uefau17.com

Simak, Daftar Mata Uang Tertinggi di Dunia - Regional

, Bandung - Setiap negara biasanya memiliki mata uang sendiri yang digunakan untuk menjadi alat tukar dalam perdagangan barang atau jasa di negaranya. Mata uang mempunyai nilai yang ditentukan oleh pasar berdasarkan permintaan dan penawaran.

Nilai mata uang juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain mulai dari ekonomi, politik, hingga sosial. Mata uang juga memiliki peran yang penting dalam ekonomi global sehingga banyak negara yang selalu berusaha menjaga nilai mata uangnya.

Saat ini banyak masyarakat mungkin bertanya-tanya apa mata uang tertinggi yang ada di dunia. Sebagian besar juga kemungkinan menduga mata uang tertinggi yang ada di dunia adalah dolar AS.

Meskipun secara umum dipandang sebagai mata uang paling kuat tetapi faktanya dolar AS bukan mata uang yang paling tertinggi di dunia. Melansir dari Forbes ada 10 urutan mata uang tertinggi di dunia dan dolar AS tidak ada dalam urutan pertama.

Melansir dari situs tersebut berikut ini adalah daftar mata uang tertinggi di dunia yang harus kamu ketahui.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Mata Uang Tertinggi di Dunia

1. Dinar Kuwait (KWD)

Pada urutan pertama mata uang tertinggi di dunia adalah Dinar Kuwait karena 1 dinar Kuwait setara dengan 3,25 dolar AS. Ada banyak alasan mengapa Dinar Kuwait bisa jadi mata uang tertinggi di dunia.

Sebagai informasi Kuwait sendiri ada di antara Arab Saudi dan Irak dan sebagian besar kekayaan negara ini berasal dari eksporminyak. Kemudian Dinar Kuwait sendiri dikenal pada tahun 1960an.

2. Dinar Bahrain (BHD)

Urutan kedua adalah Dinar Bahrain yaitu mata uang yang 1 dinar Bahrain memiliki nilai setara dengan 2,65 dolar AS. Negara ini dikenal dengan negara kepulauan di Teluk Persia di lepas pantai Arab Saudi.

Seperti negara Kuwait sebagian besar kekayaannya berasal dari ekspor minyak dan gas dan mata uang ini pertama kali dikenal pada tahun 1965.

3. Rial Oman (OMR)

Rial Oman merupakan mata uang tertinggi ketiga di dunia yang memiliki nilai 1 Rial Oman setara dengan 2,60 dolar AS. Negara Oman berada di antara Uni Emirat Arab dan Yaman di ujung semenanjung Arab.

Negara ini menghasilkan kekayaannya sebagian besar dari eksportir utama minyak dan gas dan mata uang Rial Oman pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970an.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

4. Dinar Yordania (JOD)

Dinar Yordania dikenal sebagai mata uang terkuat keempat di dunia yang mempunyai nilai 1 dinar Yordania setara 1,41 dolar AS. Negara ini memiliki kekayaan yang tidak begitu bergantung kepada ekspor minyak dan gas.

Bahkan Yordania telah berjuang menghadapi pertumbuhan ekonomi yang lamban dan meningkatnya utang dan mata uang Dinar Yordania mulai beredar pada tahun 1950 an.

5. Pound Inggris (GBP)

Urutan kelima diraih oleh Pound Inggris atau dikenal juga dengan nama poundsterling karena 1 pound Inggris setara dengan 1,28 dolar AS. Negara Inggris sendiri termasuk negara terbesar keenam berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) menurut Bank Dunia.

Diketahui mata uang Pound pertama kali diperkenalkan pada tahun 1400an sebelum di desimalisasi di tahun 1971. Kemudian mata uang ini juga bersifat mengambang bebas sehingga tidak dipatok ke mata uang lain.

6. Pound Gibraltar (GIP)

1 Pound Gibraltar setara dengan 1,28 dolar AS sehingga uang ini masuk urutan keenam sebagai mata uang tertinggi di dunia. Diketahui Gibraltar berada di ujung selatan Spanyol dan secara resmi merupakan wilayah Inggris.

Mata uangnya diperkenalkan pada tahun 1920an dan dipatok ke Pound Inggris sehingga sati GIP sama dengan satu GBP.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

7. Dolar Kepulauan Cayman (KYD)

Mata uang ini masuk dalam daftar mata uang tertinggi di dunia karena 1 dolar Kepulauan Cayman bisa ditukar dengan 1,20 dolar AS. Kepulauan Cayman adalah wilayah Inggris  di Karibia dan pusat keuangan lepas pantai yang dikenal dengan surga pajak.

Dolar Kepulauan Cayman (KYD) ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970an.

8. Franc Swiss (CHF)

Franc Swiss merupakan mata uang tertinggi di dunia yang mempunyai nilai 1 franc Swiss setara dengan 1,15 dolar AS. Diketahui mata uang ini sudah menjadi alat pembayaran resmi Swiss dan Liechtenstein.

Mata uangnya juga dipandang sebagai mata uang dunia yang aman karena stabilitas politik Swiss. Mata uang ini juga diperkenalkan pada tahun 1850 dan kemudian dipatok ke Euro selama beberapa waktu sebelum beralih ke mata uang mengambang bebas.

9. Euro (EUR)

Euro menjadi mata uang tertinggi di dunia kesembilan karena 1 Euro setara dengan 1,10 dolar AS. Mata uang ini adalah mata uang resmi Zona Euro dan mata uang ke-20 dari 27 negara yang menjadi bagian dari Uni Eropa.

Mata uang Euro secara fisik mulai beredar pada tahun 2002 dan memiliki sifat mengambang bebas.

10. Dolar Amerika (USD)

Dolar Amerika termasuk dalam daftar kesepuluh tertinggi di dunia dan sudah dibuat sejak tahun 1700 an. Dolar Amerika menjadi alat pembayaran yang sah di AS dan wilayah AS lainnya termasuk di negara berdaulat yaitu Ekuador, Timor Leste, dan Zimbabwe.

Negara AS masih menjadi negara dengan perekonomian terbesar di dunia berdasarkan PDB. Sejauh ini dolar AS merupakan mata uang yang paling banyak diperdagangkan secara global dan mata uang cadangan terbesar di dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat