uefau17.com

Profil Risto Vidakovic, Pelatih Anyar PSS Sleman yang Pernah Main di Real Betis - Regional

, Yogyakarta - PSS Sleman resmi pelatih anyar asal Serbia Risto Vidakovic untuk menjalani sisa pertandingan di putaran kedua Liga 1 2023/2024. Pelatih berusia 54 tahun tersebut akan langsung memimpin latihan skuat Laskar Sembada, Jumat (17/11/2023).

Risto Vidakovic didatangkan seusai mengakhiri kontraknya bersama Lion City Sailor yang main di Singapore Premier League. Meski tak ada angin tak ada hujan, keputusan pergantian pelatih ini tampaknya disebabkan performa tim yang sedang menurun dalam beberapa laga terakhir.

Seperti diketahui, PSS Sleman belum pernah mengunci kemenangan dari 10 pertandingan terakhir hingga jeda internasional.

Sementara itu, PSS Sleman kabarnya memutuskan untuk menggeser jabatan pelatih sebelumnya Bertrand Crasson ke posisi lain. Namun belum ada informasi resmi apakah pelatih yang pernah main untuk Napoli itu berperan sebagai asisten pelatih atau posisi lainnya.

Berikut ini adalah rekam jejak  dan profil Risto Vidakovic, pelatih yang sudah malang melintang di sepak bola ASEAN:

1. Sempat Jadi Asisten Pelatih Timnas Serbia

Risto Vidakovic lahir di Sekovici Serbia, 5 Januari 1969. Pelatih dengan dua kewarganegaraan Serbia dan Bosnia-Herzegovina itu memulai karier kepelatihan sebagai asisten pelatih Timnas Serbia pada 2006 silam, saat itu ia membantu Javier Clemente yang menjabat sebagai headcoach.

Dua tahun berselang, pada 2008, ia memutuskan untuk menjadi asisten pelatih di klub Real Murcia yang berlaga di Divisi Ketiga sepak bola Spanyol. Tak perlu waktu lama, pelatih dengan lisensi UEFA Pro itu memulai kariernya sebagai pelatih kepala di Ecija Balompie pada 2009.

Setahun berselang, kariernya semakin menanjak. Potensinya sebagai pelatih mulai diendus Cadiz CF pada 2010 yang saat itu main di Divisi 2 Liga Spanyol. Semusim bersama Cadiz CF, Risto mendapat tawaran untuk melatih tim muda Real Betis B, di sana ia menghabiskan waktu selama dua musim sampai 2012.

2. Mulai Melatih di Luar Spanyol

Usai melatih Real Betis B, nama Risto mulai dikenal, ia pun menukangi CD Motagua yang bermain di Divisi Pertama Liga Honduras. Semusim menjadi pelatih, Risto sempat vakum sebelum akhirnya menerima pinangan dari United City FC yang tampil di kasta tertinggi Liga Filipina pada 2016 hingga 2020.

Sejak saat itu, Risto mulai beredar di kancah sepak bola ASEAN. Ia pun dipercaya menjadi juru taktik Borneo FC pada 2021, Melaka tahun 2022, dan Lion City Sailor pada awal tahun 2023 lalu.

Selain itu, Risto Vidakovic pernah bermain untuk Real Betis pada tahun 1994 hingga 2000 saat aktif sebagai pemain profesional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didampingi Srdan Lopicic

3. Didampingi Srdan Lopicic

Risto di PSS Sleman akan didampingi oleh asisten pelatih Srdan Lopicic. Asisten berkebangsaan Motenegro-Serbia itu juga sudah tidak asing dengan sepak bola Indonesia.

a pernah bermain di beberapa klub Indonesia seperti Persisam, Surabaya United, Persela Lamongan, Arema Cronous, Persiba Balikpapan dan Borneo FC, hingga Persib Bandung.

"Kami mendatangkan pelatih baru untuk PSS di putaran kedua yaitu Risto Vidakovic. Pengalaman dia di Indonesia dan cara dia melatih serta strateginya dalam meracik tim jadi alasan PSS meminang dia," ujar Presiden Direktur PT Putra Sleman Sembada (PT PSS), Gusti Randa, Kamis (16/11/2023) kemarin.

Pelatih berdarah Serbia namun berpaspor Spanyol ini juga berhasil mencatatkan hasil positif dalam beberapa klub terakhir yang ditanganinya. PSS Sleman yakin dengan penunjukkan Risto mampu membawa angin segar bagi tim di putaran kedua.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat