uefau17.com

Gandeng UGM, Pertamina Lakukan Riset Minyak dan Gas Bumi - Regional

, Yogyakarta Eksplorasi minyak dan gas bumi Pertamina melalui Upstream Innovation Pertamina Hulu Energi bekerja sama dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM melakukan riset geofisika dan metode elektromagnetik. 

Senior Geophysicist and Project Leader Upstream Innovation Pertamina Hulu Energi,  Freddy Yulisasongko, mengatakan  bahwa kerja sama dengan FMIPA UGM tersebut dilakukan karena riset unggulan di bidang geofisika dan metode elektromagnetik sudah cukup maju dan berkembang dalam skala laboratorium. 

“Dari dulu UGM itu sangat kuat di geofisika atau metode elektromagnetik,” ucapnya Rabu 8 Maret 2023. 

Menurutnya implementasi penerapan riset ini lebih banyak  di area tambang dan geothermal namun kali ini sudah mulai ke shifting oil and gas. 

"Lewat kerja bareng ini tidak hanya melakukan quality control tetapi juga terlibat dalam prosesnya bersama tim teknis.” ujar perwakilan Pertamina.

Sementara itu Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat FMIPA Wiwit Suryanto mengatakan kerja sama riset lapangan dengan Upstream Innovation Pertamina Hulu Energi ini adalah salah satu bentuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang penelitian.

"Lewat  kegiatan bersama ini kita ingin perguruan tinggi dan industri dapat bahu-membahu mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, khususnya dalam hal eksplorasi oil and gas," kata Wiwit.

Wiwit menerangkan bahwa beberapa riset lapangan yang dilakukan oleh tim peneliti FMIPA UGM meliputi bidang Controlled Source Electromagnetic (CSEM) untuk Mendeteksi Reservoir Hidrokarbon ini dan Clean Technology SP-ERT untuk Pemantauan Injeksi Air. 

"Kita akan mengimplementasikan riset dari skala laboratorium ini secara langsung diuji di lapangan," tegasnya tentang kerja sama dengan Pertamina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat