uefau17.com

Ashal Yantu Albanjari Berkisah Tentang Jadi Imam Masjid di Makkah - News

, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertemu dengan Ashal Yantu bin Jumri Bakri al-Banjari di Kantor Daker Makkah. Pemuda penghafal Alquran ini viral di media sosial karena kiprahnya sebagai imam salat di sejumlah masjid di Makkah. 

Menteri Lukman pun menanyakan keberadaan tentang keberadaan Ashal Yantu juga disebut menjadi salah satu Imam di Masjidil Haram, Makah. Dan kabar ini dibantah tegas oleh Ashal. 

"Cerita tentang kalau saya menjadi imam di Haram itu tidak benar. Tapi kalau menjadi imam di beberapa masjid di Makkah itu benar," ujarnya saat berbincang dengan Menag Lukman di Kantor Daker Makkah, Sabtu (10/6/2018).

"Alhamdulillah sudah terbiasa menjadi imam di beberapa masjid di Makkah," imbuh dia. 

Dalam kesempatan itu, Menag Lukman meminta Ashal bin Yantu Albanjari membacakan sejumlah ayat. Pria berdarah Banjar ini membacakan ayat 35 - 37 surat Ibrahim.

Menag Lukman mengapresiasi kefasihan dan keindahan suara Ashal Yantu dalam melantunkan ayat Alquran. Ia berharap Ashal terus maju mengharumkan nama Indonesia dalam kiprahnya sebagai imam di banyak masjid di Makkah Al Mukarramah. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai Menghafal Sejak 2006

Berpaspor Indonesia, Ashal lahir di Makkah pada 1997. Dia mulai menghafal Alquran sejak 2006 dan mengkhatamkan hafalannya dalam qiraat Ashim riwayat Hafs pada 2012. Pada acara haflah tahunan santri tahfidz (penghafal Alquran) dia mendapat tugas membaca beberapa ayat Alquran tentang kewajiban puasa (video ini juga viral di media sosial).

Ashal saat ini sedang berusaha mengkhatamkan hafalan Alqurannya dalam dua riwayat lagi, selain qiraat Ashim riwayat Hafs. Dia berguru pada salah satu imam Masjidil Haram, yaitu Syeikh Abdurrahman Syirazi.

Yantu, ayah 'Asal Al Banjar, adalah orang Kalimantan Selatan yang sudah puluhan tahun bermukim di Saudi. Tahun ini ia ikut bergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dari unsur tenaga musiman.

Dia bertugas di bagian layanan transportasi jemaah haji Indonesia di wilayah Syib Amir, Makkah.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat