uefau17.com

Viral Pernikahan Bertema Palestina di Madura, Dekorasi Pelaminan Terinspirasi Masjid Al Aqsa - Lifestyle

, Jakarta - Beragam kisah terabadikan dan viral di media sosial. Salah satunya adalah pesta pernikahan bertema Palestina di Bangkalan, Madura, Jawa Timur pada akhir Desember 2023 yang sukses mencuri atensi.

Momen pernikahan ini dibagikan oleh akun Instagram makeup artist (MUA) @ayidh_makeupartist dalam sebuah video singkat pada Senin, 1 Januari 2024. Video dibuka dengan area pintu masuk pesta pernikahan yang dihiasi lampu-lampu serta dihadirkan pula bendera Indonesia dan Palestina.

MUA tersebut menjelaskan bahwa area pintu masuk jalur laki-laki dan perempuan dibuat berbeda. Ia lantas memasuki kamar pengantin yang juga sudah didekorasi indah, penuh bunga dan hiasan.

Selesai merias pengantin perempuan, video dilanjutkan dengan dirinya memperlihatkan video jalan area masuk yang terang penuh lampu. Ia juga menyambut pengantin datang dari panggung yang panjang dari pintu masuk.

Pengantin pun akhirnya memasuki area pelaminan dengan busana serba putih. Hal lain yang menjadi sorotan adalah dekorasi terinspirasi Masjid Al Aqsa di Yerusalem.

"Dekorasi Masjid al Aqso tanda agar kita tidak lupa sama saudara kita di Palestina sebahagia apapun kita di sini," demikian bunyi keterangan dalam video.

Pengunggah melanjutkan bahwa, "Dekorasi yang dibuat baru selama kurleb 3 bulan spesial di pernikahan ini masyaAllah gak tega buat dibongkar hanya untuk acara semalem." Cuplikan video selanjutnya mengabadikan tenda dengan lampu yang terang di atas jejeran kursi untuk ribuan tamu undangan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Panggung Dibuat dari Semen

"Tendanya juga gak kalah cantik di acara pernikahan malam ini, mantul banget. Tamunya juga 8000an masyaAllah," lanjut keterangan dalam video.

"Sumpah ini si dekor terniat banget yah mewah aku aja belum bs move on sama acara ini. Semua org pd terkagum2 dg konsep ini," lanjut keterangan itu.

Panggung tersebut dikatakannya dibuat sendiri bersama alumni dan santri-santri Pondok Pesantren (PP) Al-aziziyah 2 Bangkalan. "(Panggung) terbuat dari pondasi semen bukan panggung besi, mana lengkap dg kolam air mancur juga dan kerikil2 putih, nuansa alamnya masyaAllah jempol bngt," tambahnya.

Pengunggah juga memuji dekorasi terinspirasi Masjid Al Aqsa yang tampak rapi. "Buatnya rapi dan detail banget dengan kaligrafinya juga berasa beneran masjid bukan sekedar dekor gt," lanjutnya.

Dalam kolom caption pengunggah juga menuliskan, "Terniat banget di penghujung tahun 2023 Pernikahan konsep palestina 🥰 konsepnya gak kaleng2.#Maaf klo ada kesalahan kata dan ketik (jari typo mang klo dah ngantuk sambil ngedit suka kepeleset😂😭).semoga samawa yaaa ning eva (hafidzoh) dan gus umam.jodoh dunia akhirat bahagia till jannah 🤲🏻🥰."

3 dari 4 halaman

Fakta Menarik tentang Masjid Al Aqsa

Masjid Al Aqsa jadi masjid terpenting di Yerusalem. Masjid ini berada dalam kompleks seluas 35 hektare yang disebut Al-Haram Ash-Sharif (Tempat Suci Yang Mulia) atau Temple Mount, yakni situs tersuci ketiga dalam Islam setelah Makkah dan Madinah.

Dilansir dari Al Jazeera, Kamis, 13 Mei 2021, kompleks Masjid Al Aqsa terletak di Kota Tua Yerusalem yang telah ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh badan kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa, UNESCO. Simak rangkuman selengkapnya seperti dikutip dari berbagai sumber seperti berikut ini.

1. Kiblat pertama bagi umat Islam

Dilansir dari Stepfeed, Kamis, 13 Mei 2021, Al-Aqsa adalah salah satu situs tersuci dalam Islam. Sementara Muslim kini berdoa ke arah Ka'bah di Arab Saudi, ini tidak selalu menjadi kebiasaan.

Sebelum beralih ke Ka'bah sebagai kiblat, arah yang harus dihadapi selama salat, umat Islam biasa salat ke arah Tempat Suci di Yerusalem, tempat Al-Aqsa sekarang berdiri. Nabi Muhammad kemudian diperintahkan untuk mengambil Ka'bah sebagai kiblat melalui peristiwa Isra Miraj.

2. Bukan hanya satu masjid

Meski Masjid Al-Aqsa kini dianggap sebagai bangunan tunggal, situs tersebut sebenarnya terdiri dari beberapa masjid, seperti Masjid Buraq dan Masjid Marwani. Untuk menghindari kebingungan, kompleks yang lebih luas di mana Al-Aqsa berada biasanya disebut sebagai Al-Haram Ash-Sharif (Tempat Suci Yang Mulia).

4 dari 4 halaman

3. Masjid yang disebutkan dalam Al-Qur'an selain Ka'bah

Muslim Hands menulis, Masjid Al-Aqsa menjadi satu-satunya masjid selain Ka'bah, yang disebutkan dalam Al-Qur'an.

"Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat." (Alquran Surat Al-Isra Ayat ke-1)

4. Saksi bisu lahirnya mahakarya

Abu Hamid Al-Ghazali, seorang teolog, ahli hukum dan filsuf Persia ternama dikatakan telah tinggal di Al-Aqsa selama beberapa waktu. Ia disebut oleh beberapa sejarawan sebagai salah satu Muslim paling berpengaruh dalam sejarah sejak Nabi Muhammad.

Di sana, ia menulis bukunya Ihyaa Ulum Al-Din (Kebangkitan Ilmu Agama), yang secara luas dianggap sebagai salah satu karya terbesar dalam literatur Islam dan di antara buku yang paling banyak dibaca di dunia Muslim.

5. Kisah kubah emas

Kubah Batu dibangun oleh Khalifah Umayyah Abdul Malik bin Marwan. Awalnya, kubah itu terbuat dari kayu dengan penutup kuningan, timah atau keramik.

Kubah ikonis lalu dibangun hampir seribu tahun kemudian pada masa pemerintahan Khalifah Ottoman, Sulaiman Yang Agung. Lapisan emas yang khas ditambahkan ke kubah bersama dengan ubin Ottoman ke fasad bangunan.

6. Ada perpustakaan

Perpustakaan Al-Aqsa didirikan pada 1923 oleh Dewan Legislatif Muslim Tertinggi. Ini mencakup koleksi manuskrip yang berharga dan karya-karya yang diterbitkan dalam studi Islam dan Arab.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat