uefau17.com

11 Fitur Baru iOS 18 yang Wajib Diketahui Fans Apple, Lengkap dengan Tanggal Rilis - Tekno

, Jakarta - Apple baru saja mengumumkan sejumlah fitur baru yang akan hadir di iOS 18, iterasi terbaru dari OS di iPhone.

Diungkap dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024, iOS 18 membawa sejumlah fitur menarik meningkatkan personalisasi, konektivitas, dan kecerdasan buatan.

Dengan sejumlah fitur baru iOS 18 ini, Apple ingin menjadikan iPhone semakin cerdas dan personal bagi penggunanya.

Mari kita menyelami berbagai fitur baru yang dibawa iOS 18, dan bagaimana fitur-fitur tersebut dapat meningkatkan pengalaman pengguna iPhone.

1. Home Screen Lebih Personal

Akhirnya, kini tampilan iPhone kamu tidak akan sama lagi dengan teman, keluarga, atau rekan kerja yang menggunakan perangkat milik Apple tersebut.

Setelah 17 tahun, perusahaan akhirnya mengizinkan pengguna iPhone untuk mengubah tata letak dan warna ikon aplikasi.

Agar tetap tertata rapih, ikon aplikasi di HP Apple akan tetap terkunci pada kisi tidak terlihat. Namun, pengguna memiliki kebebasan untuk membuat spasi, kolom, dan baris kosong di antara ikon aplikasi.

Hal baru lainnya di Home Screen iOS 18 adalah ikon aplikasi kini dapat memiliki tampilan gelap atau berwarna.

Yup, Anda dapat mengatur ikon aplikasi agar muncul dalam mode gelap atau terang, atau ikon tersebut juga dapat secara otomatis beralih berdasarkan apakah Anda telah mengaktifkan Dark Mode di HP iPhone.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Ubah Kendali Lock Screen

Fitur Terbaru iOS 18 (Dok: Apple)

Pengguna iOS 18 kini dapat mengubah ikon di lock screen iPhone dengan hal lain, seperti Shortcuts, pemindai kode QR, Calculator, atau Dark Mode.

Sebagai tambahan, pengguna juga bisa menghilangkan ikon Senter di lock screen.

3. Kunci dan Sembunyikan Aplikasi

Salah satu pembaruan besar-besaran yang Apple perkenalkan di iOS 18 adalah fitur untuk mengunci aplikasi di iPhone.

Kini, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut menawarkan dua cara untuk melindungi aplikasi dan data sensitif ketika ada orang yang ingin pakai iPhone.

Pengguna bisa membuka aplikasi yang disembunyikan dan dikunci dengan menggunakan Face ID, Touch ID, atau passcode.

Saat mengaktifkan fitur baru ini, tidak ada informasi apa pun dari aplikasi muncul di tempat lainnya, termasuk Search, Siri, dan Notifikasi.

Dengan ini, pengguna dapat dengan tenang data atau informasi pribadi mereka akan bocor secara tidak sengaja.

3 dari 7 halaman

4. Control Center Didesain Ulang

<p>Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18, Punya Kamu Termasuk? (Doc: Apple)</p>

Update iOS 18 lainnya memperkenalkan pembaruan Control Center dengan grup kontrol baru, dan bisa swipe ke bawah untuk mengakses Control Center Screen berbeda.

Nanti akan muncul Control Gallery yang menampilkan semua opsi di satu tempat, termasuk kontrol baru Music, Home, dan aplikasi favorit.

Anda juga bisa memilih untuk mengatur ulang, mengubah ukuran kontrol, atau membuat kontrol grup Anda sendiri sehingga semua dibutuhkan dengan sekali usap.

5. Aplikasi Passwords Baru

Apple akhirnya merombak fitur keychain password ke aplikasi Passwords. Dengan aplikasi bawaan baru ini, pengguna iPhone dapat dengan mudah menyimpan passcode, password, passkeys, password Wi-Fi, dan lainnya di satu tempat.

Agar lebih aman, Apple mengklaim aplikasi ini sudah mendukung end-to-end encryption dan tersinkronisasi ke perangkat Apple lainnya.

Jadi, bila Anda mengubah passcode Netflix, X Twitter, atau Facebook di iPhone diubah, maka akan ter-update ke seluruh perangkat Apple, seperti iPad dan Mac.

4 dari 7 halaman

6. Aplikasi Photo Dirombok

<p>Apple Unjuk Kemampuan iOS 18, Simak Fitur Baru yang Bikin Pengguna iPhone Tercengang. (Doc: Apple)</p>

Tampilan aplikasi Foto dirombak habis-habisan, di mana kini pengguna dapat dengan mudah menemukan dan mengenang momen spesial.

Kini, pengguna iPhone dapat mengkategorikan foto sesuai keinginan dan cukup swipe ke kanan untuk melihat album favorit atau feature.

Aplikasi baru Photos juga akan memperkenalkan fitur Collections, yang secara otomatis mengelompokkan foto berdasarkan Recent Days, Trips, dan People & Pets.

7. RCS, Tapbacks, Efek Teks, dan iMessages

Aplikasi pesan milik Apple ini kini dilengkapi dengan efek teks baru, percakapan pun kini dapat menjadi lebih hidup dengan memperjelas huruf, kata, frasa, atau emoji apa pun dengan tampilan yang dinamis dan beranimasi.

Pengguna kini juga bisa mengirim pesan lewat koneksi satelit ke semua pengguna.

Pengguna juga bisa menjadwalkan kapan pesan dikirim, reaksi pesan dengan Tapbacks, dan menggunakan efek animasi ke masing-masing pesan, frasa, atau emoji.

Selain itu, iOS 18 akhirnya membawa RCS (Rich Communication Services) ke iPhone. Fitur iOS 18 ini akan semakin memuluskan komunikasi pengguna iPhone dan Android.

Tak hanya itu, pengguna iPhone 14 ke atas kini dapat mengirim pesan dengan konektivitas satelit.

5 dari 7 halaman

8. Rekam dan Transkrip Saat Nelepon

Ilustrasi iPhone (/ Agustin Setyo Wardani)

iOS 18 baru juga akan memperkenalkan fitur rekam saat menelepon. Nanti, Anda dapat mengaktifkan fitur merekam ini di iPhone langsung dari aplikasi Phone.

Fitur ini bisa menyala setelah melakukan atau menerima telepon. Agar lebih etis, seluruh partisipan akan mendapatkan notifikasi bila pembicaraan mereka sedang direkam.

Saat merekam panggilan, iPhone pengguna juga akan menawarkan fitur transkrip. Berbekal Apple Intelligence, pengguna nanti bisa minta dibuat ringkasan dari obrolan saat nelepon.

9. Fitur Baru di Safari

Safari mendapatkan serangkaian fitur dan peningkatan baru dengan iOS 18. Salah satunya fitur Highlights, di mana peramban ini akan mendeteksi informasi penting di laman web.

Misalnya, ringkasan, petunjuk arah, atau tautan cepat untuk mengetahui lebih banyak tentang orang, film, musik, dan acara TV.

Berikutnya adalah mode Reader lebih cerdas, dan kini di desain ulang sehingga menambah pengalaman membaca lebih baik dan juga menampilkan daftar isi untuk artikel lebih panjang.

6 dari 7 halaman

10. Game Mode

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max (Apple)

Sebagai seseorang yang gemar bermain game, Game Mode adalah salah satu fitur paling dinanti dan penasaran untuk dicoba.

Bagaimana tidak, ini akan menjadi langkah awal Apple untuk merambah dunia gaming dengan iOS 18.

Perusahaan menjelaskan, Game Mode akan meminimalkan aktivitas latar belakang untuk memberikan FPS konsisten sehingga gameplay lebih mulus.

Selain itu, ini akan mengurangi latensi audio dan memberikan respons lebih baik dengan kontrol game dan AirPods.

11. Native App Updates

Aplikasi Calculator mendapat pembaruan besar-besaran dengan kalkulator Math Notes, fitur fitur baru seperti konversi satuan dan riwayat, serta orientasi potret untuk kalkulator ilmiah.

iOS 18 Apple juga meningkatkan aplikasi Notes secara signifikan, dengan dukungan untuk merekam memo suara sengaja dimasukkan ke dalam Notes.

Selain itu, kini Anda dapat melakukan persamaan matematika yang lebih kompleks pada aplikasi Notes. Cukup masukkan masalah matematika dan itu akan diselesaikan saat mengetik.

Aplikasi Mail di iOS 18 secara otomatis mengurutkan email ke dalam kategori untuk membantu memprioritaskan pesan.

Apple Maps memperoleh Peta Topografi dengan jaringan jalan setapak dan pendakian, termasuk seluruh 63 taman nasional AS.

Selain itu, aplikasi Calender dan Journal juga mendapatkan peningkatan untuk pengguna iPhone dengan iOS 18.

7 dari 7 halaman

Kapan iOS 18 Dirilis?

<p>Apple bakal melengkapi iPhone 16 dengan tombol tambahan, fungsinya? (Doc: MacRumors)</p>

Rencananya, iOS 18 ini akan meluncur secara global pada September 2024 mendatang. Akan tetapi, bagi pengguna yang penasaran sudah bisa download iOS 18 versi Developer Beta pada 10 Juni dan lanjut ke Public Beta pada Juli mendatang.

Perangkat Dukung iOS 18

Lantas, iPhone mana saja yang akan mendapatkan pembaruan ke iOS 18? Simak daftar lengkapnya berikut ini.

  • iPhone XR
  • iPhone XS dan XS Max
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max
  • iPhone 12 dan 12 mini
  • iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max
  • iPhone 13 dan 13 mini
  • iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max
  • iPhone 14 dan 14 Plus
  • iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max
  • iPhone 15 dan 15 Plus
  • iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max
  • iPhone SE (2nd gen)
  • iPhone SE (3rd gen)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat