uefau17.com

Rute Bus di Barcelona Dihapus dari Google Maps, Cegah Turis Berebut Akses Transportasi Warga Lokal - Lifestyle

, Jakarta - - Selama bertahun-tahun, penduduk sekitar La Salut di Barcelona harus berbagi rute bus dengan banyak wisatawan. Seperti bus nomor 116 yang berhenti di Park Güell karya Antoni Gaudí, atraksi terpopuler kedua di Barcelona setelah gereja Sagrada Familia.

Mengutip laman Euronews, Senin (22/4/2024), di tempat-tempat rawan lainnya di Eropa, penduduk setempat telah mencoba memerangi kepadatan penduduk dengan melakukan protes atau stiker ‘turis pulang’. Namun dewan kota Spanyol telah menggunakan taktik baru untuk mengembalikan bus agar sepenuhnya bisa digunakan penduduk La Salut dengan menghapus rute bus nomor 116 dari Google Maps dan Apple.

Warga Barcelona merayakan penghapusan rute bus dari peta online. Penduduk La Salut mengatakan mereka senang dengan pendekatan yang tidak lazim tersebut untuk menghalangi kerumunan wisatawan.

Masyarakat lanjut usia, khususnya, berjuang menghadapi kepadatan yang terus-menerus terjadi pada layanan transportasi umum. Layanan ini beroperasi dengan minibus kompak berkapasitas 20 tempat duduk yang cukup kecil untuk melewati jalan-jalan sempit di area tersebut namun terisi dengan cepat.

"Sebelumnya, bus penuh sekali sehingga orang-orang yang membawa tongkat tidak bisa naik," kata Luz López (75), kepada situs berita Spanyol elDiario.es.

"Awalnya kami menertawakan gagasan itu," César Sánchez, seorang aktivis lokal, mengatakan kepada surat kabar Inggris, The Guardian. "Tetapi kami kagum bahwa tindakan ini begitu efektif."

Jadi siapa yang menghapus rute bus Barcelona dari Google Maps? Meski belum dikonfirmasi secara resmi, tampaknya dewan kota Barcelona bertanggung jawab atas penghapusan rute bus tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dewan Kota Tak Akui Hapus Rute Bus

Berbicara kepada Guardian, Albert Batlle, wakil walikota keamanan dan hidup berdampingan di dewan kota, mengatakan, "Kami perlu menghilangkan referensi mengenai 116 di internet."

Dia menolak untuk mengakui atau menyangkal bahwa dewan berada di balik tindakan tersebut. Namun, juru bicara Google mengatakan rute bus hanya dapat dihapus setelah ada permintaan dari dewan. 

"Hal berikutnya yang perlu kita lakukan adalah menghapus seluruh bagian Park Güell dari Google Maps," canda Sánchez, yang telah menghabiskan delapan tahun terakhir mendorong dewan tersebut untuk mengatasi masalah ini.

Pengunjung berduyun-duyun ke Park Güell untuk melihat koleksi bangunan, tangga, dan alun-alun berlapis mosaik yang dirancang oleh Gaudí, eksponen Modernisme Catalan terbesar.

Namun, banyak wisatawan sering berkeliaran di jalan-jalan di luar setelah ditolak masuk karena tidak memesan terlebih dahulu objek wisata populer tersebut. Daerah ini juga populer dengan bar tapas trendi dan restoran ikannya.

3 dari 4 halaman

Barcelona Naikkan Pajak Turis 1 April 2024

Sebelumnya, Barcelona telah menaikkan pajak wisatanya mulai 1 April 2024. Kota di Spanyol ini pertama kali memberlakukan pajak wisata tambahan pada 2012 untuk membuat pariwisata lebih berkualitas.

Berbagai tempat di Barcelona telah menambahkan biaya tambahan selain pajak turis di seluruh wilayah sejak 2012. Pada 2022, pemerintah kota sempat mengumumkan bahwa biaya tersebut bakal dinaikkan dalam dua tahun ke depan.

Biaya tambahan bervariasi tergantung pada jenis akomodasi pengunjung dan hanya dikenakan pada penginapan wisata resmi. Barcelona adalah kota yang paling banyak dikunjungi di Spanyol dan terus berjuang melawan overtourism. Hal ini menjadi sebab kenaikan pajak turis.

Pengunjung Barcelona harus membayar pajak wisata regional dan biaya tambahan di seluruh kota. Besaran pajak regional bervariasi, tergantung pada jenis akomodasi Anda menginap.

Sebelum naik, pajak wisata untuk tamu hotel bintang empat sebesar 1,70 Euro (sekitar Rp30 ribu). Sementara, tamu akomodasi sewa seperti Airbnb dikenai pajak 2,25 euro (Rp40 ribu). 

4 dari 4 halaman

Besaran Pajak

Penumpang kapal pesiar yang menghabiskan waktu kurang dari 12 jam di kota membayar 3 Euro (sekitar Rp51 ribu) ke wilayah tersebut. Sementara, turis yang menghabiskan lebih dari 12 jam harus membayar 2 Euro (setara Rp34 ribu).

Pajak kota yang berlaku untuk masa menginap maksimal tujuh malam terus meningkat. Pada April 2023, harganya naik dari 1,75 Euro (Rp30 ribu) menjadi 2,75 Euro (Rp50 ribu) untuk semua jenis penginapan. 

Dengan kenaikan pajak wisata yang berlaku mulai 1 April 2024, pengunjung Barcelona harus membayar 3,25 Euro (setara Rp60 ribu). Itu berarti tamu di akomodasi bintang lima akan membayar total pajak sebesar 6,75 Euro per malam (setara Rp119 ribu) sampai 47,25 euro (setara Rp850 ribu) per orang untuk tinggal seminggu.

Sementara, tamu akomodasi sewa Airbnb harus membayar 5,50 euro per malam (setara Rp90 ribu) atau 38,50 euro (setara Rp650 ribu) untuk menginap selama seminggu. Wisatawan harian kapal pesiar akan membayar 6,25 Euro (setara Rp100 ribu).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat