uefau17.com

12 Tips Atasi Baterai iPhone 14 Pro yang Dikeluhkan Cepat Drop - Tekno

, Jakarta - Sejumlah pengguna iPhone 14 dan iPhone 14 Pro mengeluhkan kondisi battery health perangkat mereka. Menurut informasi, para pengguna mengeluh, baterai smartphone iPhone 14 dan iPhone 14 Pro mereka berkurang banyak cukup banyak dalam kurang dari setahun.

Pengguna dengan akun Sam Kohl mengeluh di Twitter bahwa battery health iPhone 14 Pro miliknya berkurang mencapai 90 persen meski belum setahun dipakai. Pengguna lain ramai-ramai mengeluhkan hal serupa.

Sementara itu, berdasarkan Tom's Guide, sebagaimana dikutip Senin (14/8/2023), Apple belum berkomentar apa pun. Jadi, masih sulit diketahui apa yang membuat battery health iPhone 14 dan iPhone 14 Pro begitu cepat drop.

Salah satu pengguna, yakni jurnalis Wall Street Journal Joanna Stern datang ke Apple Store untuk menanyakan masalah ini. Adapun battery health iPhone-nya kini di angka 83 persen.

Namun menurut newsletter-nya, Stern berkata, seorang staf mengatakan, "baterai iPhone-nya menua dengan kecepatan normal untuk pengguna yang memakai ponsel dengan aktif."

Menggunakan sebuah aplikasi bernama Mac bernama Coconut Battery, Stern menyebut sudah mengisi daya ponselnya sebanyak 451 kali sejak pembelian. Angka tersebut tidak jauh dari prediksi Apple yakni 500 kali pengisian daya sebelum battery health mencapai 80 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Faktor-Faktor yang Pengaruhi Siklus Baterai

Namun ada hal lain yang mungkin memengaruhinya. Apalagi, iPhone 14 Pro merupakan perangkat Apple pertama yang memiliki fitur Always-on-Display, hal ini dinilai dapat membuat baterai berkurang lebih cepat.

Masih dari Tom's Guide, kondisi panas juga bisa membuat kapasitas baterai berkurang. Jadi, kemungkinan iPhone 14 Pro agak lebih panas dibandingkan model sebelumnya, bahkan dalam penggunaan reguler atau saat diisi daya dengan fast charging.

3 dari 4 halaman

Kemungkinan Disebabkan Berbagai Hal

Apa pun itu, masalah ini mungkin bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya, lebih sering mengisi daya baterai dapat membuat kinerja baterai lebih cepat drop dan lemah. Lemahnya baterai pun membuat pengguna untuk lebih sering isi daya, jadi masalah ini terus terjadi.

Karena masalah penurunan battery health dengan cepat ini belum ada informasi jelas penyebabnya, perlu diketahui kalau Apple mengizinkan pengguna untuk mengganti baterai iPhone mereka. Namun, harga untuk penggantian baterai iPhone 14 lebih mahal ketimbang model sebelumnya.

Jadi saat ini, kalau kamu merasa baterai iPhone 14 Pro kamu tidak lebih hemat dibandingkan versi sebelumnya, kamu tidak sendiri.

4 dari 4 halaman

Tips

Ada sejumlah tips untuk meningkatkan masa pakai baterai iPhone kamu:

  1. Aktifkan optimisasi pengisian daya (ada di Setting > Battery > Battery Health > Aktifkan Optimised Battery Charging ke on)
  2. Pergunakan mode konsumsi daya rendah (Setting > Battery > aktifkan Low Power Mode)
  3. Matikan fitur auto brightness (Setting > Accessibility > Display & Text Size) scroll ke bawah dan nonaktifkan Auto-Brightness)
  4. Aktifkan reduce motion (Buka Setting > Accessibility > Motion > aktifkan Reduce Motion)
  5. Batasi refresh rate di iPhone 13 Pro dan Pro Max serta iPhone 14 (Setting > Accessibility > Motion > aktifkan Limit Frame Rate)
  6. Matikan refresh background app (Setting > General > Pilih Background App Refresh > ketuk Background App Refresh > Ketuk Off > nonaktifkan Individual Apps).
  7. Batasi penggunaan layanan lokasi (Setting > Privacy > Pilih Location Services > pilih aplikasi > ketuk While Using the App)
  8. Nonaktifkan Wifi, Bluetooth, dan Airdrop
  9. Update iOS ke versi terbaru
  10. Hindari suhu ekstrim
  11. Hentikan menutup aplikasi
  12. Matikan haptics atau getaran keyboard.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat