uefau17.com

Libur Sekolah di Bandara Soetta, Pergerakan Penumpang Naik hingga 183 Ribu - Bisnis

, Jakarta - Liburan sekolah ternyata menyumbang kenaikan penumpang sangat signifikan di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Tercatat pada Minggu, 30 Juni 2024, terdapat 183 ribu pergerakan penumpang, baik pergi ataupun datang di bandara tersibuk di Indonesia itu.

"Menurut data yang kami terima, jadi realisasi penumpang selama angkutan liburan sekolah ini mengalami peningkatan. Biasanya, rata-rata hanya 130 sampai 140 ribu per hari, saat ini kita berada di 150 ribu ke atas, dan tertinggi kemarin pada Minggu, 30 Juni 2024, traffic yang datang dan berangkat mencapai 183 ribu penumpang," ungkap  Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno Hatta, M Holik Muwardi, Selasa (2/7/2024).

APII melihat, di masa liburan sekolah selama Juni dan Juli ini peningkatan akan terus terjadi di Bandara Soekarno Hatta. Sehingga, bisa mendekati pada saat libur Lebaran pada April hingga Mei 2024.

“Memang kalau disandingkan dengan libur Lebaran tidak jauh berbeda angkanya, makanya kita berharap selama libur sekolah ini sampai bulan Juli pertengahan, penumpang bisa terus meningkat. Lalu, semua berjalan dengan baik dna lancar,” tuturnya.

Meski begitu, Holik juga mengatakan, untuk angka pergerakan pesawat sendiri masih di bawah 1.000 pesawat per hari. Dengan tujuan destinasi wisata favorit Bali dan Surabaya untuk tujuan domesik, serta Malaysia dan Singapura untuk tujuan internasional.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hadirkan Experience Liburan di Bandara Soekarno Hatta

Sementara, selama liburan sekolah ini hingga nanti hingga September 2024, AP II bekerjasama dengan Toys Kingdom untuk menghadirkan dua area play-ecperience di Terminal 3. Dua area ini berada di keberangkatan domestik dan keberangkatan internasional.

"Jadi, kalau mau berangkat sembari nunggu boarding pesawat, atau penumpang dianjurkan tiba di bandara lebih awal, sembari mencoba experience, merasakan liburan sedari di bandara,”kata Holik.

Di lain pihak, General Manager Marketing Communications Toys Kingdom, Ellen Widodo menjelaskan, kedua area play-experience ini adalah bentuk perpanjangan Toys Kingdom sebagai tempat penuh kebahagiaan, inspirasi, dan imajinasi.

"Kami menghadirkan berbagai aktivitas khususnya untuk anak-anak, seperti animatronic T-Rex yang interaktif, Hot Wheels Track sepanjang 16 meter yang seru, juga area free-to-play LEGO untuk mengasah imajinasi anak,”kata Ellen.

Seluruh aktivitas yang dihadirkan tidak hanya dibuat semenarik mungkin, namun juga masing-masing memiliki manfaat edukasinya. Harapannya, sambil anak-anak menikmati berbagai aktivitas yang menyenangkan, mereka juga mendapat manfaat edukasinya.

3 dari 4 halaman

Layanan Bus dan Taksi di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta Berubah, Hati-hati Kesasar

Sebelumnya, manajemen Bandara Soekarno Hatta, akan memindahkan layanan moda transportasi darat di Terminal 1. Kebijakan ini akan dilakukan pada Selasa, 11 Juni 2024.

Menurut SM of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M. Holik Muardi, pemindahan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan penumpang, memastikan bahwa setiap penumpang dapat menikmati perjalanan dengan lebih baik.

“Pemindahan layanan ini merupakan langkah strategis yang mencakup perubahan lokasi dan penyesuaian operasional yang direncanakan dengan cermat. Dalam upaya memastikan kelancaran proses ini, Bandara Soekarno-Hatta telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk meminimalkan dampak terhadap aktivitas penumpang,”ungkap Holik, Senin (10/6/2024).

Perubahan ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan dan mempercepat waktu layanan di beberapa titik krusial di Terminal 1. Dengan demikian, lingkungan bandara akan menjadi lebih tertib dan nyaman bagi semua pengguna jasa.

Adapun skemanya, seperti layanan bus, pindah dari shelter jalur secondary 1A ke shelter jalur secondary 1B. Lalu, layanan taksi regular, pindah dari jalur primary 1A, tepatnya di samping tangga anjungan, ke jalur secondary 1A. Ruang tunggu penumpang taksi akan berada di ex. Shelter Bus 1A.

 

4 dari 4 halaman

Layanan AJAP

“Sementara, untuk layanan AJAP, sementara waktu difasilitasi di secondary shelter 1A. Layanan Angkutan Sewa Khusus (ASK), selama pembangunan masjid di Terminal 1, layanan ASK akan pindah dari jalur primary ke ex. taksi di jalur primary. Setelah pembangunan mushollah selesai, layanan ASK akan pindah ke jalur secondary 1A dengan ruang tunggu di ex. mushollah 1A,”tutur Holik.

Adapun untuk membantu penumpang yang akan berangkat melalui Terminal 1, informasi mengenai perpindahan layanan juga akan dipublikasikan melalui digital banner, running text FIDS, dan media sosial.

Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan berbagai sarana dan prasarana pendukung untuk memfasilitasi pemindahan ini. Selain itu, penumpang juga akan dibantu oleh petugas di lapangan yang siap memberikan informasi dan arahan.

"Kami berharap dengan adanya pemindahan ini, para penumpang dapat merasakan peningkatan kualitas layanan yang signifikan, sesuai dengan komitmen kami untuk selalu memberikan yang terbaik" ujar Holik.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat