uefau17.com

Alasan Pelatih Timnas Brasil U-17 Ingin Belajar Bahasa Indonesia - Regional

, Yogyakarta - Indonesia tak hanya dikenal sebagai bangsa yang memiliki prinsip gotong royong, tetapi juga keramahan warganya. Hal itu ternyata menjadi kesan bagi pelatih Timnas Brasil U-17 Phelipe Leal yang saat ini tengah mengikuti gelaran Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Phelipe Leal sangat terkesan sejak pertama kali menginjakkan kakinya di Tanah Air. Ia mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Hal itu yang membuatnya ingin belajar Bahasa Indonesia.

Sambutan hangat itu tak hanya dirasakan Leal, ia menceritakan jika seluruh pemain Timnas Brasil U-17 merasakan hal yang sama. Terutama saat tim berada di Solo untuk melakoni pertandingan di babak 16 besar.

Sambutan fans sepak bola lokal yang membuat mereka berkesan sehingga Leal tak segan mengucapkan terima kasih.

"Sekali lagi, dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia. Di mana pun kami berada, mereka selalu menerima kami dengan baik dan sopan. Ini membuat kami lebih nyaman. Ini membuat para pemain lebih percaya diri, bisa berkonsentrasi, dan menjaga fokus untuk melaju ke babak empat besar. Sedikit demi sedikit, tim pelatih kami ingin lebih dekat dengan kultur masyarakat Indonesia. Itu salah satunya mempelajari hal kecil-kecil seperti ucapan sehari-hari," katanya.

Leal mengakui para pemain bisa mengerti kultur Indonesia yang memiliki banyak keragaman. Masyarakat juga dengan sangat baik menerima para pemain, hal ini menurutnya membuat semua pemain lebih nyaman dan tenang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Bawa Juru Masak Sendiri

Kendati tak punya permasalahan soal makanan di Indonesia, Timnas Brasil U-17 tetap membawa juru masak sendiri dari negeri Samba. Hal ini tentu sebagai upaya agar menu makanan yang didapat tetap sama dengan apa yang telah diberikan saat ini.

Federasi Sepak Bola Brasil atau CBF menurut Leal mendukung penuh perjuangan pemain di luar negeri. Apalagi ini adalah kejuaraan Piala Dunia U-17 2023.

Presiden CBF dan Chief of Delegation menurutnya selalu membantu untuk membuat pemain nyaman. Karena ini penting sekali mengingat ada perbedaan makanan di Indonesia dengan di Brasil.

"Oleh karena itu, kami membawa chef sendiri supaya anak-anak semakin nyaman dengan makanannya," ujar Leal.

3 dari 3 halaman

Asisten Pelatih Brasil Pernah Berkarier di Indonesia

Sambutan dari penggemar sepak bola nasional tentu tidak terlepas dengan kehadiran pemain dan pelatih Brasil yang bermain di Indonesia. Hal itu membuat masyarakat lokal bisa akrab dengan timnas Brasil.

Tahun ini, di Timnas Brasil U-17 ada Fabio Oliviera, asisten pelatih Leal yang pernah bermain di Indonesia. Bahkan, dirinya sempat menjadi asisten pelatih timnas Indonesia.

Di Piala Dunia U-17 2023, tim Brasil masuk dalam favorit juara bersama Inggris, Argentina dan Spanyol. Langkah mereka akan dimulai kembali di babak 16 besar melawan Ekuador.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat