uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Video Ini Anak Yatim Korban Perang Gaza Tiba di Indonesia - Cek Fakta

, Jakarta- Cek Fakta mendapat klaim video anak yatim korban perang Gaza tiba di Indonesia, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 25 Juni 2024.

Unggahan klaim video anak yatim korbang perang Gaza tiba di Indonesia menampilkan sejumlah anak sedang berada di ruangan dan mengantre untuk mengambil makanan, selain itu juga ada sebagian anak yang sedang makan di meja.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Alhamdulillah,lebih kurang 100 org lebih anak yatim korban perang Gaza,,telah tiba di indonesia,,mereka telah diselamatkan , dideportasi ke indonesia ,berkat kerjasama dgn kedutaan indonesia di perbatasan palestina dgn mesir,dan yordania,,alhamdulillah,,masing2 mrk akan punya ayah angkat dan ibu angkat di indonesia,,sesampainya di bandara,mrk langsung di bawa nginap di htotel bintang.4 selama 3 hari,,utk menghibur dan menghilangkan trauma mrk,,alhamdulillah mudah2an mrk bisa jd org sukses di indonesia,,dan berbakti kpd ke org tua angkat mrk,,amin2 ya rabbal alamin 🤲

Semoga Menjadi ladang Amal Jariyah Umat Islam yg menolong anak yatim piatu 🤲"

Benarkah klaim video anak yatim korban perang Gaza tiba di Indonesia? Simak penelusuran Cek Fakta .

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim video anak yatim korban perang Gaza tiba di Indonesia, dengan memperhatikan video tersebut, dalam video terdapat logo dan nama lembaga kemanusiaan Golden Future Indonesia.

Penelusuran dilanjutkan dengan mengunjungi akun Instagram resmi Golden Future Indonesia @goldenfutureindonesia .

Dalam akun Instagram @goldenfutureindonesia terdapat unggahan bersama akun Instagram @kristinawatihidajat, pada 25 Juni 2024 yang membahas video yang dijadikan klaim.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Kenapa Berita Tidak Benar Cepat Sekali Beredar ??

Klarifikasi dari saya ini semoga bisa segera cepat beredar sebagai counter back berita yang tidak benar

Tiba tiba dari kemarin malam banyak yg menanyakan kebenaran tulisan dari seorang umahat dengan Video saya bersama anak anak dari Palestina.Disana dikatakan kalau kami membawa anak anak Palestina tersebut ke Indonesia dan membahagiakan mereka di hotel berbintang serta akan mencarikan mereka orang tua asuh, bahkan dikatakan pula mereka di deportasi dari negaranya ( 🤣🤣🤣) ke Indonesia.

*Ini adalah Klarifikasi dari Saya*:Berita tersebut *TIDAK BENAR*Ntah sedang mimpi indah apa beliau, kok bisa bisanya merubah caption saya dengan narasi sendiri dengan mimpi mimpi indahnya.Mari kita aminkan saja semoga Allah mampukan kita untuk mewujudkannyaMeskipun indah tapi dusta tetaplah dusta bukan ?Wahai ibu...siapapun anda tobatlah untuk menyebarkan hoax dan berita tidak benar meskipun isi beritanya adalah cita cita semua orang yang beriman

Yang benar adalah, saat saya di video itu sedang berada di Kemp Pengungsi Palestina Irbid, tepatnya di Perbatasan Bumi Syam Suriah dan JordaniaSaya dan team sedang membuat Dapur Umum dan Pembagian sedekah Daging Serta bagi bagi hadiah lebaran untuk penduduk Camp yang mayoritas adalah para janda syuhada dan ratusan anak yatim Palestina.Tepatnya pada hari Tasrik Idul Adha 19 Juni 2024Semua kegiatan dilakukan di Kemp Palestina Irbid di Perbatasan Jordan dan Suriah, bukan di Indonesia apalagi dibawa ke hotel berbintang di Tanah Air kita

Demikian klarifikasi dari saya, semoga Allah jaga lisan dan tulisan kita dari pedihnya hisab di yaumul hisab kelak

Barrakallahu FiekumPresiden Of Golden Future Indonesia*Kristinawati Hidajat*

#stophoax #viral #fypシ #share #help #need #kids #women #love #stopwar #stop"

Akun Instagram @goldenfutureindonesia dan @kristinawatihidajat kembali mengunggah keterangan yang terkait dengan video tersebut, berikut keterangannya.

"Stop Hoax !!

hari-hari ini tersebar video yang berisi anggapan bahwa saya telah membawa 100 anak-anak P4lestina ke Indonesia, padahal dalam video itu saya bersama anak-anak sedang makan di Kemp Pengungsi P4lestina Irbid, tepatnya di Perbatasan Bumi Syam Suriah dan Jordania.

Entah apa yang dipikirkan orang yang memlintir video ini, yang jelas berita itu adalah bohong."

Sumber:

https://www.instagram.com/p/C8nm-_ryxWK/?hl=en

https://www.instagram.com/p/C8qnmLKJiKR/?hl=en

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim video anak yatim korban perang Gaza tiba di Indonesia tidak benar.

Dalam video itu anak-anak sedang makan di Kemp Pengungsi P4lestina Irbid, tepatnya di Perbatasan Bumi Syam Suriah dan Jordania.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat