uefau17.com

Toyota bZ4X vs Kia EV6 GT-Line, Mana yang Lebih Menggoda? - Otomotif

, Jakarta - Toyota bZ4x kedatangan lawan sepadan, yakni Kia EV6 GT-Line. Harganya sama-sama di atas Rp 1 miliar. Jika Toyota bZ4X yang dibanderol Rp 1,19 miliar, sedangkan Kia EV6 GT-Line dipatok Rp 1,299 miliar.

Jika dibandingkan, mana yang lebih menggoda? Nah, kami tertarik membedah dulu bagian powertrain. Mana yang paling bertenaga? Mana yang paling jauh daya jelajahnya?

Sebagai kendaraan listrik murni, Kia EV6 GT-Line berpijak di atas platform New Electric Global Modular Platform (E-GMP) terbaru dari Hyundai Motor Group. Mobil dilengkapi dengan dual motor dan sistem penyaluran ke roda, All Wheel Drive (AWD).

Keluaran tenaga instan mencapai 320 Hp atau 324,4 PS dan torsi puncak 605 Nm. Lari cepat dari 0-100 kpj tuntas dalam hitungan 5,2 detik.

Toyota bZ4X memberikan daya maksimal 150 kW (204 PS). Momen puntir instan 266 Nm sangat membantu akselerasi kendaraan listrik ini. Sistem gerak pakai Front Wheel Drive (FWD). Pengendalian diklaim amat menyenangkan dan presisi.

Sebab sebagian besar torsi maksimum tersedia dari (putaran mesin) rpm bawah. Tidak ada banyak hambatan, karena energi kinetik langsung dilempar ke roda depan.

Untuk mengilat dari 0-100 kpj cuma butuh tempo 7,5 detik. Tapi keluaran power sangat timpang dari kepunyaan Kia EV6 GT-Line.

EV6 GT-Line pakai baterai berkapasitas 77,4 kWh dan 800 volt. Klaim perusahaan, mobil listrik ini sanggup melaju sejauh 506 kilometer. Untuk pengisian daya baterai, dibutuhkan waktu 7 jam apabila menggunakan pengisian daya Wall Charger berarus AC, berdaya 11 kW.

Sementara jika via Fast Charging DC dengan daya 50 kW. Hanya butuh 73 menit dari 10 hingga 80 persen. Bahkan bisa isi lewat DC Ultra-fast Charging berdaya 200 kW lebih. Mengecas hingga 80 persen dalam waktu 18 menit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daya Jelajah

 

Di lantai bZ4X, terpasang baterai lithium ion 71,4 kWh dan 355 volt. Untuk pengisian cepat hingga 80 persen hanya 30 menitan saja. Sedangkan pengecasan di rumah hingga penuh sekitar 9 jam.

Soal daya jelajah, tipe paling murah sanggup berkelana hingga 500 km. Terus tersedia mode berkendara, ada Eco, Normal dan Snow. Kalau di EV6 GT-Line ada Eco, Normal, Sport serta Snow.

Baik Toyota bZ4X maupun Kia EV6 GT-Line sudah memiliki perangkat keamanan gabungan. Atau familier dengan sebutan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Keduanya juga mengantongi fitur Park Assist yang memudahkan Anda. Bisa parkir otomatis.

Lantas kenapa harganya lebih mahal dari Hyundai Ioniq 5? Karena mobil bukan dirakit di sini. Sehingga unit kena bea masuk (impor) dan PPnBM 15 persen. Nah, kalau ditimbang dari segala hal, rasanya EV6 GT-Line lebih layak dipilih dari produk Toyota. 

Sumber: Oto.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat