uefau17.com

Mengenal Pantai Karang Tawulan, Wisata Alam Indah di Tasikmalaya - Regional

, Bandung - Jawa Barat mempunyai banyak lokasi wisata alam menarik yang bisa dikunjungi mulai dari wisata pegunungan, air terjun, danau, pantai, dan lain-lain. Terdapat banyak kota di Jawa Barat hampir memiliki sebagian besar wisata alam tersebut.

Salah satunya kota Tasikmalaya yang juga menyimpan beragam wisata alam menarik mulai dari pegunungan, air terjun, hingga pantai yang eksotis. Sebagai informasi kota Tasikmalaya sendiri terkenal dengan julukan “Sang Mutiara dari Priangan Timur”.

Kota ini juga menjadi jalur utama selatan Pulau Jawa yang menghubungkan kota Bandung dengan kota Banjar. Kemudian Tasikmalaya juga terkenal sebagai pusatnya pendidikan agama Islam karena memiliki banyak pesantren yang tersebar di wilayahnya.

Selain itu kota Tasikmalaya juga dikenal sebagai pusat kerajinan tangan seperti bordir, anyaman bambu, hingga batik. Kota ini juga memiliki iklim yang cukup sejuk karena lokasinya yang dikelilingi pegunungan.

Meskipun mempunyai banyak wisata alam menarik dari gunungnya kota Tasikmalaya juga memiliki destinasi wisata pantai yang menarik yaitu Pantai Karang Tawulan. Pantai ini terkenal dengan hamparan karang-karang besar dan ombak yang menggulung dengan indah.

Para wisatawan juga bisa menikmati keindahan pantai tersebut dari ketinggian dan masih bisa menikmati suasananya yang natural karena belum ramai dikunjungi. Pantai ini juga cocok jadi destinasi berlibur untuk mendapatkan suasana tenang dan jauh dari keramaian.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan terkenal sebagai pantai yang menyajikan pemandangan cantik batu karang yang mempesona dan laut dari tebing. Pantai ini berlokasi di Cimanuk, Kalapagenep, Kec. Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantainya harus menempuh perjalanan yang cukup panjang. Salah satunya jika berkunjung dari kota Bandung harus melalui jarak tempuh sekitar 184,3 km atau 6 jam 15 menit perjalanan.

Sementara untuk wisatawan yang datang dari pusat kota Jakarta, akan menempuh jarak sekitar 333,5 km atau 8 jam 19 menit perjalanan darat. Kemudian untuk pengunjung yang datang dari Stasiun Tasikmalaya akan menempuh jarak 74,2 km atau 2 jam 37 menit perjalanan.

Meskipun perjalanan yang ditempuh cukup jauh namun para wisatawan akan terobati dengan menikmati pemandangan alam lainnya yang terlihat saat perjalanan.

3 dari 4 halaman

Harga Tiket dan Fasilitas di Pantai Karang Tawulan

Melansir dari beberapa sumber harga tiket masuk ke Pantai Karang Tawulan dibanderol dengan tarif yang cukup terjangkau. Pada awal tahun 2024 tarif masuk ke pantai ini sekitar Rp 10.000 per orang.

Kemudian terdapat biaya tambahan untuk parkir kendaraan yaitu parkir motor sekitar Rp 2.000 dan mobil sekitar Rp 5.000. Pantai ini juga terbuka selama 24 jam dan sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas.

Diketahui pantai ini sudah dilengkapi dengan lahan parkir kendaraan yang luas dan aman. Toilet di sekitar pantai ini juga mempunyai fasilitas yang bersih dan terdapat mushola yang bisa digunakan oleh para wisatawan yang ingin beribadah.

Tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan gazebo-gazebo untuk berkumpul bersama keluarga atau teman. Serta terdapat fasilitas penginapan yang bisa disewa oleh para pengunjung yang ingin menginap.

Kemudian tempat ini juga terdapat warung-warung kecil yang menyediakan makanan hingga minuman yang bisa dinikmati.

4 dari 4 halaman

Daya Tarik Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan mempunyai banyak sekali daya tarik sebagai tempat wisata alam. Salah satunya pemandangan batu karang yang megah dan deburan ombak besar yang mempesona.

Tempat wisata ini kurang lebih mirip dengan wisata Tanah Lot Bali yang sudah populer di antara wisatawan. Kawasan pantainya juga berada di tebing eksotis yang sedikit menjorok ke laut.

Pasir di pantai ini terlihat berwarna hitam dan para pengunjung tidak bisa berenang di pantai tersebut. Meskipun begitu wisatawan bisa menikmati pemandangan cantik dari atas tebing dengan melihat hamparan rumput, pepohonan, dan deburan ombak.

Diketahui di Pantai Karang Tawulan terdapat pulau kecil bernama Nusa Manuk yang menjadi tempat para kawanan burung camar berkumpul di sore hari. Pulau ini juga dikenal sebagai pulau terluar Indonesia yang juga berbatasan langsung dengan Australia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat