uefau17.com

Kirim 29 Atlet ke Olimpiade Paris 2024, Menpora Beber Persiapan Kontingen Indonesia Jelang Keberangkatan - Bola

, Jakarta - Kontingen Indonesia resmi menempatkan total 29 atlet dari 12 cabang olahraga untuk mengikuti perhelatan Olimpiade Paris 2024 yang dimulai pada 26 Juli mendatang.

Jumlah ini meningkat cukup signifikan dibanding edisi 2020 Tokyo dan menjadi yang terbanyak kedua setelah Olimpiade 2004, di mana Merah Putih kala itu sanggup menempatkan 38 wakil dari 14 cabor untuk berkompetisi di Athena.

Adapun kontingen Indonesia sendiri semula nyaris berangkat dengan hanya berkekuatan 27 penggawa. Akan tetapi, duo atlet renang Joe Aditya dan Azzahra Permatahani berhasil melengkapi daftar atlet Merah Putih menjadi 29 orang di Olimpiade Paris 2024.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo pun mengungkap persiapan para penggawa jelang berangkat mengikuti ajang olahraga multievent terakbar dunia. Dia mengeklaim masih secara intens berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait demi memastikan wakil dari seluruh cabor tak menghadapi kendala menuju Olimpiade.

"Kebetulan kemarin siang saya bertemu Bapak Presiden di Istana Bogor, saya sudah melaporkan bahwa Alhamdulillah dalam Olimpiade 2024 ini, kita meloloskan atlet yang jumlahnya terbanyak dalam 20 tahun. Di edisi 2004 kalau tidak salah lebih banyak (perwakilannya)," papar Menpora dalam konferensi pers peluncuran jersey di bilangan Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2024).

"Tetapi setelah 20 tahun kita, kembali (mengirim) 29 (wakil). Walaupun memang ekspektasi jumlah pengiriman atlet badminton menurun, Alhamdulillah banyak kejutan di cabor-cabor lainnya."

"Persiapan, seperti biasa sejak awal tahun kami intens dengan Pokja persiapan Olimpiade di seluruh cabang olahraga, bersama NOC juga. Pelatnas-pelatnas intensif dan atlet-atlet juga sudah banyak yang dikirim training center di luar negeri," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Komprehensif

Lebih lanjut, Dito Ariotedjo juga menilai persiapan kontingen Merah Putih sejauh ini sudah komprehensif. Dia berharap dukungan yang terus mengalir kepada pasukan Indonesia dapat mendorong para atlet untuk mencetak prestasi di Olimpiade Paris 2024.

"Saya rasa persiapan, baik dari fisik, mental, sampai sports science-nya sudah komprehensif semuanya," papar Menpora kepada awak media.

"Semoga ditambah dengan support seperti hari ini (saat peluncuran jersey), bisa menjaga seluruh mental atlet dan ofisial supaya bisa bertanding di Paris nanti dengan jiwa yang siap, fisik yang kuat, dan mental untuk membawa medali kembali ke Tanah Air," tandasnya

3 dari 4 halaman

Harapkan Emas dari Cabor Selain Badminton

Terlepas dari persiapan, CdM Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 Anindya Bakrie mengungkap optimisme pihaknya terkait potensi sejumlah cabang olahraga mendulang medali.

Di samping badminton yang selalu berperan menjaga tradisi emas, Anin menilai panjat tebing dan angkat besi juga punya prospek bagus mengukir prestasi.

"Di beberapa cabang, kita punya potensi lebih. Misalnya badminton selama ini selalu mendapat emas. Siapa tahu juga dari sports climbing, angkat besi (bisa ikut menyumbang medali)," ucap Anindya Bakrie.

"Namun bukan hanya 3 ini saja, ada juga gymnastic, balap sepeda, judo, selancar. Jadi kita harus berbangga," tambah CdM kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024.

4 dari 4 halaman

Daftar 29 Atlet Indonesia untuk Olimpiade Paris

  1. Lalu Muhammad Zohri (Atletik)
  2. Eko Yuli Irawan (Angkat Besi)
  3. Rizki Juniansyah (Angkat Besi)
  4. Nurul Akmal (Angkat Besi)
  5. Bernard Benyamin van Aert (Balap Sepeda)
  6. Jonatan Christie (Bulutangkis)
  7. Anthony Sinisuka Ginting (Bulutangkis)
  8. Gregoria Mariska Tunjung (Bulutangkis)
  9. Fajar Alfian (Bulutangkis)
  10. Muhammad Rian Ardianto (Bulutangkis)
  11. Apriyani Rahayu (Bulutangkis)
  12. Siti Fadia Silva Ramadhanti (Bulutangkis)
  13. Rinov Rivaldy (Bulutangkis)
  14. Pitha Haningtyas Mentari (Bulutangkis)
  15. La Memo (Dayung)
  16. Maryam March Maharani (Judo)
  17. Fathur Gustafian (Menembak)
  18. Arif Dwi Pangestu (Panahan)
  19. Diananda Choirunisa (Panahan)
  20. Rezza Octavia (Panahan)
  21. Syifa Nur Afifah Kamal (Panahan)
  22. Desak Made Rita Kusuma Dewi (Panjat Tebing)
  23. Rahmad Adi Mulyono (Panjat Tebing)
  24. Raji'ah Sallsabilah (Panjat Tebing)
  25. Veddriq Leonardo (Panjat Tebing)
  26. Joe Aditya W. Kurniawan (Renang)
  27. Azzahra Permatahani (Renang)
  28. Rio Waida (Selancar Ombak)
  29. Rifda Irfanaluthfi (Senam Artistik)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat