uefau17.com

Jepang Umumkan 26 Pemain untuk Piala Dunia 2022 Qatar, Mayoritas Lulusan Olimpiade Tokyo - Bola

, Jakarta - Pelatih Timnas Jepang Hajime Moriyasu mengumumkan daftar 26 pemain untuk Piala Dunia 2022 di Qatar. Ia menempatkan kepercayaannya pada pemain mapan, tetapi mencoret beberapa nama-nama top di kompetisi Eropa serta veteran Samurai Biru.

Pengumuman skuad Jepang untuk turnamen empat tahunan berlangsung Selasa (1/11/2022). Gelandang Genki Haraguchi dan pemain depan Yuya Osako yang tampil di Piala Dunia Rusia tidak masuk daftar.

Sebagai gantinya, Moriyasu memanggil sejumlah pemain dengan kurang dari 10 caps senior, termasuk pemain sayap Nagoya Grampus Yuki Soma, pemain depan Celtic Daizen Maeda, dan pemain depan Cercle Brugge Ayase Ueda.

Maeda dan Ueda termasuk dalam 13 pemain dalam skuad yang sebelumnya mewakili Jepang dalam kompetisi sepak bola putra di Olimpiade Tokyo 2020. 

"Saya tidak dapat memanggil semua orang yang menantikan Piala Dunia ini, tetapi saya berterima kasih dan menghormati semua orang yang telah menyatakan keinginannya untuk mewakili Jepang," kata Moriyasu dilansir dari Japan Times.

"Tidak peduli berapa banyak yang bisa kami pilih. Ada banyak pemain bagus. Kalaupun bisa memanggil 30 pemain, akan selalu ada keputusan sulit."

"Kami memilih pemain yang akan berada pada gelombang yang sama sebagai sebuah tim, yang akan dapat bergerak dan terhubung bersama, yang melalui organisasi dapat memanfaatkan kekuatan individu masing-masing," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tantangan Besar

Turnamen di Qatar dalam banyak hal akan menjadi tantangan terbesar Jepang di Piala Dunia, dengan mantan juara Jerman dan Spanyol serta perempat finalis 2014 Kosta Rika menunggu Samurai Biru di Grup E. 

Presiden Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) Kozo Tashima menekankan slogan tim nasional saat ini (A New Landscape) dalam mendorong tim untuk setidaknya mencapai delapan besar dalam partisipasi ketujuh sejarah beruntun di Piala Dunia. Hasil tersebut nantinya jadi modal untuk mewujudkan target besar jadi juara Piala Dunia 2050.

"Untuk mencapai lanskap baru ini, kami harus menang," kata Tashima. "Kami sangat senang memiliki kesempatan untuk menghadapi tim kuat seperti ini dalam kompetisi. Itu tidak akan mudah, tetapi pertama-tama kami harus melewati grup ini, keluar dari babak 16 besar dan ke perempat final, dan kami akan menghadapi tantangan ini bersama-sama," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Racikan Baru

Hanya enam pemain pilihan Jepang yang berpartisipasi dalam Piala Dunia 2018 di Rusia, termasuk kiper ketiga Eiji Kawashima, bek Yuto Nagatomo, Maya Yoshida dan Hiroki Sakai, dan gelandang Wataru Endo dan Gaku Shibasaki.

Nagatomo dan Yoshida adalah satu-satunya pemain dengan lebih dari 100 penampilan internasional, dengan Kawashima sedikit tertinggal dengan 95 penampilan.

Nagatomo, yang prestasinya pada edisi 2010 di Afrika Selatan membuatnya pindah dari FC Tokyo ke Cesena untuk meluncurkan karir 10 tahun di Eropa, terpilih untuk Piala Dunia keempatnya. Dia adalah salah satu dari sembilan pemain terpilih yang bermain di Liga Universitas Jepang sebelum menjadi profesional.

"Pengalaman pemain veteran itu penting, tetapi pemain muda memiliki ambisi besar ingin memenangkan Piala Dunia, dan itulah yang kami harapkan saat kami membuat pilihan," kata Moriyasu.

4 dari 5 halaman

Pilihan Tak Terduga

Trio berbasis Inggris yakni Yuta Nakayama (Huuddersfield Town), Takehiro Tomiyasu (Arsenal), dan Kaoru Mitoma (Brighton & Hove Albion) masuk skuad. Namun, striker andalan Celtic Kyogo Furuhashi justru menghilang.

Furuhashi kesulitan untuk meniru performa eksplosif klubnya dalam sistem Moriyasu. Hal serupa juga dialami oleh rekan setimnya Reo Hatate, yang tampil mengesankan di Liga Champions musim gugur ini.

Bagaimanapun, skuad ini tetap mencerminkan pertumbuhan pemain Jepang di Eropa. Sebanyak 20 dari 26 pemain tampil di Eropa, dengan hanya tiga yang tampil di J-League. Sebagai perbandingan, hanya empat pemain berbasis Eropa yang dipilih pada Piala Dunia 2010.

Sejumlah pemain Jepang saat ini sedang dalam pemulihan dari cedera, di antaranya bek Ko Itakura, gelandang Takefusa Kubo, dan penyerang Takuma Asano. Moriyasu mengatakan JFA telah mengirim staf medis ke Eropa dengan tujuan agar mereka siap saat pertandingan.

5 dari 5 halaman

Berikut Daftar 26 Pemain Jepang

Kiper: Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse), Daniel Schmidt (Sint-Truiden), Eiji Kawashima (Strasbourg)

Belakang: Miki Yamane (Kawasaki Frontale), Hiroki Sakai (Urawa Reds), Maya Yoshida (Schalke), Takehiro Tomiyasu (Arsenal), Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale), Ko Itakura (Borussia Monchengladbach), Hiroki Ito (Stuttgart), Yuto Nagatomo (FC Tokyo), Yuta Nakayama (Huddersfield)

Tengah: Wataru Endo (Stuttgart), Hidemasa Morita (Sporting CP), Ao Tanaka (Fortuna Dusseldorf), Gaku Shibasaki (Leganes), Kaoru Mitoma (Brighton & Hove Albion), Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt), Ritsu Doan (Freiburg), Junya Ito (Reims), Takumi Minamino (Monaco), Takefusa Kubo (Real Sociedad), Yuki Soma (Nagoya Grampus)

Penyerang: Daizen Maeda (Celtic), Takuma Asano (Bochum), Ayase Ueda (Cercle Brugge)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat