uefau17.com

Tak Cuma Kuliner yang Populer, Ini Rekomendasi Wisata Edukasi di Kota Solo - Regional

, Solo - Wisata edukasi atau widyawisata merupakan jenis perjalanan wisata yang memuat aktovitas pendidikan. Beberapa daerah di Indonesia sudah banyak menyediakan destinasi wisata edukasi, termasuk Kota Solo.

Wisata edukasi tak hanya diperuntukkan bagi pelajar, tetapi juga masyarakat luas. Mengutip dari surakarta.go.id, berikut rekomendasi destinasi wisata edukasi Solo:

1. Keraton Solo

Keraton Solo menjadi salah satu wisata ramah anak dan cocok untuk wisata edukasi. Tak hanya mempelajari sejarah dan mengunjungi Museum Keraton Solo, pengunjung juga bisa berfoto dengan latar bangunan bersejarah yang berusia ratusan tahun.

2. Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional berlokasi di Jalan Gajahmada No.59, Timuran, Banjarsari, Kota Surakarta. Tempat wisata ini cocok dikunjungi segala usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Pengunjung bisa mendapatkan informasi mengenai sejarah dan melihat koleksi koran di seluruh Indonesia per masing-masing wilayah atau provinsi.

3. Museum Lokananta

Museum Lokananta berlokasi di Kerten, Laweyan. Destinasi wisata ini sangat cocok bagi penggemar musik.

Pengunjung dapat melihat betapa museum ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan musik nusantara. Terdapat banyak koleksi yang mengagumkan, mulai dari piringan hitam, gamelan, hingga studio musik.

4. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka berlokasi di Kompleks Taman Sriwedari. Museum ini merupakan museum tertua kedua di Indonesia. Terdapat banyak pusaka peninggalan sejarah di sini, seperti buku kuno, senjata VOC, pusaka, hingga Rajamala. 

5. Rumah Budaya Kratonan

Rumah Budaya Kratonan berlokasi di Jalan Manduro No.6, Kratonan, Serengan. Museum ini menjadi ruang edukasi sejarah bagi generasi muda yang ingin belajar tentang sejarah perpolitikan Indonesia.

Terdapat berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata Solo ini, seperti latihan menari, memainkan gamelan, belajar bahasa Jawa, bahasa Inggris, hingga diskusi budaya melalui buku maupun film.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pura Mangkunegaran

6. Pura Mangkunegaran

Wisata edukasi Pura Mangkunegaran berlokasi di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta. Pengunjung bisa melihat keindahan bangunan yang berusia ratusan tahun. Menariknya, Pura Mangkunegaran memiliki pendapa terbesar di Indonesia.

7. Solo Safari

Solo Safari berlokasi di Jalan Ir. Sutami No.109, Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Destinasi wisata ini merupakan pusat edukasi satwa.

Satwa-satwa di Solo Safari tidak dikurung di dalam kandang. Pihak pengelola menyediakan area khusus sesuai dengan habitat mereka di alam bebas.

8. Taman Balekambang

Taman wisata dan hutan kota Balekambang berada di wilayah Manahan, Banjarsari, Surakarta. Terdapat sejumlah tumbuhan langka di taman ini, mulai dari kenari, beringin putih, beringin sungsang, dan apel cokelat.

Masyarakat bisa belajar mengenai konservasi alam di sini. Taman Balekambang menjadi destinasi yang cocok bagi wisatawan yang ingin berwisata edukasi di Solo.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat