uefau17.com

KPU Resmi Tetapkan Prabowo dan Gibran Presiden-Wakil Presiden Terpilih 2024-2029 - News

, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih Republik Indonesia (RI) periode 2024-2029. 

Hal ini berdasarkan Berita Acara Nomor 252/PL.01.9-BA/05/2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Komisi Pemilihan Umum menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 H Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode tahun 2024-2029 dalam pemilihan umum tahun 2024," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam rapat pleno di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024).

Dalam Pemilu 2024 ini, Prabowo dan Gibran memperoleh suara sebanyak 96.214.691 atau 58,59 persen dari total suara sah nasional. 

Sebelumnya, Prabowo dan Gibran tiba di Gedung KPU RI sekira pukul 09.49 WIB. Mereka terlihat kompak mengenakan kemeja putih.

Kedatangan Prabowo-Gibran langsung disambut oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) dan partai koalisi pendukung, seperti Gerindra, PSI, PAN, dan Golkar yang sudah hadir lebih dulu di Gedung KPU.

Diketahui kedatangan Prabowo-Gibran hari ini adalah untuk mengikuti rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Rapat pleno dijadwalkan mulai pukul 10.00 WIB.

Saat baru tiba di Gedung KPU, Prabowo menyatakan bahwa dirinya bersama Gibran siap bekerja keras untuk rakyat.

"Semua hari ini kita menerima ketetapan dari KPU, dan kita akan mulai kerja keras. Mempersiapkan diri," kata Prabowo kepada wartawan di KPU RI, Jakarta, Rabu.

Setelah dirinya dan Gibran nanti resmi ditetapkan sebagai Presiden-Wakil Presiden RI, Prabowo ingin adanya kerja sama antar-tokoh dan elite politik.

"Sekarang kewajiban kita semua sebagai adalah untuk kerja sama. Rakyat berharap dan menuntut semua pimpinan politik untuk kerjasama, kerja untuk rakyat," ujarnya.

Sebagai informasi, Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024 berhasil memperoleh suara sebanyak 96.214.691 atau setara dengan 58,59 persen. 

Sedangkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat 40.971.906 suara atau 24,95 persen, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md hanya mendapat 27.040.878 suara alias 16,47 persen pada Pilpres 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anies-Cak Imin Kompak Hadiri Rapat Pleno KPU

Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres dan Cawapres) Nomor Urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) kompak tiba di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024).

Anies menjelaskan, kedatangannya bersama Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertujuan menghormati proses bernegara sebagai peserta Pemilihan Presiden 2024 (Pilpres 2024).

"Kita menghormati seluruh penyelenggaraan ini hingga tuntas karena itu kita hadir bersama di sini menghormati prosesnya," kata Anies di lokasi kepada awak media, Rabu (24/4/2024).

Anies memastikan, meski tidak meraih kemenangan di pesta demokrasi 2024, pihaknya memimta publik untuk tidak melupakan atau ingin melupakan dan terus mengingatkan kepada semua bahwa pada sidang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) banyak sekali catatan yang harus jadi bahan perbaikan.

"Hal itu (catatan perbaikan Pilpres) harus tetap diingat, tapi di sisi lain kita hormati proses bernegara itu sebabnya kita hadir di sini," ungkap Anies.

3 dari 4 halaman

Ganjar Mengaku Tak Dapat Undangan KPU

Sementara itu, calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyatakan, apabila ada undangan resmi dari KPU RI terkait rapat pleno penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi presiden dan wakil presiden terpilih di Pilpres 2024, maka ia akan hadir.

ganjar mengaku akan hadir bila saat ini berada di Jakarta dan menerima undangan. Namun hingga Selasa malam, ia tidak menerima undangan dan dirinya masih berada di Yogyakarta.

“Kalau posisi saya di Jakarta, saya hadir. Makanya sampai dengan tadi malam saya tanya, apakah ada undangan? Jawabnya tidak ada,” kata Ganjar pada wartawan, dikutip Rabu (24/4/2024).

Ganjar mengaku belum mengetahui apakah ada undangan pada Rabu pagi ini. “Saya baru terima kabar pagi ini. Semalam saya tanya staf saya: tidak ada undangan. Kebetulan saya di Yogya jadi tidak bisa datang,” kata Ganjar.

 

4 dari 4 halaman

KPU Undang Seluruh Peserta Pilpres dan Ketum Parpol

Komisioner KPU August Mellaz menjelaskan, dalam rapat pleno penetapan presiden-wakil presiden terpilih, pihaknya mengundang seluruh peserta Pilpres 2024 hingga para ketua umum partai politik.

"Besok pagi pukul 10.00 WIB tanggal 24 April 2024 KPU akan mengundang sejumlah pihak mulai dari lembaga negara, pimpinan lembaga negara, kemudian pemerintah tentu yang terkait yang relevan," kata August Mellaz kepada wartawan di kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (23/4/2024).

"Kemudian parpol ketua umum dan sekjen parpol peserta pemilu 2024 juga tiga pasangan paslon juga kami undang untuk melakukan rapat pleno terbuka terkait dengan penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih pemilu 2024," sambungnya.

Kendati demikian, kata Mellaz, hingga saat ini KPU belum menerima konfirmasi secara resmi apakah paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md akan hadir atau tidak.

"Yang jelas kita kirim undangannya ke ketiga paslon, soal apakah beliau-beliau akan hadir secara langsung sendiri-sendiri, itu nanti," ujar August Mellaz.

"Kita belum dapat konfirmasi (hadir atau tidak). Yang jelas kita undang semua, baik paslon 01, 02, 03 kita undang semua," imbuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat