uefau17.com

Michelle Yeoh dan 6 Aktris Ini Baru Dapat Nominasi Oscar Tahun 2023, Nomor 5 Sudah Sepuh Usia 64 Tahun - ShowBiz

, Jakarta Oscar 2023 memberi banyak kejutan khususnya di kategori akting. Menilik daftar nomine Pemeran Utama dan Pendukung Wanita Terbaik misalnya, dari 10 nomine, 7 di antaranya adalah first timer alias kali pertama dapat nominasi.

Michelle Yeoh lewat film Everything Everywhere All At Once meraih nominasi Oscar pertama, Pemeran Utama Wanita Terbaik. Ia salah satu kandidat terkuat setelah menang di Golden Globe untuk Film Musikal atau Komedi dan SAG Awards.

Piala Oscar 2023 diperebutkan Michelle Yeoh dengan Ana De Armas (Blonde), Andrea Riseborough (To Leslie), Cate Blanchett (Tar), dan Michelle Williams (The Fablemans). Cate saingan terberat karena menang BAFTA dan Golden Globe untuk Film Drama.

Jelang malam puncak Oscar yang akan digelar di The Dolby Theatre, Los Angeles, AS, 12 Maret 2023 waktu setempat, laporan khas Showbiz  merangkum 6 aktris yang mendapat nominasi Oscar kali pertama tahun ini. Siapa menang?

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Ana De Armas (Blonde)

Apes menimpa Blonde lantaran memborong 7 nominasi Razzie Awards 2023 termasuk Sutradara, Skenario, dan Film Terburuk. Sejak perilisannya, biografi Marilyn Monroe ini ditanggapi beragam oleh kritikus. Situs rottentomatoes memberi skor 42 persen alias busuk.

Meski kualitas film secara keseluruhan rada bapuk, dunia sepakat, Blonde dengan segala kekurangannya masih sanggup mengekspos satu kelebihan: kilau akting Ana de Armas. Ini kali pertama sang aktris diganjar nominasi Oscar Pemeran Utama Wanita Terbaik.

 

3 dari 7 halaman

2. Andrea Riseborough (To Leslie)

Melepaskan diri dari kecanduan alkohol tak mudah. Ini dipresentasikan Andrea Riseborough lewat karakter Leslie Rowlands. Suatu hari, ia menang lotere 190 ribu dolar AS atau hampir 3 miliar rupiah. Uang sebanyak itu malah dihamburkan buat pesta miras dan obat-obatan.

Dari mendadak kaya, ia jadi kere hingga menumpang hidup di rumah anaknya yang problematik. Sebuah pertunjukan akting memukau yang mengantar Andrea Riseborough meraih nominasi Oscar pertama untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik. Salah satu kejutan Oscar tahun ini!

 

4 dari 7 halaman

3. Hong Chau (The Whale)

Penampilan bersahaja Hong Chau dalam The Whale disebut kritikus titik penyeimbang dalam dunia Charlie (Brendan Fraser) sang karakter utama. Sebuah performa yang layak disorot. Tokoh Liz, suster sekaligus teman Charlie, di tangan Hong Chau, menjadi amat meyakinkan.

Setelah dinominasikan BAFTA dan SAG Awards, wajar jika aktris kelahiran Thailand, 25 Juni 1979, ini akhirnya meraih nominasi Oscar pertama untuk Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

 

5 dari 7 halaman

4. Jamie Lee Curtis (Everything Everywhere All At Once)

Berkarier sejak 1977 lewat serial drama Quincy M.E. dan mencetak banyak box office lewat waralaba Halloween hingga meraih Golden Globe Awards Pemeran Utama Wanita Terbaik Film Musikal atau Komedi berkat True Lies, Jamie Lee Curtis akhirnya dapat pengakuan Oscar tahun ini.

Nominasi Oscar pertamanya, untuk kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, didapat di usia 64 tahun, via peran Deirdre Beaubeirdre di film Everything Everywhere All At Once. Atas nama cinta, Jamie Lee Curtis sudah lebih dari 45 tahun berakting dan belum pensiun.

6 dari 7 halaman

5. Kerry Condon (The Banshees of Inisherin)

Di samping Angela Bassett, Kerrry Condon salah satu kandidat kuat peraih Oscar Pemeran Pendukung Wanita Terbaik 2023, lewat tokoh Siobhan Suilleabhain, dalam The Banshees of Inisherin. Ini kali pertama pengisi suara FRIDAY di Avengers: Endgame jadi nomine Oscar.

Persaingan di kategori ini sangat sengit. Angela Bassett (Black Panther: Wakanda Forever) merebut Golden Globe Awards. Jamie Lee Curtis (Everything Everywhere All At Once) unggul di SAG Awards. Kerry Condon menang Piala BAFTA. And the Oscar goes to?

7 dari 7 halaman

6. Stephanie Hsu (Everything Everywhere All At Once)

Rekam jejak Stephanie Hsu di layar lebar belum banyak. Ia baru membintangi 7 film. Yang paling sukses, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings dari Marvel Cinematic Universe. Di situ, ia berperan sebagai Soo. Tahun ini, kualitas akting Stephanie Hsu beroleh pengakuan.

Peran Joy Wang alias Jobu Tupaki di film Everything Everywhere All At Once membuka jalannya ke bursa nomine Goldeb Globe, BAFTA, SAG Awards, dan Oscar untuk Pemeran Pendukung Wanita Terbaik. Filmnya sendiri memborong 11 nominasi Oscar. Wow banget!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat