uefau17.com

Pasar Asia-Pasifik Menguat Jelang Rilis Data Ekonomi Jepang dan AS - Saham

, Jakarta Pasar Asia-Pasifik naik pada hari Jumat saat investor menilai data ekonomi kunci dari Jepang dan menunggu pembacaan inflasi AS yang akan dirilis nanti pada hari itu.

Dikutip dari CNBC, Jumat (28/6/2024), Yen Jepang saat ini masih berada di atas angka 160 terhadap dolar, terakhir di 160,68, setelah mencapai level terlemahnya terhadap dolar dalam 38 tahun pada hari Kamis.

Inflasi utama untuk kota Tokyo, ibu kota Jepang, meningkat menjadi 2,3% pada bulan Juni dari tahun sebelumnya, naik dari 2,2% pada bulan Mei. Tingkat inflasi inti — yang menghilangkan harga makanan segar — naik menjadi 2,1% dari 1,9% pada bulan Mei.

Data inflasi Tokyo secara luas dianggap sebagai indikator utama untuk tren nasional.

Produksi industri negara itu tumbuh 2,8% dari bulan ke bulan pada bulan Mei, mengalahkan ekspektasi sebesar 2% dari ekonom yang disurvei oleh Reuters. Secara tahunan, produksi industri naik 0,3%.

Kedua pembacaan ini akan memberi Jepang lebih banyak ruang untuk memperketat kebijakan moneternya pada saat mata uangnya jatuh ke level terendah dalam beberapa dekade.

Korea Selatan melihat penjualan ritelnya untuk bulan Mei turun 0,2% tahun ke tahun, penurunan yang lebih lembut dibandingkan dengan angka revisi bulan April sebesar 0,8%. Ini adalah pertama kalinya sejak Juli 2023 Korea Selatan mencatat penurunan selama dua bulan berturut-turut.

Nikkei 225 Jepang rebound 0,6% setelah data, sementara Topix yang berbasis luas naik 0,66%.

Kospi Korea Selatan naik sedikit, dan Kosdaq dengan kapitalisasi kecil diperdagangkan sedikit di atas garis datar.

S&P/ASX 200 Australia naik 0,63%.

Sebaliknya, futures indeks Hang Seng Hong Kong berada di 17.524, lebih rendah dari penutupan terakhir HSI di 17.716,47. Indeks tersebut mencapai level terendah dalam hampir dua bulan pada hari Kamis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indeks Saham AS

Semalam di AS, S&P 500 mencatatkan kenaikan tipis saat Wall Street menantikan data inflasi baru untuk menilai kapan Federal Reserve akan mulai menurunkan suku bunga.

AS diharapkan merilis ukuran inflasi pilihannya, indeks pengeluaran konsumsi pribadi, pada hari Jumat.

Indeks pasar luas ditutup sedikit lebih tinggi sebesar 0,09%. Nasdaq Composite menambahkan 0,30%, sementara Dow Jones Industrial Average naik 0,09%.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat