uefau17.com

Infografis Gelombang Perpindahan ASN ke IKN Mulai September 2024 - News

, Jakarta - Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam hitungan sekitar 5 bulan ke depan siap-siap pindah ke Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. Gelombang perpindahan ASN ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur berlangsung secara bertahap mulai September 2024.

Pemindahan ASN secara resmi dimulai usai upacara peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-79 RI digelar di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang. Kepastian pemindahan ASN seperti dikemukakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Kalau untuk ASN sendiri, rencananya akan digelar upacara perayaan HUT kemerdekaan RI ke-79 di IKN. Dan baru setelah itu ASN pindah ke IKN," ujar Menteri PUPR di Jakarta, Selasa 16 April 2024.

Basuki pun menjelaskan alasan pemindahan ASN ke IKN setelah HUT ke-79 RI. "Hal ini dikarenakan hunian-hunian dan kantor di sana akan digunakan terlebih dahulu untuk para petugas upacara HUT RI di IKN."

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas juga menjelaskan perihal pemindahan ASN ke IKN. Pada tahap awal, Menteri PANRB mengatakan pemerintah akan memindahkan 11.916 pegawai ASN ke IKN Nusantara.

"Namun, pemindahan ini menyesuaikan dengan ketersediaan hunian dan infrastruktur IKN," kata Abdullah Azwar Anas di Jakarta, Rabu 17 April 2024.

Selanjutnya pada tahap kedua, menurut Menteri PANRB, jumlah ASN yang akan dipindahkan sebanyak 6.000 pegawai. Lalu, tahap ketiga, pemerintah akan memindahkan sebanyak 14.000 ASN.

Pemerintah memastikan gelombang perpindahan ASN ke IKN Nusantara berlangsung secara bertahap mulai September 2024. Mana saja kementerian dan instansi yang bakal diprioritaskan? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Gelombang Perpindahan ASN ke IKN Mulai September 2024

3 dari 3 halaman

Infografis Deretan Kementerian dan Instansi Prioritas Pindah ke IKN Nusantara

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat