan sumber dari operator angkutan umum yang melayani wilayah metropolitan Seattle di negara bagian Washington, AS, Sound Transit’s dengan tipe “triple-decker” bus. 

Artikel Seattletimes.com juga menyertakan akun Instagram resmi @soundtransit.

<p>Penelusuran klaim foto bus tim PSSI U-17</p>

Berikut keterangan dari unggahan foto akun Instagram @soundtransit.

"R&D teams making good progress on our new triple-decker prototype bus.".

Penelusuran juga mengarah pada artikel "Arya Sinulingga Sebut Bus PSSI Tinggi, Hingga Tak Bisa Masuk Stadion JIS, Kocak: Netizen Munculkan Bus Tingkat Empat" yang dimuat situs heloindonesia.com.

Artikel heloindonesia.com tersebut menyebutkan, foto-foto bis bertingkat, bahkan sampai tingkat empat, sehingga tidak bisa masuk ke Stadion JIS.

Hal tersebut dilatarbelakangi perdebatan antara Geisz Khalifaf dengan Arya Sinulangga, anggota Exco PSSI, di acara ILC yang dipandu wartawan senior Karni Ilyas. Perdebatan ini terkait pernyataan Ketua PSSI yang mengatakan bahwa bus untuk drop out pemain tidak bisa masuk ke Stadion JIS.

Sumber

https://www.seattletimes.com/seattle-news/april-fools-day-in-seattle-sound-transits-triple-decker-bus-and-that-time-the-space-needle-collapsed/

https://www.instagram.com/p/BhCIhzvnNHv/?utm_source=ig_embed&ig_rid=16d3b0cc-a793-4c90-8930-b0615069da35

https://heloindonesia.com/olahraga/5353/arya-sinulingga-sebut-bus-pssi-tinggi-hingga-tak-bisa-masuk-stadion-jis-kocak-netizen-munculkan-bus-tingkat-empat

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim foto bus tim PSSI U-17 tidak benar.

Foto tersebut merupakan prototype bus tiga tingkat milik operator angkutan umum yang melayani wilayah metropolitan Seattle di negara bagian Washington, AS.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat