uefau17.com

Ulang Tahun ke-25 Google, Ini Momen Penting dalam Sejarah Raksasa Teknologi - Bisnis

, Jakarta - Google merayakan ulang tahun ke-25 pada Rabu, 27 September 2023. Seiring waktu berjalan, Google telah menjadi mesin pencarian yang sangat melekat di masyarakat meski artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan mengancam hal itu.

Dikutip dari laman Sky News ditulis Rabu (27/9/2023), seiring waktu berjalan Google pun telah menjadi salah satu merek paling terkenal di dunia setelah semua yang dilaluinya.

Induk usaha Google Alphabet masuk 10 besar perusahaan terbesar di dunia versi Forbes Global 2000. Induk usaha Google, Alphabet berada di posisi tujuh pada 2023. Berdasarkan data hingga Mei 2023, penjualan Alphabet tercatat USD 282,85 miliar dan laba USD 58,59 miliar.

Berikut 25 momen yang membantu Google mencapai posisinya saat ini, dikutip dari laman Sky news:

1.Launch Day (1998)

Pada 1996, ahli komputer Universitas Standford Larry Page dan Sergey Brin memimpinkan alat pencarian yang dapat mengatur situs web internet dengan lebih baik. Dua tahun kemudian proyek mereka diperhatikan oleh investor Andy Bechtolsheim yang memberi cek USD 100.000 atau sekitar Rp 1,55 miliar (asumsi kurs  dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.532).

Mereka memakai uang tunai itu untuk memulai sebuah kantor di garasi California milik temannya dan Susan Wojcicki yang akhirnya menjadi bos Youtube. Setelah membeli nama  domain Google.com, mereka mulai bekerja.

2.Mesin Uang (2000)

Pertumbuhan Google sangat pesat dan telah berpindah kantor beberapa kali pada 2000, saat itulah transformasi Google menjadi raksasa global benar-benar dimulai.

Setelah mendirikan kampusnya sendiri di Mountain View, California (wilayah Silicon Valley yang masih menjadi basisnya), perusahaan itu meluncurkan AdWords.

Hal ini memungkinkan pengiklan untuk membeli istilah pencarian yang mereka inginkan dan memulai mesin uang yang akan mengubah Google menjadi salah satu perusahaan terkaya di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tunjuk CEO hingga Bergabungnya Android

Google mengalami tahun yang besar di ruang rapat dan situs webnya pada 2001 dengan bos teknologi berpengalaman Eric Schmidt menunjuk kepala eksekutif dan salah satu pendirinya menjadi presiden perusahaan. Bagi pengguna, foto atau image ditambahkan ke hasil pencarian situs. Hal ini didorong oleh permintaan foto gaun yang dikenakan Jennifer Lopez di Grammy Awards pada 2000.

4.Dari Email ke Gmail (2004)

Secara umum, Anda boleh anggap remeh apa pun yang Anda lihat diumumkan online pada 1 April, tetapi pengumuman Google Gmail bukanlah lelucon.

Email gratis yang memiliki lebih dari 1,8 miliar pengguna bergabung dengan Google Autocomplete pada 2001. Hal itu membantu seseorang sempurnakan kueri penelusurannya.

Tidak puas dengan ubah cara kita bernavigasi di web, Google mulai mengubah cara kita bernavigasi di dunia nyata dengan Google Maps dan Google Earth. Pengembangan ini membuat siapapun yang memiliki komputer untuk menjelajahi belahan dunia yang jauh dalam 3D.

6.Bergabungnya Android (2005)

Tonggak sejarah lain pada 2005 yang layak mendapat tempat tersendiri dalam daftar ini adalah pembelian android oleh Google senilai USD 50 juta yang menurut sebagian orang merupakan salah satu momen paling penting dalam sejarah ponsel.

Ini adalah tulang punggung dari hampir semua  ponsel non-Apple dan mengalahkan pesaing seperti Microsoft dan Nokia untuk menjadi satu-satunya saingan nyata pembuat iPhone tersebut.

3 dari 6 halaman

Beli Youtube hingga Peluncuran Street View

7.Beli Youtube (2006)

Setahun kemudian, Google membeli signifikan Youtube senilai USD 1,65 miliar. Platform video paling banyak ditemui di internet telah menjadi tulang punggung ekonomi creator selama bertahun-tahun dan menciptakan generasi selebritas yang benar-benar baru.

8.Coba Masuk ke China (2006)

Salah satu tempat di mana Anda tak dapat menonton YouTube adalah China. China membatasi ketat terhadap apa yang dilihat warganya secara online.

Bukan berarti Google tidak berusaha membuat sistem ini berfungsi, dengan meluncurkan versi mesin pencarinya yang sangat disensor pada 2006 sebelum ditutup empat tahun kemudian setelah mendapatkan kritik dari politikus Amerika Serikat.

9.Masuk Kamus Oxford

Google ditambahkan ke kamus Bahasa Inggris Oxford pada 2006. Terdaftar sebagai kata kerja, kamus menyebutkan Google untuk memakai mesin pencari Google di internet. Untuk mencari informasi tentang seseorang atau sesuatu memakai mesin pencari Google.

10.Peluncuran Street View (2007)

Google Maps didukung oleh peluncuran Street view pada 2007 yang membuat perusahaan itu mengirimkan mobil dengan kamera besar yang dipasang di atas untuk mengambil gambar jalan-jalan di dunia. Anda mungkin pernah melihatnya selama bertahun-tahun dan mungkin muncul di Street View itu sendiri.

4 dari 6 halaman

Chrome hingga Google Glass

11.Chrome Jadi Browser Pilihan (2008)

Sama seperti Gmail yang telah menjadi email pilihan banyak orang, demikian juga Chrome sejak diluncurkan pada 2008. Dominasi pasarnya cukup berarti mengingat ini bukan opsi default pada PC Windows dan Apple Mac.

12.Ponsel pintar pertama Google (2010)

Lima tahun setelah membeli android, Google mulai membuat ponsel yang menjalankannya dengan Nexus. Ini dianggap sebagai pengalaman Android paling murni yang bisa Anda dapatkan, memberikan pembaruan cepat setiap kali versi terbaru.

13. Chrome OS (2011)

Nama Chrome terlepas dari browser web pada 2011 ketika Google mulai kerjakan sistem operasi komputer untuk saingin Windows dan macOS. Chrome OS telah jadi tulang punggung laptop Chromebook Google yang sangat populer di universitas dan sekolah.

14.Peluncuran Play Store (2012)

Google menjawab usai pembukaan Apple Store pada 2012 untuk gantikan android market. Waktunya ternyata tepat, karena pada tahun itu juga terjadi peluncuran game tertentu Candy Crush. Play store meraup pendapatan USD 42 miliar tahun lalu.

15.Google Glass (2012)

Google mungkin menjadi salah satu anak perusahaan terbesar di dunia. Namun, sejarahnya penuh dengan eksperimen yang gagal. Salah satu yang paling menonjol adalah Google Glass, kacamata berteknologi tinggi yang didukung augmented reality yang pertama kali dikenalkan pada 2012 dan dihentikan tiga tahun kemudian.

5 dari 6 halaman

Beli Perusahaan Riset AI hingga Dapat Denda

16.Beli Perusahaan Riset AI Asal Inggris (2014)

Hal ini memang tidak begitu menarik dibandingkan dengan pembelian YouTube atau android. Namun, Google yang mengambilalih perusahaan riset kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) asal Inggris, DeepMind kini terlihat cukup maju.  Ini menjadi kunci strategi Google yang berupaya bersaing dengan OpenAi dan Microsoft.

17.Tampilan Baru (2015)

Google mengalami perubahan besar pada 2015 dengan logo baru di seluruh mesin pencari dan produk lainnya. Ini juga merupakan tahun restrukturisasi besar-besaran, karena perusahaan itu membuat induk usaha Alphabet.

18. Bikin ponsel sendiri Pixel (2016)

Google mulai membuat ponsel sendiri dengan pixel yang menggantikan merek Nexus lama dan bergabung dengan speaker pintar yang baru diluncurkan Google Home.

19.Waymo (2016)

Proyek mobil tanpa pengemudi Google dipisahkan menjadi perusahaan bernama Waymo pada 2016 dengan tujuan menjadikan teknologi sebagai arus utama. Tujuh tahun berlalu dan armada taksinya beroperasi di jalanan San Francisco selama 24 jam meski terkadang ada masalah navigasi yang halangi lalu lintas dan bahkan menunda layanan darurat.

20.Uni Eropa Beri Denda (2017)

Politikus dan regulator telah mengambil sikap yang lebih keras terhadap teknologi besar dalam beberapa tahun terakhir dan Google telah menjadi contoh dalam beberapa kesempatan. Uni Eropa menjatuhkan denda 2,1 miliar pound sterling pada 2017 karena unggulkan layanan belanja mereka sendiri dalam hasil pencariannya.

6 dari 6 halaman

Dapat Denda Besar hingga Kembangkan Bard

21. Laba besar, tetapi denda besar lainnya (2018)

Alphabet melaporkan penjualan sebesar USD 100 miliar untuk pertama kali dalam sejarah Google pada 2018, sebagian besar berkat iklan.

Di sisi lain perseroan juga hadapi rekor denda lain dari Uni Eropa. Denda sebesar 3,8 miliar pound sterling seiring memaksa produsen ponsel Android untuk melakukan pra instal aplikasi Google.

22.Pendiri lepaskan kendali (2019)

Pendiri Page dan Brin melepaskan kendali atas Alphabet pada Desember 2019, dan menyerahkan kendali kepada CEO Sundar Pichai. Ia masih memimpin perusahaan dan merupakan salah satu bos perusahaan teknologi dengan bayaran tertinggi di dunia.

23.Kecerdasan buatan (2021)

Berbicara tentang AI atau kecerdasan buatan, pekerjaan Google di bidang ini menjadi berita utama pada 2021 saat seorang insinyur senior dipecat karena klaim chatbot perusahaan itu “hidup”. Perusahaan itu mengatakan kalau klaim Blake Lemoine tentang LaMDA atau model bahasa gaya GPT untuk terlibat dalam percakapan mirip manusia sepenuhnya tidak berdasar.

24. Kematian Stadia (2022)

Upaya Google masuk ke gim dengan layanan streaming bergaya Netflix bernama Stadia pada 2019. Namun, ia gagal bersaing dari platform PlayStation, Xbox dan Nintendo. Layanan Stadia ditutup pada 2022, dan bergabung dengan jajaran panjang produk Google seperti Google dan Google+.

25. Mengembangkan Bard (2023)

Pekerjaan internal Google pada LaMDA membuahkan hasil awal tahun ini dengan dirilisnya Bard. Peluncuran chatbot ini dilakukan dengan cepat menyusul kesuksesan ChatGPT Open AI dan menjadi bagian integral dari model bisnis Google terintegrasi ke dalam segala hal mulai dari gmail hingga dokumen. Apapun yang terjadi selanjutnya pada Google yaitu Bard, kecerdasan buatan yang akan menjadi kuncinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat