uefau17.com

PKB dan Golkar Raih Dua Kursi DPRD Dapil Jatim XII, Caleg Pendatang Baru Mendominasi - Surabaya

, Surabaya - KPU Jatim menuntaskan penghitungan manual hasil final pemilu 2024 untuk DPRD Provinsi Dapil Jatim XII, yang meliputi Bojonegoro dan Tuban pada Senin (11/3/2024).

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Jatim, PKB menjadi pemenang Pemilu 2024 di Dapil Jatim XII untuk kursi DPRD Provinsi Jawa Timur. PKB meraih total 368.040 suara, disusul Partai Golkar 286.702 suara.

Hasil tersebut menempatkan dua partai itu meraih dua kursi. Sedangkan tiga partai lainnya hanya satu kursi yang direbut PDIP, Gerindra dan Demokrat.

Anggota KPU Jatim Nur Salam mengatakan, untuk kursi Pertama PKB diraih incumbent Fauzan Fuadi dan pendatang baru Muhammad Mughni. Sedangkan dari Partai Golkar ada pendatang baru Aulia Hany Mustikasari serta incumbent Fredy Purnomo.

Kursi dari PDIP diraih Oni Setiawan. Sedangkan dari Gerindra diraih incumbent Budiono yang kembali lolos meskipun ditempatkan di nomer urut tiga. Kemudian dari Partai Demokrat ada pendatang baru Sri Wahyuni.

Dengan demikian di Dapil Bojonegoro Tuban ini ada 4 anggota DPRD Jawa Timur pendatang baru dan 3 Anggota DPRD Jatim incumbent yang berhasil lolos lagi. 

Tujuh Anggota yang lolos dari Dapil Jatim XII tersebut akan dilantik sebagai anggota DPRD Jatim periode 2024-2029 pada 31 Agustus 2024 mendatang. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Senator Jatim Terpilih

Ahmad Nawardi incumbent anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur dipastikan  terpilih kembali bersama LaNyalla Mahmud Mattalitti icumbent yang juga saat ini masih menjabat ketua DPDRI, hasil Pemilu 2024 ini.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi yang sudah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Senin (11/3/2024), Nawardi dan LaNyalla akan didampingi dua pendatang baru sebagai anggota DPD RI Dapil Jatim, Yakni Lia Istifhana dan Kondang Kusumaning Ayu.

Berdasarkan rekapitulasi tingkat kabupaten/kota yang dilakukan, AA Nawardi yang juga mantan anggota DPRD Jatim dari PKB mendapatkan dukungan sebanyak 3,28 juta suara dan menjadi peraih suara terbanyak.

Disusul La Nyalla dengan capaian 3,13 juta suara. Lalu Lia Istifhama yang merupakan keponakan dari mantan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meraup sebanyak 2,74 juta suara. Dan Kondang Kusumaning Ayu dengan 2,54 juta suara.

Terpilihnya kembali Nawardi untuk yang ketiga kalinya dan La Nyalla diperiode kedua, selama ini memang sudah diprediksi. Maklum, keduanya sudah dua periode menjabat sebagai senator sehingga namanya jauh lebih familiar. Ditambah lagi dua tokoh ini juga kerap turun ke tengah-tengah masyarakat. Sepak terjangnya juga biasa menghiasi media massa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat