uefau17.com

Frances McDormand Ultah ke-67, Ini 6 Film Sang Diva Layar Perak Peraih 4 Piala Oscar Termasuk Fargo - ShowBiz

, Jakarta Tak seperti aktris Hollywood pada umumnya, Frances McDormand dikenal lewat sejumlah film independen alias berbujet kecil. Namun, dari sinilah aktris yang hari ini berulang tahun ke-67 bersinar hingga meraih 4 Piala Oscar.

Satu di antaranya didapat Frances McDormand dalam kapasitas sebagai produser. Pencapaian ini menempatkannya sebagai aktris sekaligus produser pertama dalam sejarah sinema yang menang Piala Oscar, lewat film Nomadland.

Lahir di Illinois, AS, 3 Juni 1957, Frances Louise McDormand debut di layar lebar pada 1984 lewat Blood Simple karya sineas Joel dan Ethan Coen. Lalu, meraih Piala Oscar pertama lewat film Fargo pada 1996.

Francis McDormand satu dari segelintir artis yang meraih triple crown alias menang 3 Piala Oscar di bidang akting. Merayakan ultah yang ke-67, Showbiz merangkum 6 film terbaik Frances McDormand. Nonton ulang yuk?

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mississipi Burning (1998)

Film yang “laki banget” ini malah jadi panggung bagi Frances McDormand, 4 tahun setelah debut di layar lebar. Memerankan Mrs. Pell, performa sang aktris dianggap sebagai yang paling efektif mempresentasikan istri sekaligus kompas moral dalam dunia pekerja sipil.

Mississipi Burning karya Alan Parker berlatar AS di era politik pembedaan warna kulit. Ia tajam menguak sejarah. BAFTA dan Golden Globe Awards mengabaikan performa Frances McDormand. Oscar memberinya nominasi pertama, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

 

3 dari 7 halaman

2. Fargo (1996)

Anthony Lane dari The New Yorker menyebut Frances McDormand penyelamat Fargo. Di tangan sang aktris, tokoh Marge Gunderson yang hamil 7 bulan, permisif terhadap kesalahan, cerdas, dan hanya selangkah dari jurang karikatur adalah daya tarik yang susah ditepis.

Marge menduduki peringkat ke-33 dalam daftar 100 Heroes and Villain versi American Film Institute. Gagal menang di BAFTA dan Golden Globe Awards, Marge mengantar Frances McDormand meraih Piala Oscar pertama berbekal kemenangan di SAG Awards. Wow!

 

4 dari 7 halaman

3. Almost Famous (2000)

Almost Famous contoh film dengan barisan pemain level dream team. Tak ada yang mubazir termasuk Patrick Fugit, Billy Crudup, Kate Hudson, hingga Frances McDormand. Dua nama yang disebut terakhir menembus Oscar 2001 kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

Keduanya pulang dengan tangan kosong, karena Oscar mendadak memenangkan Marcia Gay Harden (Pollock). Dengan tingkat kesegaran mencapai 91 persen versi Rotten Tomatoes dan label “kocak sekaligus menyentuh” dari kritikus Roger Ebert, jelas ini bukan film ecek-ecek.

 

5 dari 7 halaman

4. North Country (2005)

Dua pilar yang menjulang dalam North Country itu bernama Charlize Theron dan Francis McDormand. Peran Glory Dodge yang disandang Frances McDormand disebut kritikus beda sekaligus sangat menyedihkan namun “memulihkan” nyali dan akal sehat para penonton.

Ya, pujian setinggi langit kembali didapat sang aktris dalam film karya Niki Caro. North Country “hanya” mendapat dua nominasi Oscar yakni Pemeran Utama Wanita Terbaik (Charlize Theron) dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik untuk Frances McDormand. Duet maut!

 

6 dari 7 halaman

5. Three Billboards Outside Ebbing, Missouri (2017)

Oscar membuat dunia syok saat memilih The Shape of Water sebagai Film Terbaik, padahal Three Billboards Outside Ebbing Missouri menang di BAFTA, Golden Globe, dan SAG Awards.

Namun, ia pulang tidak dalam kondisi malu karena menang di dua kategori termasuk Pemeran Utama Wanita Terbaik untuk Frances McDormand. Ini tipe kemenangan “no contest.”

Sebelum menggenggam Oscar, Frances McDormand telah mengoleksi Piala Golden Globe, SAG, BAFTA, dan Critics Choice Awards. Frances McDormand terlalu perkasa untuk tahun 2018.

7 dari 7 halaman

6. Nomadland (2020)

Forbes mencantumkan Nomadland dalam daftar 150 Film Terbaik Abad 21. Tak heran karena film ini panen pujian kritikus berkat penyutradaraan mendetail Chloe Zhao plus tokoh utama Fern yang menawan sekaligus merefleksikan percaya diri di tangan Frances McDormand.

Berkat karakter Fern, Frances McDormand kini menyamai pencapaian Meryl Streep dengan 3 Piala Oscar. Ia jadi aktris sekaligus produser pertama dalam sejarah yang menang kategori utama Oscar: Film Terbaik. Sejarah mencatat nama Frances McDormand dengan tinta emas. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat