uefau17.com

Rekomendasi Tempat Terbaik Bermain Kayak, dari Batu Lumpang hingga Sungai Asahan - Regional

, Yogyakarta - Kayak atau kayaking merupakan olahraga air yang membutuhkan keahlian mengendalikan perahu dengan dayung. Meskipun terlihat sederhana, sejatinya kayaking termasuk olahraga yang cukup menantang.

Sekilas, kayaking mirip dengan rafting atau arung jeram. Perbedaannya, rafting dilakukan secara berkelompok, sedangkan kayaking hanya dilakukan sendirian.

Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut rekomendasi tempat bermain kayak di Indonesia:

1. Batu Lumpang

Batu Lumpang berlokasi di Pangandaran, Jawa Barat. Saat mengunjungi tempat ini, wisatawan akan disambut dengan pemandangan eksotis sebuah sungai yang diapit batuan karst.

Batu Lumpang memiliki arus yang cukup menantang. Oleh karena itu, tempat ini menjadi salah satu rekomendasi lokasi kayak terbaik di Indonesia.

2. Danau Toba

Rekomendasi selanjutnya adalah Danau Toba yang memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Danau dengan kedalaman sekitar 505 meter ini merupakan danau terluas dan terdalam kedua di Indonesia.

Ada banyak cara menikmati keindahan Danau Toba, salah satunya bermain kayak. Perairan di sini cenderung lebih tenang, sehingga cocok bagi pemula.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kepulauan Mentawai

3. Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai juga menjadi rekomendasi tempat bermain kayak yang wajib dikunjungi. Terlebih, bagi wisawatan yang ingin kayaking di tengah laut sambil merasakan langsung deburan ombak yang menantang. Tempat ini juga dikenal sebagai lokasi surfing yang cukup menantang.

4. Nusa Lembongan

Salah satu lokasi bermain kayak di Bali yang wajib dicoba adalah di Nusa Lembongan. Pulau kecil ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menenangkan diri sambil kayaking.

Kayaking sambil menikmati pesona indahnya panorama pantai yang indah, air laut berwarna biru jernih, dan pemandangan pasir putih yang luas bisa menjadi ide bagus di akhir pekan. Wisatawan juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya, seperti snorkeling, menyelam, atau berselancar.

5. Pantai Sanur

Selain Nusa Lembongan, Pantai Sanur juga bisa menjadi pilihan lain bagi wisatawan yang ingin kayaking di Bali. Pantai Sanur memiliki ombak yang tenang dan arus laut yang tidak terlalu kencang.

 

3 dari 3 halaman

Raja Ampat

6. Raja Ampat

Raja Ampat selalu menawarkan pesona keindahan alam yang bisa dinikmati dengan berbagai aktivitas menarik, salah satunya kayaking. Lokasi ini semakin menarik karena wisatawan dapat melihat indahnya biota bawah laut.

Sekitar 75 persen biota laut di dunia ada di Raja Ampat. Untuk bermain kayak di Raja Ampat membutuhkan teknik menjaga keseimbangan yang baik karena ombaknya yang cukup besar dan menantang khas lautan Indonesia Timur.

7. Sungai Asahan

Sungai Asahan merupakan destinasi wisata untuk olahraga yang cukup menantang. Sungai Asahan memiliki aliran yang cukup deras. Beberapa wisatawan datang ke tempat ini untuk arung jeram.

Ada sekitar lima level di Sungai Asahan, yakni level 1-3 dengan aliran yang tidak terlalu deras dan dikelilingi pemandangan hijau yang indah serta level 4-5 yang cukup ekstrim dan tidak disarankan untuk wisatawan atau pemula. Sungai yang berlokasi di Sumatra Utara ini telah menjadi sungai terbaik nomor 3 di dunia dalam dunia olahraga arus deras.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat