uefau17.com

Hasil SEA V League 2023: Comeback Dramatis dan Bungkam Thailand, Timnas Voli Putra Indonesia Juara Seri Kedua - Bola

, Jakarta - Timnas voli putra Indonesia keluar sebagai juara pada seri kedua SEA V League 2023. Farhan Halim dan kawan-kawan memastikan titel usai mengalahkan Thailand pada partai pamungkas.

Sempat tertinggal, Indonesia melakukan comeback untuk berjaya 3-2 (25-27, 20-25, 25-21, 25-21, 15-9) di Santa Rosa Sports Complex, Manila, Minggu (30/7/2023).

Timnas voli putra Indonesia, yang diwakili juara Proliga 2023 Jakarta LavAni Allo Bank, pun menyapu bersih seluruh lawan seperti seri pertama yang berlangsung pekan lalu. Gelar diraih setelah meraih kemenangan atas Thailand di laga pamungkas SEA V League 2023.

Jalan Pertandingan

Timnas Indonesia memainkan set pertama dengan cukup bagus. Smash keras Dimas Saputra membuat Indonesia unggul 5-3. Aksi saling kejar poin terjadi hingga Thailand mampu membalikkan keadaan pada poin-poin terakhir. Smash Muhammad Malizi yang terlalu kencang membuat bola keluar dari lapangan sehingga memberikan keuntungan bagi tim Negeri Gajah Putih untuk meraih set pembuka tersebut.

Memasuki set kedua, kedua tim masih saling kejar poin hingga imbang 5-5. Setelah itu, Indonesia gagal menghalau spike keras dan melakukan kesalahan seperti gagal serve sampai membuat tim lawan unggul 8-5.

Permainan Indonesia pada set kedua yang kurang rapi membuat Thailand mampu unggul jauh 13-7 hingga 19-11. Indonesia kemudian perlahan bangkit dengan smash Boy Arnez yang beberapa kali menghasilkan poin untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 17-21. Namun, Indonesia yang telat panas harus mengakui keunggulan Thailand di set kedua.

Memasuki set ketiga, Indonesia mengawali permainan dengan buruk sampai tertinggal 0-3  dan terus tertinggal namun perlahan mampu bangkit hingga menyamakan kedudukan menjadi 15-15. Momentum tersebut menjadi lecutan semangat bagi Indonesia untuk mengamankan lima poin berturut-turut dan membuat skor berubah menjadi 20-15.

Indonesia terus unggul untuk merebut set ketiga dan memperkecil kedudukan menjadi 1-2.

Pada set keempat, Indonesia mampu tampil mendominasi. Thailand pun berusaha mengejar, tapi Indonesia mampu terus unggul. Kegemilangan seperti yang ditorehkan di set ketiga berlanjut di set keempat dengan permainan yang terlihat lebih rapi dan minim kesalahan. Spike-spike keras tidak mampu dibendung oleh tim Thailand dan membuat Indonesia menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Pada set terakhir, Indonesia semakin mendominasi permainan dan terlihat semakin tenang. Ketenangan yang ditunjukkan pemain pun membuahkan hasil baik dengan memenangkan set penentuan sekaligus memastikan Indonesia menjuarai SEA V League seri kedua.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Hajar Filipina di Laga Kedua

Pada set pertama, Indonesia mampu membuka poin melalui spike mendatar dari Farhan Halim. Di technical time out kedua Indonesia harus tertinggal dari Filipina 14-16. Spike dari Boy Arnez mampu membawa Indonesia memenangi set pertama, 25-20.

Filipina sempat unggul 8-5 pada set kedua setelah Muhammad Malizi melakukan kesalahan serve.  Namun, spike dari Farhan Halim mampu bawa Indonesia bangkit dan mengamankan keunggulan 16-12 saat technical time out kedua.

Ttim asuhan pelatih Jiang Jie itu pun mampu menutup set kedua dengan kemenangan 25-22.

Indonesia tidak menurunkan tempo serangan dan mampu menutup technical time out pertama set penentuan dengan skor 8-4, sebelum mempertahankan keunggulan 16-13 pada jeda kedua.  Spike-spike cepat dari Farhan Halim dkk. menegaskan dominasi Indonesia sebelum menutup kemenangan dengan skor 25-20.

3 dari 3 halaman

Timnas Kalahkan Vietnam di Partai Pembuka

Pada laga pertama seri kedua, Indonesia membungkam Vietnam 3-1 (25-23, 21-25, 25-14, 25-23). Di set pertama, Farhan Halim dan kawan-kawan selalu unggul poin, tapi Vietnam berusaha mengejar. Lewat perjuangan keras, Timnas Voli Putra Indonesia akhirnya berhasil kalahkan Vietnam 25-23 pada set pertama.

Perubahan ritme permainan terjadi pada set kedua. Vietnam ogah memberikan Indonesia melenggang dengan kemenangan lagi. Kali ini, Timnas Voli Putra Indonesia kerap melakukan kesalahan sehingga membuat Vietnam unggul 25-21 dan membuat skor imbang 1-1.

Memasuki set ketiga, Indonesia ogah memberi angin kepada Vietnam. Hendra Kurniawan dan-kawan benar-benar pegang kendali permainan sejak awal laga.

Kejar-kejaran poin terjadi, tapi Indonesia melesat lewat 20-11. Vietnam tambah poin menjadi 14-24. Namun itu menjadi poin terakhir karena Timnas Voli Putra Indonesia mengunci kemenangan di set 3 dengan 25-14.

Di set keempat, kejar-kejaran poin tersaji di awal laga sehingga kedudukan sempat imbang 2-2. Tetapi, Timnas Voli Putra Indonesia buru-buru tancap gas setelah itu. Mereka bisa mendulang poin demi poin sehingga unggul dengan skor 8-5.

Setelah itu duel sengit tersaji. Kedua tim terus kejar-kejaran poin dari 15-15, 17-17, hingga 19-19. Tetapi, perlahan, timnas voli putra Indonesia bisa terlepas dari tekanan Vietnam dan unggul dengan skor 23-21. Mereka akhirnya menang dengan skor 25-23.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat