uefau17.com

Indonesia Dinobatkan sebagai Tuan Rumah Terbaik oleh Pendiri H2O Racing - Lifestyle

, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut bahwa Indonesia dinobatkan sebagai tuan rumah atau penyelenggara terbaik dari event-event wisata olahraga tingkat dunia, terutama untuk olahraga air yang digelar di Danau Toba, Sumatra Utara. Predikat tersebut dinyatakan oleh Pendiri H2O Racing, Nicolo Di San Germano.

"Dalam perbincangan saya dengan Nicolo, saya mendapatkan laporan bahwa Indonesia menjadi organizer terbaik dalam event ini. Dan ini akan disampaikan di Sharjah pekan depan," kata Menparekraf seperti dikutip dari siaran pers di laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Minggu, 26 November 2023.

Sandi, begitu ia akrab disapa, mengungkapkan khususnya kawasan Danau Toba mendapat kepercayaan sebagai lokasi penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023. Event yang memperebutkan dua kejuaraan dunia ini diikuti oleh 118 pembalap dari berbagai negara di dunia.

"Ini merupakan sejarah baru, Danau Toba selama satu tahun menggelar dua event internasional. Untuk Aquabike Jetski World Championship 2023 bisa menarik lebih dari 100 ribu penonton. Berdasarkan informasi dari In Journey selama dua hari berlangsung, sebanyak 50 ribu lebih penonton menyaksikan acara ini," katanya.

Ia berharap melalui event ini, dampak positif dirasakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta UMKM. "Meskipun hujan masyarakat antusias. Yang paling penting hotel-hotel terisi, produk UMKM dapat terjual. Dampak ekonomi bagi masyarakat bagi empat kabupaten sebagai lokasi event mendapatkan pengaruh baik," ujarnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendiri H2O Racing

Nicolo Di San Germano juga mengakui Danau Toba sebagai salah satu venue terbaik dunia. Menurutnya, salah satu Destinasi Super Prioritas tersebutsangat menarik dan unik. Tidak tertutup kemungkinan Danau Toba menjadi tempat pelatihan untuk Aquabike dan F1 Powerboat.

"Ada banyak alasan kenapa Danau Toba menjadi venue di event ini, karena kemegahan, kecantikan, serta keindahan dari Danau Toba yang layak dikenal oleh lebih banyak masyarakat dunia," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan kejuaraan Aquabike ini bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk pengembangan atlet jetski nasional. Menurutnya, kegiatan tersebut membuka peluang atlet Indonesia untuk meningkatkan kemampuan mereka.

"Dampak dari Aquabike ialah meningkatnya industri olahraga air, khususnya jetski, serta pembinaan atlet ke depan," kata Dito. 

Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin menjelaskan tingkat okupansi hotel selama penyelenggaraan acara itu rata-rata mencapai 100 persen. "Kami bukan hanya berharap banyak pengunjung yang datang, tapi bagaimana bisa melibatkan masyarakat kami dalam kegiatan ini, karena di sini juga terjadi suatu kolaborasi budaya," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Beri Dampak Ekonomi Sektor Parekraf

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menyebut kompetisi jetski bertaraf internasional "Aquabike Jetski World Championship 2023" yang berlangsung di Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) berdampak ekonomi yang nyata bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) juga masyarakat setempat.

Wamenparekraf Angela dalam keterangannya, usai menyaksikan pembukaan Aquabike World Championship 2023 di Waterfront City Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, Jumat, 24 November 2023, mengatakan, Aquabike menjadi salah satu dari sekian banyak event internasional yang diselenggarakan di Indonesia pada 2023.

"Dengan adanya event seperti ini, pasti berdampak langsung kepada pelaku pariwisata di Danau Toba, termasuk pelaku industri hotel, homestay, restoran, dan lain sebagainya. Ini juga menjadi sarana promosi yang ampuh karena media di dunia meliput dan para atlet juga mempunyai follower yang banyak di sosial media," kata Wamenparekraf.

Berdasarkan data yang dihimpun Kemenparekraf untuk periode 22--26 November 2023 kamar yang sudah dipesan sebanyak 3.040. Restoran dan penyewaan kendaraan juga banyak yang telah dipesan.

 
4 dari 4 halaman

Kata Wamenparekraf

Berkat dukungan dari Pemerintah Daerah setempat Aquabike Jetski World Championship 2023 dimeriahkan dengan sederet kegiatan menarik mulai dari pertunjukan seni dan budaya, pameran UMKM, hingga konser musik yang menampilkan artis lokal dan artis ibu kota. "Sehingga Aquabike ini menjadi gelaran pesta rakyat Danau Toba yang menjadi hiburan dan kebanggaan masyarakat," ujar Angela.

Angela bersama Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyempatkan diri menonton race 1 dan race 2 Aquabike Jetski World Championship 2023 di Kabupaten Samosir yang dipadati ribuan penonton baik lokal maupun mancanegara. Berlatar belakang jajaran bukit yang berselimut kabut dan suguhan atraksi budaya, penyelenggaraan Aquabike kali ini diharapkan mampu memikat para pengunjung yang hadir sehingga Danau Toba dapat menjadi salah satu tujuan utama wisatawan. 

Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba digelar di empat kabupaten sekaligus, yaitu Toba, Karo, Dairi, dan Samosir pada 22--26 November 2023. Dalam Aquabike kali ini dipertandingkan seri endurance. Penentuan pemenang bukan berdasarkan pembalap yang mencapai garis finish pertama, tetapi pembalap yang mampu bertahan race selama 35 menit dengan jumlah lap yang diraih para pembalap.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat