uefau17.com

Finis Posisi 4 di Piala Asia U-23 2024, STY: Timnas Indonesia Layak Dapat Pujian - Bola

, Jakarta- Pelatih tim nasional Indonesia U-23 Shin Tae-yong menilai anak asuhnya tetap layak mendapat pujian meski gagal mengamankan status sebagai juara tiga Piala Asia U-23 2024 usai kalah dari Irak pada perebutan tempat ketiga, Kamis (2/5/2024) malam WIB.

Timnas Indonesia harus puas menempati urutan empat di Piala Asia U-23 2024 setelah takluk 1-2 lewat perpanjangan waktu dari Irak pada pertandingan yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Dengan hanya menjadi posisi empat, Indonesia gagal lolos langsung ke Olimpiade 2024. Kini Indonesia harus melakoni laga play-off dengan wakil Afrika, Guinea, untuk mengamankan tiket terakhir cabang olahraga sepak bola putra Olimpiade 2024.

Melihat hasil yang didapat timnas Indonesia U-23 di Qatar, STY tidak terlalu kecewa meski kalah dari Irak. Pria Korea Selatan itu merasa timnya tetap layak dapat pujian berkat performa apik sepanjang turnamen.

"Barangkali semua orang beranggapan performa Indonesia begitu dramatis sejak pertandingan pertama dalam turnamen ini. Saya rasa tim ini pantas mendapatkan pujian atas hasil yang diberikan," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan.

Indonesia sendiri merupakan tim debutan di Piala Asia U-23 2024. Secara luar biasa, STY membawa timnas Indonesia U-23 melebihi target awal yang cuma lolos delapan besar. Indonesia membuat sejarah dengan langsung menembus semifinal.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Performa Timnas Indonesia

Saat melawan Irak, Indonesia juga mampu menampilkan permainan apik. Pasukan STY sempat unggul lebih dulu lewat aksi Ivar Jenner pada menit ke-19, sebelum Zaid Tahseen Hantoosh menyamakan kedudukan pada menit ke-27.

Pertandingan kemudian harus berlanjut ke perpanjangan waktu karena tidak ada gol lagi yang tercipta. Irak kemudian bisa membalikkan keadaan saat gol Ali Jasim pada babak perpanjangan pertama mengubah skor menjadi 2-1.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Fokus Hadapi Guinea

"Selamat kepada Irak yang melaju ke Olimpiade... selama pertandingan ini kedua tim berjuang keras untuk berebut peringkat ketiga dan melaju ke Olimpiade. Kedua tim bermain begitu baik dan saya sangat berterima kasih kepada tim Indonesia yang bekerja keras di pertandingan ini," kata Shin.

Shin Tae-yong mengatakan akan fokus memulihkan stamina para pemain pada jangka waktu 2-3 hari ke depan sebelum mempersiapkan strategi dan analisis menjelang laga menghadapi Guinea.

"Tentu para pemain tampak lelah dan kehabisan stamina, saya berpikir selama 2-3 hari ke depan mereka akan fokus untuk pemulihan. Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk memanfaatkan peluang yang ada dan membawa tim ini mengamankan tempat di Olimpiade," ucap Shin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat