uefau17.com

BPIP Dorong Madrasah dan Pesantren Gunakan BTU Pancasila - News

, Jakarta - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menjadi Keynote Speaker dalam Rapat Koordinasi Nasional Strategi Implementasi Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila di DI Yogyakarta, Senin (22/4).

"BPIP mengundang Bapak/Ibu guru sekalian dalam rangka menyosialisasikan Buku Teks Utama (BTU) Pendidikan Pancasila yang disusun bersama Kemendikbudristek dan para pakar pendidikan agar dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan Pancasila di tiap-tiap satuan pendidikan," jelas Yudian dalam keterangan diterima, Rabu (24/4/2024).

Rapat Koordinasi Nasional ini adalah bagian dari tugas BPIP untuk mengenalkan nilai-nilai Pancasila kepada seluruh rakyat Indonesia secara terus-menerus.

"Rakornas ini menjadi sarana untuk memaksimalkan pengimplementasian BTU Pendidikan Pancasila sesuai dengan fakta sejarah kelahiran, perumusan, dan penetapan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, pandangan hidup bangsa, dan falsafah dasar bangsa," imbuhnya

Buku Teks Utama (BTU) berfokus pada penerapan praktis nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dengan 30% materi teori dan 70% implementasi praktis yang akan membantu memperkuat pemahaman, keyakinan, dan penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan penyatuan bangsa dari generasi ke generasi.

"Ini merupakan tanggung jawab Kita bersama dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, membentuk masyarakat yang religius, menjunjung kebinekaan, demokratis dan bermartabat, memajukan peradaban, serta mewujudkan keadilan sosial," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tujuan

Surahno selaku Deputi Bidang Pengkajian dan Materi BPIP menegaskan tujuan diselenggarakannya Rakornas oleh BPIP.

"Tujuan Rakornas ini dilaksanakan untuk mengkoordinasikan pengimplementasian 'Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah', sebagai tindak lanjut dari rekomendasi hasil kajian strategi Implementasi Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila yang telah dilaksanakan oleh Direktorat Pengkajian Implementasi PIP di 12 Provinsi pada tahun 2023," tegasnya.

Kemudian, Masmin Afif selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada BPIP atas kerjama dengan Kementerian Agama terkait Pendidikan Pancasila.

"Ucapan terima kasih kepada BPIP atas kerjasama dengan Kementerian Agama terkait pendidikan Pancasila. Kami mengharapkan agar Kanwil dapat menyosialisasikan kepada seluruh madrasah di wilayahnya untuk menggunakan BTU yang telah disusun oleh Kementerian Pendidikan dan BPIP. Upaya yang dilakukan oleh BPIP dalam mengenalkan Pancasila memerlukan percepatan implementasi di satuan pendidikan, khususnya di madrasah-madrasah yang menjadi tanggung jawab kami," tuturnya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat