uefau17.com

Ini Jajaran iPhone dan iPad yang Tidak Kebagian Update iOS 17, Ada iPhone X dan iPhone 8 - Tekno

, Jakarta - Dalam WWDC 2023 yang akan digelar bulan Juni mendatang, Apple akan mengumumkan iOS 17. Menjelang pengumuman tersebut, terdapat rumor baru yang mengklaim bahwa iOS 17 dan iPadOS 17 tidak akan lagi mendukung beberapa perangkat Apple versi lama. 

Rumor itu juga menyebut salah satu tipe iPhone yang akan kehilangan dukungan untuk mendapatkan update iOS terbaru ini adalah iPhone X. 

Mengutip dari 9to5Mac, Rabu (12/4/2023), desas-desus ini berasal dari seorang pengguna Twitter anonim yang sebelumnya sempat mengungkapkan tentang informasi pembaruan software Apple secara detail. Dalam cuitannya, update iOS 17 dan iPadOS 17 tidak akan tersedia untuk perangkat berikut : 

  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone X
  • iPad (generasi ke-5)
  • iPad Pro 9,7 inci (generasi ke-1)
  • iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-1)

Seperti yang diinformasikan oleh MacRumors, keputusan Apple mengecualikan daftar perangkat di atas dari pembaruan iOS 17 dapat dikaitkan dengan kerentanan boot ROM yang dapat memengaruhi chip A5 hingga A11. 

Untuk diketahui, dihentikannya dukungan ini sebenarnya sama seperti ketika iOS 16 rilis pada tahun lalu. Ketika itu, Apple tidak menggulirkan iOS 16 untuk sejumlah perangkat besutannya yang terbilang sudah lawas, termasuk iPhone 6s dan iPhone 6s Plus, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, iPhone SE (generasi ke-1), dan iPod touch (generasi ke-7).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Terus Perbaiki Masalah Rentannya Keamanan

Kendati demikian, Apple juga akan terus meluncurkan perbaikan keamanan untuk iOS 16, bahkan setelah iOS 17 dirilis. Sama seperti iOS 15 yang tahun ini telah menerima banyak pembaruan untuk menambal kerentanan keamanan utama. 

Namun, satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah kebiasaan Apple yang seringkali membatasi beberapa fitur dalam rilis iOS baru ke perangkat teranyarnya.

Sebagai contoh, fitur iOS 16 seperti Live Text hanya didukung di iPhone XS, iPhone XR, dan yang lebih baru. Artinya, meskipun perangkat didukung iOS 17, pengguna mungkin saja tidak kebagian beberapa fitur terbarunya. 

3 dari 4 halaman

WWDC 2023 Siap Perkenalkan iOS 17?

Di sisi lain, Apple telah mengumumkan tanggal perhelatan WWDC 2023. WWDC yang merupakan singkatan dari Worldwide Developers Conference ini dijadwalkan berlangsung mulai 5 Juni hingga 9 Juni.

Meskipun pandemi kian mereda, WWDC 2023 akan tetap digelar secara online. Namun, pengembang dan pelajar akan mendapatkan sesi special experience di Apple Park. 

Melalui acara ini, Apple membagikan detail mengenai sistem operasi (OS) mereka yang akan datang, mulai dari iOS, macOS, iPadOS, watchOS, atau tvOS. 

Menurut Wakil Presiden Apple untuk Worldwide Developer Relations, Susan Prescott, event tahun ini akan menjadi acara yang paling besar dan terpenting dari Apple.

Seperti dikutip dari Engadget, Jumat (31/3/2023), pratinjau dari iOS 17, macOS 14, dan watchOS 10 kemungkinan bakal ditampilkan di WWDC 2023.

Tak hanya itu, bisa jadi Apple mengenalkan beberapa Mac berbasis M3 pertama mereka, seperti acara tahun lalu yang turut mengungkap MacBook Air M2.

4 dari 4 halaman

iOS 17 Beta akan Hadir Setelah WWDC

Jika melihat konferensi tahun lalu, versi beta dari sistem operasi Apple terbaru bisa jadi diluncurkan segera setelah WWDC 2023. Versi ini merupakan preview awal dari sebagian besar pembaruan yang akan hadir di OS stabilnya. 

Pada WWDC 2022, misalnya, Apple resmi mengumumkan iOS 16 dan memperlihatkan sejumlah peningkatan dan fitur baru yang dibawa perusahaan ke dalam sistem operasi untuk iPhone ini.

Lalu, OS tersebut resmi diluncurkan bersamaan dengan rilisnya iPhone 14, sama seperti perkiraan sebelumnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat