uefau17.com

PDIP Siapkan Ahok Maju Pilgub Sumut 2024, PAN Tak Gentar Usung Bobby Nasution - News

, Jakarta - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay mengaku, pihaknya bakal mengusung Bobby Nasution sebagai bakal calon gubernur (cagub) Sumatera Utara pada Pilkada 2024 mendatang.

Saleh optimis menantu Presiden Jokowi itu bisa menguasai Sumut meski harus berhadapan dengan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang diusung PDIP.

"Iyalah (optimis). Masa kita takut dengan Ahok," kata Saleh di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta dikutip Selasa (28/5/2024).

Saleh mengaku, Ahok memang punya elektabilitas dan dukungan yang kuat di Jakarta. Namun, ia yakin situasi itu bisa berbeda saat Ahok maju di Pilgub Sumut.

"Kalau di Jakarta mungkin Ahok kuat, tapi kalau di Sumut kan siapa tahu," ucap Saleh.

Menurut Saleh, PAN sudah jauh hari-hari memberi dukungan kepada Bobby Nasution untuk maju Pilgub Sumut 2024. Selain itu, secara lisan Ketum PAN Zulkifli Hasan sudah meminta Bobby melakukan komunikasi politik ke sejumlah partai politik dan menaikkan elektabilitas di Sumut.

"Sampai sekarang kami belum mendapatkan laporan, apakah sudah ada partai yang mendukung, berapa yang mendukung (Bobby)," ungkap dia.

Jika sudah ada kesepakatan sejumlah partai mendukung Bobby, PAN akan melakukan simulasi dan menyaring beberapa tokoh sebagai bakal cawagub mendampingi Bobby maju Pilgub Sumut 2024.

"Atau ada simulasi lain yang bisa kami arahkan supaya kami bisa mendapatkan kemenangan di Pilgub Sumut," tambah Saleh.

Hingga kini, kata dia, sudah ada beberapa nama bakal cagub Sumut yang muncul. Mereka di antaranya Edy Rahmayadi, Musa Rajekshah, dan Bobby Nasution. Di sisi lain, Saleh menyambut baik munculnya nama Ahok dalam bursa cagub Sumut.

"Tentu kami merasa gembira ada alternatif-alternatif, opsi-opsi yang akan kami dorong di Sumut," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PDIP Sumut: Ahok Sudah Nyatakan Siap Maju Pilgub Sumatera Utara

Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara Rapidin Simbolon menyebut, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah menyatakan siap maju Pilkada Sumatera Utara, apabila ditugaskan oleh DPP PDIP.

"Dengan Pak Ahok saya sudah dua kali berkomunikasi, Pak kalau anda diterjunkan di Sumut siap enggak bang, siap enggak Pak Ahok?" ujarnya Rapidin saat Rakernas V PDIP di Ancol, Jakarta, Sabtu (25/5/2024).

"Kalau sudah partai yang instruksikan, jangankan Sumut ke Papua juga saya siap. Itu jawaban kader sejati. Ini semua kader PDIP kemanapun kalau diperintah partai kita harus siap," kata Rapidin, menceritakan jawaban Ahok.

Rapidin menyebut nama Ahok sudah digodok DPD untuk Maju Pilgub Sumatera Utara.

"Perkembangan dinamika politik yang ada di Sumatera Utara akan kita kaji dan akan tetap kita pelajari secara bersama dan kita sudah siap untuk memetakan itu dibantu dengan DPP partai," katanya.

Selain nama Ahok, Rapidin menyebut ada beberapa nama yang sudah mendaftar ke PDIP untuk maju sebagai calon gubernur Sumatera Utara. Di antaranya adalah petahana Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah alias Ijeck.

"Ini kan kita juga main incumbent Pak Edi Rahmayadi lain juga Ijeck, lain juga Bobby, mana tau nanti kader kita usung sendiri. Ini kan berbagai peluang akan kita hitung untuk perkembangan politik di Sumut," pungkas Rapidin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat