uefau17.com

Menlu Retno Marsudi Kunjungi Sejumlah Negara di Eropa untuk Menggalang Dukungan bagi Palestina - Global

, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam beberapa bulan terakhir melakukan serangkaian kunjungan ke beberapa negara Eropa. Tujuannya untuk menggalang dukungan bagi Palestina serta membahas kerja sama bilateral.

Menurut Menlu Retno Marsudi, penting bagi masyarakat internasional memberikan perhatiannya terhadap situasi di Gaza, Palestina.

"Selain kunjungan untuk melakukan pertemuan bilateral, Menlu Retno juga kembali menekankan pentingnya masyarakat internasional untuk memberikan perhatian ke situasi di Gaza," kata Juru Bicara II Kementerian Luar Negeri RI Roy Soemirat di Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Roy menyebut, hal ini akan dilakukan Menlu dalam kapasitas nasional Indonesia, maupun anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk terus melakukan pendekatan dengan masyarakat internasional terkait upaya dukungan Palestina.

"Indonesia menyambut baik fakta beberapa negara yang mengakui Negara Palestina," ujar Roy.

Jubir Kemlu menjelaskan, beberapa negara yang mengakui Palestina antara lain adalah Norwegia, Spanyol dan Irlandia, pada saat pertemuan Uni Eropa di Brussel, Belgia. Kemudian disusul Slovenia dan Armenia.

"Dan semakin banyak negara yang berada di sisi yang tepat dalam sejarah," kata Roy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Moral bagi Palestina

Menurut Roy, negara tersebut memberikan dukungan moral dan politis. Dukungan tersebut menunjukkan masyarakat internasional menjaga perlindungan hukum internasional terus berlangsung di Gaza.

Ia menegaskan, dalam beberapa waktu ke depan, pendekatan serupa akan terus dilakukan Menlu Retno agar dukungan untuk Palestina sebagai negara semakin meluas.

Belum lama ini, Menlu Retno melakukan kunjungan kerja ke Slovenia dan Austria. Ia juga merupakan bagian dari delapan Negara OKI yang diutus untuk menggalang dukungan bagi Palestina. Kemerdekaan Palestina menjadi salah satu agenda utama politik luar negeri Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat